PERKEMBANGAN KEBIJAKAN PENDIDIKAN (Studi tentang Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah)


Abstract
Pendidikan bertujuan mengembangkan SDM melalui kegiatan pengajaran. Manusia seutuhnya merupakan istilah yang dikenal dalam konteks keindonesiaan berupa terciptanya sebuah generasi yang terdidik, penuh toleran, dinamis dan diridhai oleh Tuhan Yang Maha Esa. Untuk mensukseskan hal itu, maka kebijakan pendidikan harus berpihak pada masyarakat, sehingga konsep yang akan diterapkan adalah pendidikan yang humanis sebagai sarana dinamisasi perkembangan ilmu pengetahuan. Dengan adanya otonomi pendidikan yang di dalamnya terkandung MBS sebagai dasar desentralisasi pendidikan, maka proses pendidikan menjadi tanggung jawab bersama di antara unsur-unsur pendidikan. Melalui manajemen model ini, lembaga pendidikan memiliki kewenangan untuk mengelola sumber daya manusia, partisipasi masyarakat, penyederhanaan birokrasi, sistem evaluasi, pemetaan kurikulum dan sebagainya.
Downloads
Download data is not yet available.
Published
2007-01-05
How to Cite
Thoha, Mohammad. 2007. “PERKEMBANGAN KEBIJAKAN PENDIDIKAN (Studi Tentang Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah)”. TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam 2 (1). https://doi.org/10.19105/tjpi.v2i1.213.
Issue
Section
Articles
The journal operates an Open Access policy under a Creative Commons Non-Commercial 4.0 International license. Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a
Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
that allows others to share — copy and redistribute the material in any medium or format, and adapt — remix, transform, and build upon the material.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (see The Effect of Open Access).