STUDI KEPUSTAKAAN KECEMASAN SOSIAL

  • Putri Universitas Sriwijaya
  • Putri Rahmawati Universitas Sriwijaya
  • Nimas Dahlia Putri Universitas Sriwijaya
  • Alrefi Universitas Sriwijaya
  • Silvia AR Universitas Sriwijaya
Abstract views: 279 , pdf downloads: 233
Keywords: sosial anxiety ; intervention ; teenager

Abstract

Kecemasan sosial saat ini menjadi salah satu isu yang membutuhkan perhatian khusus, topik ini memegang peran penting dalam penelitian, khususnya dalam bidang pendidikan, terutama dalam konteks bimbingan dan konseling. Tujuan dari Tinjauan kepustakaan ini adalah untuk mengeksplorasi peran sekolah dalam mengurangi kecemasan sosial pada remaja yang mengalami kondisi tersebut. Selain itu bertujuan untuk menjelaskan hubungan antara faktor – faktor berupa  lingkungan sekolah yang mendukung, program pembelajaran sosial dan emosional, dukungan sosial yang diberikan oleh guru dan staf sekolah, serta kerja sama dengan orang tua dalam mengatasi kecemasan sosial pada remaja. Metode yang digunakan dalam tinjauan kepustakaan ini adalah analisis isi, dengan sampel yang terdiri dari artikel- artikel yang telah dipublikasikan pada  jurnal Sinta. Aspek kunci yang ditekankan pada analisis data di sini adalah judul, metode, dan hasil penelitian dari setiap artikel yang menjadi sampel. Berdasarkan penelitian yang telah ada sebelumnya  didapat hasil yang menunjukkan bahwa adanya hubungan dan pengaruh yang signifikan antara kecemasan sosial dengan permasalahan yang dihadapi oleh remaja pada lingkup sosial akademis. berdasarkan hasil penelitian ini, diharapkan  dapat mengisi celah pengetahuan dari penelitian sebelumnya dan memberikan rekomendasi praktis yang dapat diterapkan dilingkungan sekolah untuk mengatasi kecemasan sosial pada remaja.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akbar, Z., & Faryansyah, R. (2018). Pengukapan Diri di Media Sosial. IKRA-ITH Humaniora : Jurnal Sosial Dan Humaniora, 2(2), 94–99.
Bafadal, I. (2021). Self Control Dalam Menekan Perilaku SOcial Anxiety Pada Remaja. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam, 10(December), 44–45.
Diwanda, A. S., & Wakhid, A. (2022). Hubungan Celaan Fisik Dengan Kecemasan Sosial pada Remaja. Jurnal Ilmu Keperawatan Jiwa, 5, 271–280. https://journal.ppnijateng.org/index.php/jikj%0Ahttps://journal.ppnijateng.org/index.php/jikj/article/view/1409
Duana, D. A., & Hadjam, M. N. R. (2012). Terapi Kognitif Perilaku Dalam Kelompok Untuk Kecemasan Sosial Pada Remaja Putri Dengan Obesitas. Jurnal Intervensi Psikologi (JIP), 4(2), 145–160. https://doi.org/10.20885/intervensipsikologi.vol4.iss2.art1
Elfariani, I., & Anastasya, Y. A. (2023). Regulasi Diri dan Kecemasan Sosial pada Remaja. Jurnal Psikologi Terapan (JPT), 5(2), 57. https://doi.org/10.29103/jpt.v5i1.10421
Erawati, D., Hardiansyah, F., & Mz, I. (2022). Training Behavioral Reheasal untuk Mengurangi Kecemasan Sosial (Studi Pada Mahasiswa Berkepribadian Introvert). Jurnal Bimbingan Dan Konseling Terapan, 6(2), 70. https://doi.org/10.30598/jbkt.v6i2.1629
Fitria, S., & Dwi, T. (2023). Bullying dan Pengaruhnya Terhadap Kecemasan Sosial pada Remaja di Aceh. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam, 4(1), 1–9.
Istiqomah, F., & Amin, A. (2021). Konsep Diri dan Kecemasan Remaja Putus Sekolah. Jurnal Psikologi : Jurnal Ilmiah Fakultas Psikologi Universitas Yudharta Pasuruan, 7(2), 104–121. https://doi.org/10.35891/jip.v7i2.2419
Kholifah, N. (2016). Peran Teman Sebaya Dan Kecemasan Sosial Pada Remaja. Jurnal Psikologi : Jurnal Ilmiah Fakultas Psikologi Universitas Yudharta Pasuruan, 3(2), 60–68. https://jurnal.yudharta.ac.id/v2/index.php/ILMU-PSIKOLOGI/article/view/841
