A Comparative Study on Forming Sincere and Honest Characteristics Based on Sufism View in Al Urwatul Wutqo and Jampes Boarding School
Abstract
Pendidikan karakter baru sampai pada ranah IQ dan EQ saja. Sedangkan ranah SQ yang sangat erat kaitannya dengan pembersihan jiwa belum banyak tersentuh. Kajian tentang pembersihan jiwa mengarah kepada tasawuf (pendidikan jiwa). Model pembentukan karakter di dua lokasi bervariasi. 1) Pendidikan tasawuf di Al Urwatul Wutsqo berafiliasi t}ari<qah Syadziliyah Al-Mas’udiyyah. Tahap-tahap pendidikan tasawuf adalah syari>’ah, t}ari>qah, h}aqi>qah, dan ma’rifah. Model pembentukan karakter jujur dan ikhlas melalui pemberian pengetahuan dan pembiasaan. Tahap pemberian pengetahuan adalah tahap syari>’ah. Diajarkan baca tulis al-Qur’a>n, terjemah al-Qur’a>n, nahwu, sharaf, baca kitab, hukum-hukum syari>’ah, mulai fiqih Ibadah, fiqih muamalah, fiqih munakahat, dan jinayah, dan tafsir Amaly. Pembelajaran menggunakan metode yang relevan diantaranya ceramah, tanya jawab, demonstrasi dan pemberian tugas. Tahap pembiasaan adalah belajar t}ari<qah , haqiqah dan ma’rifah. Dilatih jama’ah, dzikir, dan istighas|ah, dengan menggunakan metode muhasaba, mujahada, talqin, dan khalwat. Pada tahapan ini sampai pada al-maqa>mat terdiri dari: taubat, sabar, syukur, rajak, khauf, faqir, zuhud, tauhid, tawakkal, mahabbah. 2) Pendidikan tasawuf di Al Ihsan Jampes tidak berafiliasi pada salah satu t}ari<qah mu’tabarah, tetapi menerapkan tahapan pendidikan tasawuf. Tahap pemberian pengetahuan diajarkan tentang imlak, fikih dan tasawuf melalui kajian kitab Sira>j Al-Tha>libi>n dengan metode bandongan dan shorogan (. Tahap pembiasaan dilatih jama’ah, dzikir, dan istighas|ah dengan menggunakan metode muhasaba serta mujahada. Pada tahap ini al-maqa>mat bersifat alami karena tidak dibimbinga guru musyid. 3) Bentuk-bentuk karakter ikhlas dan jujur melalui pendidikan tasawuf yaitu: a) Ikhlas amal dan ikhlas memperoleh pahala b) Jujur pada diri sendiri, jujur dalam berjanji, jujur dalam perkataan dan perbuatan.
.
Downloads
References
Abdul Mukmin Sa‟aduddin, Imam, Meneladani Akhlak Nabi Membangun Kepribadian Muslim (Bandung: Rosdakarya, 2006) 181. Lihat juga Jurnal PILAR, Vol. 2, No. 2, Juli-Des’, 2014.
Abdullah Asy-Syarqawi, Syeikh, Syarh Al-Hikam Ibnu Atha’illah Al-Iskandari, terj. Imam Firdaus, Jakarta: Turos Pustaka, 2012.
Abu Al Wafa Al Fatimi Al Taftazani, Ibnu Athoillah al Iskandary Wa Tas}awwuf , Kairo: Maktabah al Anjalu al Misriyah,1969.
Abu> H{a>mid Muh}ammad bin Muh}ammad al-Ghaza>li, Ih{ya’ Ulum ad-Di>n, Beirut: Da>r Ibn H{azm, 2005.
Al Wafa Al Fatimi Al Taftazani, Abu, Ibnu Athoillah al Iskandary Wa Tas}awwuf Kairo: Maktabah al Anjalu al Misriyah,1969.
Al-Sarraj, al-Luma’ fi al- Tasawuf, Kairo: Dar al-Kutub al-Hadithah, 1960.
Anwar, Rosihun, Akhlak Tasawuf, Bandung: Pustaka Setia, 2010.
Aqib , Kharisudin, Al-Hikmah (Memahami Teosofi Tarekat Qadiriyah wa Naqsyabandiyah), Surabaya: Bina Ilmu, 2004.
Badawi, Rahman, Abdur, Tarikh al Tasaswuf Fi al Islam (Sejarah Tasawuf Islam mulai permulaan sampai akhir abad kedua), Kuwait: wakalat al matbu’at,tt.
