Peran Kegiatan Ekstrakurikuler (Pesantren Sabtu - Ahad) Dalam Menunjang Proses Belajar Mengajar Al-Qur’an Hadits
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran kegiatan ekstrakurikuler dalam menunjang proses belajar mengajar Al-Qur’an Hadits di MTs Negeri 1 Kota Serang, dengan melihat pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler, kegiatan proses belajar mengajar Al-Qur’an Hadits, dan peran kegiatan ekstrakurikuler dalam menunjang proses belajar mengajar Al-Qur’an Hadits. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, yakni mendeskripsikan tentang fenomena-fenomena yang ada. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini mengungkapkan beberapa hal penting: Pertama, pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler, melalui beberapa tahapan yaitu perencanaan kegiatan ekstrakurikuler, penyusunan kebijakan dan tanggung jawab pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler, serta strategi dalam pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler. Kedua, kegiatan proses belajar mengajar Al-Qur’an Hadits yaitu adanya suatu tahap perencanaan yang dibuat terlebih dahulu seperti rencana pelaksanaan proses belajar mengajar dengan menentukan seluruh langkah-langkah yang akan disampaikan kepada siswa serta adanya evaluasi dalam pembelajaran untuk mencapai tujuan yang sudah ditentukan sesuai dengan kurikulum yang ada. Ketiga. Peran kegiatan ekstrakurikuler dalam menunjang proses belajar mengajar Al-Qur’an Hadits, melalui kegiatan ekstrakurikuler Pesantren Sabtu Ahad tersebut dapat dijadikan sebagai wadah yang menarik bagi siswa untuk memanfaatkan waktu luang dengan sebaik-baiknya, menguatkan dan memantapkan proses pembelajaran keagamaan di sekolah, bergairah untuk membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar, mempelajarinya, memahami, meyakini kebenarannya, dan mengamalkan ajaran-ajaran dan nilai yang terkandung didalam Al-Qur’an sebagai petunjuk dan pedoman dalam seluruh aspek kehidupannya sehari-hari.
Kata kunci : Ekstrakurikuler, Proses Belajar Mengajar, Al-Qur’an Hadits
Downloads
References
DAFTAR PUSTAKA
Abu Dawud Sulaiman bin Al-Asy’ats Al-Azdi As-Shijisani, Ensiklopedia Hadits 5 Sunan Abu Dawud, Jakarta: Almahira, 2013
Ahmadi Khoiru Iif, Amri Sofan, Elisah Tatik. Strategi pembelajaran Sekolah Terpadu. Jakarta: PT Prestasi Pustakaraya. 2011.
Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta. 2013.
Aunurrahman. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta. 2014.
Badrudin. Manajemen Peserta Didik. Jakarta: PT. Indeks. 2014.
Bungin, Burhan. Analisis Data Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rajawali Pers. 2012.
Djamarah, Bahri, Syaiful dan Zain, Aswan. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta. 2010.
Hamalik, Oemar. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara. 2013.
Hermino, Agustinus. Manajemen Kurikulum Berbasis Karakter. Bandung: ALFABETA. 2014.
Kementrian Agama RI, Al-Qur’an dan Terjemahnya, (PT. Sinerga Pustaka Indonesia, 2012
Kultsum, Umi. PendidIkan dalam Perspektif Hadits. FSEIPRESS FAKULTAS SYARIAH DAN EKONOMI ISLAM IAIN SMH BANTEN. 2012.
Maimun, Agus. Fitri, Zaenal, Agus. Madrasah Unggulan. Malang: UIN-MALIKI Press. 2010.
Maryasan, Diputra, Kasman. Bagaimana Agar Do’a Terkabulkan. Bandung: Hayatuna. 2005.
Minarti, Sri. Manajemen Sekolah mengelola lembaga pendidikan secara mandiri. Jogjakarta: AR-RUZZ MEDIA. 2011.
Moleong, J, Lexy. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. 2012.
Muhaimin, Sutiah dan Prabowo, Listyo, Sugeng. Pengembangan Model Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan pada Sekolah dan Madrasah. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada. 2008.
Mulyasa, E .Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. 2004.
Mulyasa, E. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. 2004.
Mulyono. Manajemen Administrasi dan Organisasi Pendidikan. Jogjakarta : AR-RUZZ MEDIA. 2008.
Musthafa, Fuham, Syaikh. Kurikulum Pendidikan Anak Muslim. Surabaya: Pustaka Elba. 2009.
Purwanto, Ngalim, M. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. 2010.
Rasyid, Hamdan, Muhammad. Konsep Dzikir Menurut Al-Quran. Jakarta: Insan Cemerlang.
Rifa’i, Muhammad. Risalah Tuntunan Shalat Lengkap. Semarang: PT. Karya Toha Putra. 2013.
Sagala, Syaiful. Manajemen Strategik dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Bandung: Alfabeta. 2007.
Sardiman. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers. 2011.
Shihab, Quraish, Membumikan Al-Qur’an, Bandung: PT. Mizan Pustaka, 2014
Shihab, Quraish, Wawasan Al-Qur’an, Bandung: Mizan, 2005
Shihab, Quraish, Rasionalitas Al-Qur’an Studi Kritis Atas Tafsir Al-Manar, Jakarta: Pustaka Hidayah , 2006
Slameto. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT, Rineka Cipta. 2003.
Sobur, Alex. Psikologi Umum. Bandung: CV Pustaka Setia. 2003.
Sudaryono. Metode Penelitian Pendidikan. Dinas Pendidikan Provinsi Banten. 2011.
Sugiyono, Cara Mudah Menyusun Skripsi. Tesis dan Disertasi. Bandung: Alfabeta. 2014.
Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta. 2010.
Sugiyono. Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. 2015
Suharno, Nur, Iman. Panduan Lengkap Shalat Tahajud. Jakarta: PT. Niaga Swadaya.
Sukmadinata, Syaodah, Nana. Metode Penelitian Pendidikan. PT. Remaja Rosdakarya. 2011.
Suprayogo Imam, Tobroni. Metodologi Penelitian Sosial-Agama. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. 2003.
Syah, Darwyan. Djazimi. Supardi. Pengembangan Evaluasi Sistem Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Diadit Media. 2009.
Syah, Darwyan. Supardi. Muslihah, Eneng. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: DIADIT MEDIA. 2009.
Syah, Darwyan, Dkk. Perencanaan Sistem Pengajaran Pendidikan Agama Islam. Jakarta: FAZA MEDIA. 2006.
Syah, Muhibbin. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan baru. Bandung: PT. Remaja. Rosdakarya. 2014.
Kurniawan, Syamsul. Pendidikan Karakter. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA. 2016.
Wahjosumidjo. Kepemimpinan Kepala Sekolah Tinjauan Teoritik dan permasalahannya. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada. 2011.
Winkel, W.S, Psikologi Pengajaran, Yogyakarta: Media Abadi, 2009
Copyright (c) 2018 TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
The journal operates an Open Access policy under a Creative Commons Non-Commercial 4.0 International license. Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a
Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
that allows others to share — copy and redistribute the material in any medium or format, and adapt — remix, transform, and build upon the material.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (see The Effect of Open Access).