Hubungan antara Pola Asuh Orang Tua Permisif terhadap Prestasi Belajar Siswa Di SMAN 1 Driyorejo
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kondisi dimana banyaknya dilingkungan sekitar rumah orang tua yang terbiasa memberikan kebebasan lebih kepada anak baik dari sisi pergaulan, belajar maupun kegiatan sosial lainnya. Tujuan yang ingin dicapai pada penelitian ini yaitu untuk mengetahui hubungan antara pola asuh orang tua permissif terhadap prestasi belajar siswa di SMAN 1 Driyorejo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi pearson product moment menggunakan SPSS 25. Subjek berjumlah 104 siswa. Hasil pola asuh orang tua premissif didapatkan dari hasil angket yang dikembangkan peneliti, sedangkan untuk prestasi belajar diambil dari rata-rata nilai lapor siswa. Hasil korealasi menunjukkan hasil 0.965 dan nilai pearson correlate sebesar -,005 yang artinya tidak memiliki korelasi atau tidak ada hubungan pola asuh orang tua permissive terhadap prestasi belajar siswa di SMAN 1 Driyorejo.
Downloads
References
Arifin, Zainal. 1990. Evaluasi Instruksional Prinsip Teknik Prosedur. Bandung: Remaja Rosdakarya.dan Kebiasaan Belajar Siswa. Bandung: SPS BPK UPI
Aydın, F., & Coşkun, M. (2011). Secondary School Students’ “Achievement motivation” towards Geography Lessons. Journal of scholars research library. Karabük: Karabük University. Diambil pada tanggal 09 Januari 2021 dari http://scholarsresearchlibrary. com/archive.html.
Djalal, MF 1986. Penilaian Dalam Pengajaran Bahasa Asing. Malang: P3T IKIP Malang
Edwards C. Drew 2006, Ketika Anak Sulit Diatur. Bandung: Mizan Pustaka, Bandung
Hamalik Oemar. 2001.Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara.
Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. BANDUNG: Pustaka Setia
Mussen, P.H., Conger, J.J., Kagan, J., & Huston, C.A. 1994. Perkembangan dan Kepribadian anak. Jakarta: Penerbit Arcan.
Nana Sudjana. (2005). Dasar-dasar proses belajar mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo
Suarsini, Desy. 2013. Pola Asuh Orang Tua, Artikel (online) (http;//desysuar.blogspot .com, diakses 30 Mei 2021)
Winkel, WS 1987. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Jakarta: Gramedia
The journal operates an Open Access policy under a Creative Commons Non-Commercial 4.0 International license. Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a
Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
that allows others to share — copy and redistribute the material in any medium or format, and adapt — remix, transform, and build upon the material.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (see The Effect of Open Access).