IMPLEMENTASI TEORI BEHAVIORISTIK DALAM MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SD
Abstract
The purpose of this study is to describe application, contributing factors and inhibitors to the beavioristic theory of learning in mathematics at the bottom of elementary school. The method of research used in this study is qualitative. The data-collection technique used is observation, interview and documentation. Data analysis of miles huberman and saldana covers: condensation of data, presentation of data, verification and conclusion. Data validity USES technical and source triangulation. The result of researchers is (1) behavioristic theories through reinforcement and reward and punishment can provide the motivation for math study. (2) a reason for the application of this behavioristic theory is the teacher himself because in it the emphasis is on the teacher centered and teachers can give repetitive reinforcement. (3) as for the behavioristic factor for the application of this behavioristic theory, changes that come to their learning easily go away when it is not subjected to continual reinforcement.
Downloads
References
Asrori, Mohammad. Psikologi Pembelajaran. 2010. Bandung: CV. Wacana Prima.
Dwiyanti, Shinta, A. Syathori, Aen Zaenudin, “Hubungan Antara Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah Dengan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama islam (PAI) Di Sekolah Menengah pertama (SMP) Negeri 1 Kecamatan Suranenggala kabupaten Cirebon,” At-Tarbawi Al-Haditsah: Jurnal Pendidikan Islam 2, no. 2 (Desember 2017): 60.
Efendi. 2016. Konsep Pemikiran EdwardL. Thorndike Behavioristik. Bandung: Guepedia.
Hadiyanto. 2016. Teori & Pengembangan Iklim Kelas & Iklim Sekolah. Jakarta: Kencana.
Husamah dkk. 2018. Belajar dan pembelajaran. Malang: UMM Press.
Juni Priansa, Donni. 2017. Pengembangan Strategi & Model Pembelajaran. Bandung: CV Pustaka Setia
Kamalfachri, “Teori Behavioristik”, dalam Websitefile:///H:/Teori behavioristik dan Permaslahan/Kamalfachri.
Latifah, 2016. Dewi. Teori Belajar dan Penerapannya dalam Pembelajaran Bahasa Arab, “Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab I ’Kreativitas dan Inovasi Dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Indonesia”
Meifiani, Nely Indra dan Tika Dedy Prasetyo “Pengaruh Motivasi Terhadap Prestasi Ditinjau Dari Perbedaan Jenis Kelamin Mahasiswa STKIP PGRI Pacitan,” Derivat 2, no. 1 (Juli 2015): 5.
Mytra, Prima dan Andi Asrafiani “Implementasi Teori Belajar Behavioristik dalam Pembelajaran Matematika” JTMT: Jurnal Tadris Matematika, Vol. 3 No.2 (Desember, 2022), 47.
Parwati, Ni Nyoman.2019. Belajar dan Pembelajaran. Depok: PT.Raja Grafindo Persada.
Sardiman. 2016. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Grafindo Persada.
Semiun,Yustinus. 2020. Teori-teori kepribadian Behavioristik. Depok: PT Kanisus
Sudarno, “Penerapan Pembelajaran The Learning Cell Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Tematik Dengan Tema Selalu Berhemat Energi Pada Siswa Kelas IV SDN Banyuanyar 1 Surakarta Semester 1 Tahun Pelajaran 2016/2017,” Dwija Utama 9, no. 35 (Mei 2017): 81.
Sukardjo. 2021. Landasan Pendidikan Konsep dan Aplikasinya. Jakarta : PT. Raja Grafindo.
Wahab, Gusnarib dan Rosnawati. 2021. Teori-teori Belajar dan Pembelajaran. Indramayu
Mubtadi: Jurnal pendidikan ibtidaiyah, adalah jurnal yang tidak berbasis komersial. tetapi memberikan lisensi kepada penulis atas karyanya. naskah penulis yang sudah di muat dapat dibuka oleh siapapun dan dapat diperguanakn oleh siapapun dengan catatan berbagi informasi tanpa dipungut baiaya apapun.