HARUN NASUTION DAN PEMBAHARUAN PEMIKIRAN PENDIDIKAN ISLAM

  • Muhammad Husnol Hidayat MAN Jungcangcang Pamekasan
Abstract views: 725 , PDF (Bahasa Indonesia) downloads: 2460

Abstract

Problematika pendidikan Islam di era modern memberi
imbas kepada tatanan umat Islam. Mau tidak mau umat Islam
sendiri harus membuka mata terhadap gejala yang terjadi, baik
bersifat politik, sosial, budaya dan lain-lain. Realita kehidupan
muslim pada era modernisasi sangat memprihatinkan karena
atribut-atribut umat Islam telah terkontaminasi oleh dinamika
kehidupan, nilai-nilai luhur ajaran Islam semakin luntur dan kabur
karena lemahnya pemahaman dan lemahnya interpretasi terhadap
nilai-nilai ajaran Islam. Oleh karena itu, Harun Nasution tampil
sebagai sosok pembaharu pemikiran pendidikan Islam. Pemikiran
Harun Nasution yang berorientasi pada urgensi akal berupaya
membawa umat Islam kepada ajaran yang sesuai dengan al-Qur‟an
dan Hadits, dan membuka kembali pintu ijtihad.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2015-11-05
How to Cite
Hidayat, Muhammad Husnol. 2015. “HARUN NASUTION DAN PEMBAHARUAN PEMIKIRAN PENDIDIKAN ISLAM”. TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam 10 (1), 23 -. https://doi.org/10.19105/tjpi.v10i1.636.
Section
Articles