Barnadib, Imam, Filsafat Pendidikan, Yogyakarta: Andi Offset, 1986.
Farits, Abu, Tazkiyatunnafs, terj. Habiburrahman Saerozi, Jakarta: Gema Insani, 2006.
Fuad, Jauhar, “Pendidikan Karakter Dalam Pesantren Tasawuf,” Jurnal Pemikiran Keislaman, no. 1 2013.
Halim Mahmud , Abdul, al Ta’rif li Madhab Ahli al Tasawwuf, Mesir: Maktabah Al Tsaqofah al Diniyah,t.t.
Hamdani Hamid,Beni Ahmad Saebani. Pendidikan Karakter Perspektif Islam, Bandung: Pustaka Setia, 2013.
Hamka, Tasawuf Modern; Bahagia Itu Dekat dengan Kita, Ada dalam Diri Kita Jakarta: Republika, 2015.
Hasiah, Peranan Ikhlas Dalam Perspektif Al-Qur’an, Jurnal Darul ‘Ilmi Vol. 01, No. 02 Juli 2013.
Jamil, M., Cakrawala Tasawuf , Jakarta: Gaung Persada Press, 2007.
Khalil, Ahmad, Merengkuh Bahagia, Dialog Al-Qur’an, Tas}awwuf Dan psikologi, Malang: UIN Prees, 2007.
Khusuma, Dharma,dkk, Pendidikan Karakter Kajian Teoritik Dan Praktik Di Sekolah, Bandung: Rosda Karya, 2013.
Kurniawan, Syamsul, Pendidikan Karakter Dalam Islam (Pemikiran Al-Ghazali Tentang Pendidikan Karakter Anak Berbasis Akhlaq Al-Karimah) Tadrib, Vol. 3, No. 2, Desember 2017
M. Suud, Fitriah, “ Kejujuran dalam Perspektif Psikologi Islam: Kajian Konsep dan Empiris”, Jurnal Psikologi Islam, Vol. 4, No. 2 (2017.
Madjid, Nurcholish, Islam Doktrin dan Peradaban , Jakarta: Pustaka Paramadina, 1992.
Mashur, Kepemimpinan Kiai Pesantren, Upaya Mengembangkan Pendidikan Berbasis Karakter, Yogyakarta: Trus media, 2017.
Muhaiman, Strategi Belajar Mengajar, Surabaya, Citra Media, 1996.
Mustari, Mohamad. Nilai Karakter. Yogyakarta: LaksBang RESSindo,2011.
Qodir Isa, Abdul, Hakekat Tasawuf, Jakarta: Qisti Press 2005.
Ramayulis, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Kalam Mulia, 2006.
Roestiyah N.K, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta, 2012.
Rohma, Noer, Pengantar Psikologi Agama, Yogyakarta: Teras,2013.
Sagala, Syaiful, Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta. 2006.
Sarina Tengku Kasim, Tengku, Pendekatan Individu dalam Pengajaran Pendidikan Islam, Kuala Lumpur: Universitas Malaya Off Set, 2008.
Solihin, Ilmu Tasawuf , Bandung: Pustaka Setia, 2014
Subur, Pembelajaran Nilai-nilai Moral berbasis Kisah, Yogyakarta: Kalimedi, 2015.
Syukur, Amin, Zuhud di Abad Modern, Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset. .1997.
Tebba , Sudirman, Tasawuf Positif, (Jakarta: Prenada Media, 2003.
Thomas Lickona, Character Matters: How To Help Our Children Develop Good Judgment, Integrity And Other Essential Virtues, (New York: Simon & Schuster, 2004), 15
Ya’cub, Mihmidaty, Pendidikan Tas}awwuf dan Aplikasinya. Surabaya: IAIN Sunan Ampel Press, 2013
Yasyakur, Moch., Model Pembelajaran Berkarakter Dalam Perspektif Al-Quran (Pada Sekolah Islam Terpadu Full Day School), Jurnal Edukasi Islami, Jurnal Pendidikan Islam Vol. 06 No. 11, januari 2017
Yudiani, Ema, “Pengantar Psikologi Islam”, JIA/ /Th.XIV/Nomor 2 Desember 2013.
Zahri, Mustafa, Kunci Memahami Ilmu Tasawuf , Surabaya: Bina Ilmu, 1997.
Copyright (c) 2022 TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
The journal operates an Open Access policy under a Creative Commons Non-Commercial 4.0 International license. Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a
Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
that allows others to share — copy and redistribute the material in any medium or format, and adapt — remix, transform, and build upon the material.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (see The Effect of Open Access).