STRATEGI MEMBANGUN BRAND IMAGE DALAM MENINGKATKAN DAYA SAING LEMBAGA PENDIDIKAN (STUDI KASUS DI SDIT AL GHAZALI PAMEKASAN)


Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi membangun brand image dalam meningkatkatkan daya saing di SDIT Al Ghazali Pamekasan. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan kepala sekolah, guru, staf, serta observasi langsung terhadap kegiatan di sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan visioner, kolaboratif, dan inovatif dari kepala sekolah memiliki dampak yang signifikan dalam memperkuat brand image sekolah dan meningkatkan daya saingnya. Kepala sekolah berperan sebagai agen peerubbahan yang mampu menginspirasi seluruh anggota sekolah untuk bekerja menuju visi bersama dan meningkatkan kualitas pendidikan. Selain itu, komunikasi yang efektif, pengelolaan sumber daya yang baik, serta pembinaan terhadap budaya sekolah yang positif juga merupakan fakttor penting yang turut mendukung eberhasilan dalam membangun brand image dan daya saing sekolah. Implikasi penelitian ini adalah pentingnya peran kepemimpinan kepala sekolah yang strategis dalam menciptakan lingkungan belajar yang inspiratif dan berkualitas, yang pada akhirnya akan membawa dampak positif bagi prestasi siswa dan citra sekolah di masyarakat
Downloads
References
Agus, R. (2008). Strategi Meraih Keunggulan dalam Industri Jasa Pendidikan. In Bandung: Penerbit Alfabeta.
Alma, B. (2007). Manajemen Pemasaran dan Manajemen Jasa. In Edisi Revisi. Bandung: Alfabeta.
Budiyatmo, B., & Iriani, A. (2022). Membangun Citra Sekolah Berdasarkan Marketing Mix untuk Meningkatkan Jumlah Peserta Didik. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 238–252. https://ejournal.uksw.edu/kelola/article/view/6342
Hadi, A. (2013). Konsep analisis swot dalam peningkatan mutu lembaga madrasah. Jurnal Ilmiah Didaktika. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/didaktika/article/view/494
Hardini, D. (2020). Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. In Pustaka Ilmu, Yogyakarta.
Hasunah, U., & Janah, A. R. (n.d.). Implementasi metode ummi dalam pembelajaran al quran pada santri di ponpes salafiyah al mahfuzh seblak jombang. In dalam Journal Pendidikan islam UNIPDU Jombang.
IIP, D. (2021). Tingkat Keberhasilan Program Pendidikan Pengguna (User Education) di Perpustakaan Institut Teknologi Sepuluh Nopember bagi Mahasiswa Tingkat Akhir ejournal.unair.ac.id.https://ejournal.unair.ac.id/palimpsest/article/download/26819/14471
Michael, E. P. (1993). Keunggulan bersaing Menciptakan dan Mempertahankan Kinerja Unggul. In Erlangga. Jakarta.
Mirela, T. (2020). Kreativitas Kepala Madrasah dalam pemasaran pendidikan di MIN 1 Bener Meriah. repository.ar-raniry.ac.id. https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/13299/
Nata, A. (2011). Akhlak tasawuf. senayan.iain-palangkaraya.ac.id. http://senayan.iain-palangkaraya.ac.id/index.php?p=show_detail&id=1223&keywords=
Shimp, T. A. (2014). Komunikasi pemasaran terpadu dalam periklanan dan promosi. In Jakarta: Salemba Empat.
Slameto, D. (2015). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhi (Edisi Ke-1. In Jakarta: Rineka Cipta.
Susanto, A. B., & Wijanarko, H. (2004). Power Branding (Membangun Merek Unggul Dan Organisasi Pendukungnya), Jakarta: PT. In Mizan Publika.
Susilo, M. J. (2022). Strategi Branding Sekolah Dalam Meningkatkan Animo Siswa Dan Awareness Masyarakat. Jurnal Pendidikan Dompet Dhuafa. http://jurnal.pendidikandd.org/index.php/JPD/article/view/278
Suyanto, M. (2007). Marketing Strategi Top Brand Indonesia, 2007. In Yogyakarta: CV Andi Offset.
Tholkhah, I. (2016). Strategi Peningkatan Daya Saing Madrasah; Studi Kasus Madrasah Ibtidaiyah Negeri Madiun. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan …. https://jurnaledukasi.kemenag.go.id/index.php/edukasi/article/view/20
Tjiptono, F. (2005). Brand management & strategy. In Yogyakarta: Andi.
Uyung, S. (2003). Integrated Marketing Communication. In Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Mubtadi: Jurnal pendidikan ibtidaiyah, adalah jurnal yang tidak berbasis komersial. tetapi memberikan lisensi kepada penulis atas karyanya. naskah penulis yang sudah di muat dapat dibuka oleh siapapun dan dapat diperguanakn oleh siapapun dengan catatan berbagi informasi tanpa dipungut baiaya apapun.