INOVASI DALAM PENGAJARAN IPA DI SEKOLAH DASAR MELALUI PENGGUNAAN TEKNOLOGI DIGITAL
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji inovasi dalam pengajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di sekolah dasar melalui penggunaan teknologi digital. Melalui metode literature review, penelitian ini mengidentifikasi, mengevaluasi, dan mensintesis berbagai temuan dari studi sebelumnya terkait penggunaan teknologi augmented reality (AR), virtual reality (VR), aplikasi pembelajaran interaktif, serta platform e-learning dalam konteks pendidikan IPA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan teknologi digital dapat meningkatkan motivasi, keterlibatan, dan hasil belajar siswa. Teknologi seperti AR dan VR memberikan pengalaman belajar yang lebih interaktif dan mendalam, sementara aplikasi pembelajaran interaktif dan platform e-learning mendukung pembelajaran mandiri dan kolaboratif. Namun, implementasi teknologi digital dalam pengajaran IPA di sekolah dasar juga dihadapkan pada beberapa tantangan, termasuk keterbatasan infrastruktur teknologi di sekolah, kesiapan dan keterampilan guru, serta kebutuhan akan dukungan lebih besar dari pihak sekolah dan pemerintah. Untuk mengatasi tantangan ini, disarankan untuk memberikan pelatihan yang berkelanjutan bagi guru, meningkatkan investasi dalam infrastruktur teknologi, mengintegrasikan penggunaan teknologi digital secara sistematis ke dalam kurikulum IPA, serta mendorong kolaborasi antar guru untuk berbagi praktik terbaik. Penelitian ini memberikan pemahaman yang komprehensif mengenai manfaat dan tantangan penggunaan teknologi digital dalam pengajaran IPA di sekolah dasar, serta memberikan rekomendasi praktis untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Diharapkan dengan implementasi yang tepat, teknologi digital dapat menjadi alat yang efektif dalam meningkatkan pengalaman belajar dan hasil akademik siswa di era digital ini.
Downloads
References
Ansya, Y. A. (2023). Upaya Meningkatkan Minat dan Prestasi Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar pada Pembelajaran IPA Menggunakan Strategi PjBL (Project-Based Learning). Jurnal Ilmu Manajemen Dan Pendidikan (JIMPIAN), 3(1), 43–52. https://doi.org/10.30872/jimpian.v3i1.2225
Atmajaya, D. (2017). Implementasi Augmented Reality Untuk Pembelajaran Interaktif. ILKOM Jurnal Ilmiah, 9(2), 227–232. https://doi.org/10.33096/ilkom.v9i2.143.227-232
Dalimunthe, H. F., & Simanjuntak, P. (2023). Aplikasi Pengenalan Perangkat Keras Komputer Berbasis Android Menggunakan Augmented Reality. Computer and Science Industrial Engineering (COMASIE), 9(2), 24–31. https://doi.org/10.33884/comasiejournal.v9i2.7624
Fadillah, D. T. (2014). Pemanfaatan Aplikasi Photomath Sebagai Media Belajar Matematika pada Materi Matriks : Systematic Literature Review. Journal of Mister, 1(3), 360–366. https://doi.org/https://doi.org/10.32672/mister.v1i3.1584 How
Fembriani, F. (2022). Analisis Implementasi Pembelajaran IPA dan Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, 3(02), 100–106. https://doi.org/10.46772/kontekstual.v3i02.661
Fitria, R. N., Darmadi, D., Pertiwi, W., Wardani, M. P., Wulandari, Y., & Aysah, E. I. N. (2020). Tingkat Keaktifan Siswa dalam Pembelajaran Matematika Menggunakan E-Learning dan Platform Daring. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 3(2), 306–314. https://doi.org/10.31004/jrpp.v3i2.1318
Helmie, J., Nurviyani, V., Ristiani, I., Taufik, M. S., & Mulyana, A. (2022). Pelatihan Implementasi Virtual Reality (Vr) Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Digital Untuk Mengembangkan Kompetensi Pedagogik Guru-Guru Sd Di Kec. Cipanas. Jurnal Warta Desa (JWD), 4(1), 34–40. https://doi.org/10.29303/jwd.v4i1.170
