IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DALAM MEMBANGUN KARAKTER NASIONALISME SISWA DI MI NURUL ISLAM 1 DESA RAGANG

  • Imam Bukhori Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Marno Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Abstract views: 88 , pdf downloads: 72
Keywords: Kurikulum Merdeka, Karakter Nasionalisme, Siswa

Abstract

Penurunan karakter nasionalisme di kalangan siswa telah menjadi perhatian serius di Indonesia, terutama di era globalisasi yang didominasi oleh pengaruh media sosial. Kurikulum Merdeka, yang diinisiasi oleh Nadiem Anwar Makarim, menawarkan solusi melalui penanaman nilai-nilai Pancasila dalam materi pembelajaran yang relevan dan kontekstual. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran Kurikulum Merdeka dalam membangun karakter nasionalisme siswa. Metode yang digunakan melibatkan analisis kualitatif melalui observasi dan wawancara mendalam dengan guru dan siswa di sekolah yang telah mengimplementasikan Kurikulum Merdeka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kurikulum Merdeka memiliki potensi signifikan dalam meningkatkan kesadaran dan penerapan nilai-nilai nasionalisme di kalangan siswa khususnya di MI Nurul Islam 1 Desa Ragang. Namun, keberhasilan implementasi sangat bergantung pada kesiapan dan kreativitas guru dalam mengintegrasikan nilai-nilai tersebut dalam proses pembelajaran. Dengan pendekatan yang tepat, Kurikulum Merdeka dapat menjadi alat efektif dalam memperkuat karakter nasionalisme siswa, mempersiapkan mereka menjadi generasi yang tidak hanya cerdas akademis tetapi juga memiliki rasa cinta tanah air yang kuat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aquilani, B., Piccarozzi, M., Abbate, T. & Codini, A. 2020. “ The Role of Open Innovation and Value Co-Creation in the Challenging Transition from Industry 4.0 to Society 5.0: Toward a Theoretical Framework. Sustainability, 12(21). Accessed by . https://dx.doi.org/10.3390/su12218943 ”

Basuni, Bistari. 2021. “Pengkondisian Nilai Karakter Nasionalisme Dalam Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar.” Jurnal Kajian Pembelajaran Dan Keilmuan.

Deviana, Tyas. 2019. “Nilai Karakter Nasionalisme Pada Siswa Sekolah Indonesia Bangkok (Sib) Thailand.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

Ely Novita, dkk. 2023. “Penanaman Sikap Nasionalisme Dalam Menghargai Perbedaan Dalam Pembelajaran IPS,.” Jurnal Bina Ilmu Cendikia.

Idhartono, A. R. 2022. “Literasi Digital Pada Kurikulum Merdeka Belajar Bagi Anak Tunagrahita.” Jurnal Teknologi Pembelajaran 91–96.

Iskandar, Sofyan. 2023. “Peningkatan Karakter Anak Bangsa Dalam Kurikulum Merdeka Melalui Program Profil Pelajar Pancasila,.” INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research.

Inswide. 2021. “Wawasan Pendidikan Karakter,.” 68. Pekalongan: Naya Expanding Management.

Indriani, Nina. 2023. “Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Dalam Pembentukan Karakter Disiplin Peserta Didik Di Sekolah Dasar, .” Khazanah Pendidikan Jurnal Ilmiah Pendidikan.
Kemendikbudristek. 2022. “Buku Saku: Tanya Jawab Kurikulum Merdeka. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset Dan Teknologi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset Dan Teknologi.” 9-46. http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/25344.

Kusuma, Wijaya. 2017. Cinta Tanah Air. Yogyakarta: Familia.

Maharani, Citra Bintang. 2023. “Pembinaan Karakter Nasionalisme Siswa Sekolah Dasar Dengan Pembiasaan Menyanyikan Lagu Indonesia Raya.” Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan 156.
Miles, M. B. & Hubberman, A.M. 1992. Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber Tentang Metode-metode Baru Terjemahan Tjetjep Rohendi Rohidi. Jakarta : Universitas Indonesia Press.
Moleong, L. J. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.
Nurmantyo. 2016. Memahami Ancaman, Menyadari Jati Diri sebagai Modal Membangun Menuju Indonesia Emas. Jakarta : Litbang Tentara Nasional Indonesia.
Suwartini, S. 2017. “Pendidikan Karakter dan Pembangunan Sumber Daya Manusia Keberlanjutan.” Jurnal Pendidikan 220-234.

Suja’i, Cecep Abdul Muhlis. 2023. “Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Membangun Karakter Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Smp Nurul Qomar.” Hasbuna Jurnal Pendidikan Agama Islam 167.

Sofyan Iskandar, dkk. 2023. “Implementasi Kurikulum Merdeka.” journal of social science Research.

Tulus, Tu’u. 2004. “Peran Disiplin Pada Perilaku dan Prestasi Siswa.” 36. Jakarta : Grasindo .

https://news.detik.com/berita/d-653718/80-anak-sekolah-tidak-hafal-lagu-indonesia-raya

https://www.detik.com/jabar/berita/d-6105307/miris-banyak-anak-usia-sekolah-di-cianjur-tak-hafal-pancasila
Published
2024-08-25
Section
Articles