PENDEKATAN EFEKTIF SUPERVISOR PENDIDIKAN DALAM PELAYANAN ETOS KERJA GURU DI LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM
Abstract
Abstrak
Guru merupakan kunci penting keberhasilan memperbaiki mutu pendidikan dan pembelajaran khususnya di lembaga penddikan Islam. Suatu pengajaran sangat tergantung pada kemampuan mengajar guru, maka kegiatan supervisi menaruh perhatian utama pada peningkatan kemampuan profesional guru, yang pada gilirannya akan meningkatkan mutu proses belajar mengajar dan akhirnya kualitas supervisi akan direfleksikan pada peningkatan hasil belajar murid.
Supervisi di lembaga pendidikan Islam yang dilaksanakan oleh kepala sekolah sebagai supervisor internal harus dilaksanakan secara rutin dan terjadwal agar sedini mungkin tidak terjadi penyimpangan yang berkepanjangan dan agar dilakukan perbaikan terus menerus.
Terdapat tiga pendekatan supervisor pendidikan yaitu pendekatan direktif, kolaboratif dan non direktif. Sedangkan karakteristik etos kerja guru bermacam-macam yaitu guru professional, konseptor dan supersibuk serta guru lemah.
Pendekatan efektif yang harus dilakukan oleh supervisor dalam bertindak adalah harus menggunakan pendekatan yang sesuai dengan situasi dan kondisi dan dengan cara yang sesuai berdasarkan karakteristik etos kerja yang dimiliki masing-masing guru demi mencapai tujuan pendidikan yang direncanakan.Downloads
References
Amir M. Taufiq, 2006, Belajar Manajemen dari Konteks Dunia Nyata, Graha Ilmu, Yogyakarta
Arifin, 2011, Kompetensi Guru dan Strategi pengembangannya, Lilin, Yogya
Asnawan, 2013, Manajemen Mutu Terpadu sebagai upaya Pengembangan SDM, STAIN Jember Press
Burdah Ibnu, 2013, Pendidikan karakter Islami untuk Siswa SMA/MA, Erlangga, Jakarta
Burhanuddin, 1994, Analisis Adminsitrasi Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan, Bumi Aksara : jakarta
Hamalik Oemar, 2007, Manajemen Pengembangan Kurikulum, RosdaKarya ; Bandung
Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 13 Tahun 2007 Tanggal 17 april 2007 Tentang Standar Kepala sekolah/madrasah
Mahmud Ali Abdul Halim, 1995, Fikih Responsibilitas Tanggung Jawab Muslim dalam Islam, Gema Insani Press, Jakarta
Mortimore, P. 1993. School effectiveness and the management of effective learning and teaching. School Effectiveness and School Improvement; 4(4):
Purwanto Ngalim, 2006, Adminsitrasi dan Supervisi pendidikan, Rosdakarya; Bandung
Saleh Akh.Muwafik, 2012, Membangun Karakter dengan Hati Nurani, Erlangga; Malang
Sehertian, A. Piet, 1987, Prinsip dan Teknik Supervisi Pendidikan, Usaha Nasional; Surabaya.
Tim Dosen Administrasi UPI, 2009, Manajemen Pendidikan, Alfabeta; Bandung
Tim Mahasiswa Doktoral Manajemen Pendidikan Islam UIN Malang, 2014, Ilmu Manajemen, UIN Malang
http://www.stainlangsa.ac.id/jurnal/tarbawi/114-supervisi-pendidikan-suatu-konsep-pendidikan-yang-berkelanjutan. diakses tanggal 1 Oktober 2010
http://tikky-suwantikno.blogspot.com/2008/02/supervisi-pendidikan.html. diakses 1 Oktober 2010
Qomar Mujamil, 2013, Strategi Pendidikan Islam, Erlangga, Malang
Pelatihan guru PAI di Balai Diklat Departemen Agama Kota Surabaya tanggal 27 Maret s.d. 7 April 2010, dalam sebuah materi Widya Iswara
Yasin A.Fatah, 2008, Dimensi-dimensi Pendidikan Islam, UIN Malang Press, Malang
The journal operates an Open Access policy under a Creative Commons Non-Commercial 4.0 International license. Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a
Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
that allows others to share — copy and redistribute the material in any medium or format, and adapt — remix, transform, and build upon the material.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (see The Effect of Open Access).