Junaedy, Ahmad Huraerah, A., Abdullah, A. W., & Rivai, A. (2021). Pengaruh Teknologi Informasi dan Komunikasi Terhadap Pendidikan Indonesia. Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 8(2), 133–146. https://doi.org/https://www.journal.iain-manado.ac.id/index.php/jiep/article/view/2715/1541
Kuswinardi, J. W., Rachman, A., Taswin, M. Z., Pitra, D. H., & Oktiawati, U. Y. (2023). Pemanfaatan Aplikasi Augmented Reality (AR) Dalam Pembelajaran Di Sma : Sebuah Tinjauan Sistematis. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 6(3), 556–563. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i3.19127
Larasati, I., Yusril, A. N., & Zukri, P. Al. (2021). Systematic Literature Review Analisis Metode Agile Dalam Pengembangan Aplikasi Mobile. Sistemasi: Jurnal Sistem Informasi, 10(2), 369. https://doi.org/10.32520/stmsi.v10i2.1237
Lase, D. (2022). Keterampilan dan Kompetensi Guru Pendidikan Agama Kristen di Era Revolusi Industri 4.0. SUNDERMANN: Jurnal Ilmiah Teologi, Pendidikan, Sains, Humaniora Dan Kebudayaan, 15(2), 53–66. https://doi.org/10.36588/sundermann.v15i2.98
Maharani, D. M., & Mahmudah, I. (2024). Inhibiting Factors in Class VI Mathematics Learning at MIN 3 Palangka Raya. ELSCHO: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 1–6. https://doi.org/https://doi.org/10.37081/ed.v10i1.3382
Noer Jannah, D. R., & Widianto Atmojo, I. R. (2022). Media Digital dalam Memberdayakan Kemampuan Berpikir Kritis Abad 21 pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 1064–1074. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2124
Rahma, D., Nupus Ihwani, N., & Sofia Hidayat, N. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Digital Sebagai Media Interaktif Pada Pembelajaran Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Dan Budaya, 4(2), 12–21. https://doi.org/https://doi.org/10.37304/enggang.v4i2.13298
Rohman, A., Sucipto, & Tubing, V. M. T. L. (2024). Analisis Penerapan E-Learning Menggunakan Google Classroom pada Siswa Program Keahlian Desain Grafika. Jurnal Pti (Pendidikan Dan Teknologi Informasi), 11(1), 1–8. https://doi.org/10.35134/jpti.v11i1.187
Sari, S. P., Mapuah, S., & Sunaryo, I. (2021). Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Berbasis Etnosains untuk Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. EduBase : Journal of Basic Education, 2(1), 9. https://doi.org/10.47453/edubase.v2i1.284
Turnip, R. S. (2023). Penilaian Literasi Digital Digital Di Kalangan Pelajar: Pengenalan dan Praktik Penggunaan Teknologi Pendidikan. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 6(4), 2302–2310. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.21733
Tursinawati, T., & Widodo, A. (2019). Pemahaman Nature of Science (NoS) Di Era Digital: Perspektif Dari Mahasiswa PGSD. Jurnal IPA & Pembelajaran IPA, 3(1), 1–9. https://doi.org/10.24815/jipi.v3i1.13294
Utomo, F. T. S. (2023). Inovasi Media Pembelajaran Interaktif Untuk Meningkatkan Efektifitas Pembelajaran Era Digital di Sekolah Dasar. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(September), 356–363. https://doi.org/https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.10066
Wahyudin, Y., & Rahayu, D. N. (2020). Analisis Metode Pengembangan Sistem Informasi Berbasis Website: A Literatur Review. Jurnal Interkom: Jurnal Publikasi Ilmiah Bidang Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 15(3), 26–40. https://doi.org/10.35969/interkom.v15i3.74
Wijayanti, S. H., Sihotang, K., Dirgantara, V. E., & Maytriyanti, M. (2022). Bentuk-Bentuk Komunikasi Generasi Milenial Di Sosial Media, dan Pembelajarannya. BASINDO : Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, Dan Pembelajarannya, 6(1), 84. https://doi.org/10.17977/um007v6i12022p84-99
Mubtadi: Jurnal pendidikan ibtidaiyah, adalah jurnal yang tidak berbasis komersial. tetapi memberikan lisensi kepada penulis atas karyanya. naskah penulis yang sudah di muat dapat dibuka oleh siapapun dan dapat diperguanakn oleh siapapun dengan catatan berbagi informasi tanpa dipungut baiaya apapun.