Khurnia Swasti, I., Martani, W., & Psikologi, F. (2013). Menurunkan Kecemasan Sosial melalui Pemaknaan Kisah Hidup. Jurnal Psikologi, 40(1), 39–58.
Krippendorff, K. (2013). Content Analysis an Introduction to its Metodology, 2nd
Edition. London: Sage Publication.
Lestari, E. S. (2012). Relationships Social Anxiety and Emotional Maturity With Sexual Maturity Remajasmp. Psikopedagogia, 1(1).
Lubis, H., Rosyida, A. H., Wulandari, F., & Sandya, S. N. (2019). Connecting Group Activity Dalam Menurunkan Kecemasan Sosial Pada Gen-Z. Psikostudia : Jurnal Psikologi, 6(1), 1. https://doi.org/10.30872/psikostudia.v6i1.2357
M, M. N. I., Razak, A., & Fakhri, N. (2022). Body Image Dan Kecemasan Sosial Pada Remaja Perempuan Di Kota Makassar. Egalita Jurnal Kesetaraan Dan Keadilan Gender, 17(2), 18–30. https://doi.org/10.18860/egalita.v17i2.16323
Mahmudah, F., Erawati, D., & Mz, I. (2021). Hubungan Kepribadian Introver dengan Kecemasan Sosial pada Mahasiswa IAIN Palangka Raya. Al-Isyraq, 4(2), 145–162.
Melati, A. D., Fatimah, S., & Manuardi, A. R. (2022). RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOR THERAPY DALAM MENANGANI KECEMASAN SOSIAL KORBAN BULLYING Ayu Dwi Melati 1 , Siti Fatimah 2 , Ardian Renata Manuardi 3 1. 5(3), 200–206.
Novianti, E., Aminah, I., & Tobing, D. L. (2023). Kecemasan Sosial pada Remaja yang Mengalami Perundungan di Desa Ragajaya. Jurnal Ilmiah Kesehatan …, 15, 13–17. https://jikm.upnvj.ac.id/index.php/home/article/view/238
Pebriani, L. V., & Kusuma W, P. A. (2021). Korelasi Antara Self-Compassion Dengan Kecemasan Sosial Pada Anak Usia Sekolah Dasar Di Kota Bandung. Journal of Psychological Science and Profession, 5(1), 57–65. https://doi.org/10.24198/jpsp.v5i1.31931
Pratiwi, D., Mirza, R., & El Akmal, M. (2019). Kecemasan Sosial Ditinjau Dari Harga Diri Pada Remaja Status Sosial Ekonomi Rendah. Jurnal Pendidikan Dan Koneseling, 9(1), 21–34. http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/al-irsyad/article/view/6734/2966
Pribadi, R. (2019). Hubungan antara citra diri negatif dengan kecemasan sosial pada remaja putri perkotaan. Calyptra, 8(2), 1–16.
R. P.Mattick and J. C. Clarke, “Development and validation of measures of social phobia
scrutiny fear and social interaction anxiety11Editor’s note: This article was written before the development of some contemporary measures of social phobia, such as the Social Phobia and Anxiety Inve,” Behav. Res. Ther., vol. 36, no. 4, pp. 455–470, 1998, doi:10.1016/s0005-7967(97)10031-6.
Riyanti, N. (2020). Teknik Restrukturisasi Kognitif Untuk Mereduksi Kecemasan Sosial Remaja. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Borneo, 2(1), 86–92. https://doi.org/10.35334/jbkb.v2i1.1475
S., Sulistyaningsih, W., & Ervika, E. (2020). Kecemasan Anak Korban Bullying : Efektifitas Terapi Menulis Ekspresif Menurunkan Kecemasan. Psychopolytan : Jurnal Psikologi, 4(1), 49–56. https://doi.org/10.36341/psi.v4i1.1307
Sriyanto, S., Febrianta, Y., & Yuwono, P. H. (2019). Strategi Berpikir Visual bagi Peserta Didik Gangguan Kecemasan Sosial untuk Mengembangkan Keterampilan Sosial. JSSH (Jurnal Sains Sosial Dan Humaniora), 3(1), 65. https://doi.org/10.30595/jssh.v3i1.3064
Suwarno. (1998). Pengantar Umum Pendidikan, (Jakarta: Aksara Baru)
Sugiantoro, B. (2018). Teknik Desensitisasi Sistematis (Systematic Desensitization) dalam Mereduksi Gangguan Kecemasan Sosial (Social Anxiety Disorder) yang dialami Konseli. Nusantara of Research : Jurnal Hasil-Hasil Penelitian Universitas Nusantara PGRI Kediri, 5(2), 72–82. https://doi.org/10.29407/nor.v5i2.13078
Wati, L., & Subroto, U. (2023). Hubungan Antara Tipe Kepribadian Dengan Kecemasan Pada Mahasiswa Di Jakarta. Versi Cetak), 7(1), 1–8. https://doi.org/10.24912/
Published
2024-08-25
Section
Articles