Penguatan Pembelajaran PKBM Putro Wali dengan Model Lesson Study di Ponpes Nurul Ulum Tagrineh Manoan Kecamatan Kokop Kabupaten Bangkalan

Ali Nurhadi, Atiqullah Atiqullah, Hilmi Qosim Mubah

Abstract


Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Putro Wali di Ponpes Nurul Ulum Tagrineh Manoan Kecamatan Kokop Kabupaten Bangkalan perlu diberikan penguatan, diantaranya dengan model Lesson Study yang terdiri dari plan, do, dan see. Hasilnya terbukti  dapat memberikan penguatan pembelajaran  diantarnya  para guru antusias dan akan akan menerapkan secara kontinyu pasca pelaksanaan PKM. Model lesson study sebagai salah satu model pengembangan pembelajaran bagi guru yang menarik untuk dilakukan. Di samping sebagai sarana sillaturahim juga membuat pembelajaran semakin menarik disebabkan dipikirkan secara bersama melalui plan (perencanaan) termasuk dalam pembuatan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). Selanjutnya pada tahap do (pelaksanaan) yaitu apa yang sudah direncanakan dilaksanakan oleh guru model yang sudah disepakati saat perencanaan. Sedangkan para guru lain menjadi pengamat sekaligus mencatat hal-hal yang ditemukan. Kegiatan selanjutnya adalah see (refleksi) dengan mengevaluasi secara bersama-sama dibawah koordinasi guru model. Pada saat do siswa dalam hal ini si pebelajar di PKBM Putro Wali  menjadi menyenangkan, karena mereka diamati serta dapat merinteraksi dengan para guru yang mungkin belum pernah ditemui saat pembelajaran di PKBM. Si pebelajar juga bersungguh-sungguh sebab banyak guru yang melihat proses pembelajaran di PKBM sehingga juga menjadi motivasi sekaligus bisa disebut shock terapi.


Keywords


penguatan pembelajaran, lesson study, PKBM

Full Text:

PDF

References


https://id.wikipedia.org/wiki/Pusat_Kegiatan_Belajar_Masyarakat

Irmawatii. 2017. Peran Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) dalam Mengurangi Buta Aksara di Kabupaten Karimun. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 2 (1), 81-98.

M.Pd, Prof Dr H. Andi Rasyid Pananrangi, SH. Manajemen Pendidikan. Celebes Media Perkasa, 2017.

Nurhadi, Ali. “Perubahan Organisasi Bagi Pengelola Madrasah Dalam Menghadapi Persaingan Global.” AL-FIKRAH 1, no. 1 (2018): 16–27.

“Profesi Keguruan (Dr. Ali Nurhadi, S.Pd, M.Pd) | Penerbit Goresan Pena (Anggota IKAPI).” Accessed August 4, 2019. https://www.goresanpena.co.id/2017/02/profesi-keguruan-dr-ali-nurhadi-spd-mpd.html.

R. Potts, & marsh, J.L, Managing Change for Success (London: Duncan Baird Publishers, 2004), hlm 57-61.

Siti Zubaidah 2010. Lesson Study Sebagai Salah Satu Model Pengembangan Profesionalisme Guru. Makalah Disampaikan pada Pendidikan dan Pelatihan Nasional dengan Tema Peningkatan Profesionalisme Guru melalui Kegiatan Lesson Study, 22 April 2010 di Universitas Brawijaya Malang

UU Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional..

Winardi, J. 2004. Manajemen Perubahan (Management of Change). Bandung: Kencana Prenada Group.




DOI: http://dx.doi.org/10.19105/pjce.v1i2.2680

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Perdikan: Journal of Community Engagement

Office: 
LP2M, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Madura
Jl. Raya Panglegur km. 4 Pamekasan, Jawa Timur, Indonesia. 

WA: +6285231042871  e-mail : perdikan@iainmadura.ac.id


Copyright© Perdikan: Journal of Community Engagement (E-ISSN : 2684-9615)