TINGKAT LITERASI DIGITAL MAHASISWA PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR (PGSD) UNIVERSITAS TERBUKA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat literasi digital mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Universitas Terbuka. Menggunakan metode deskriptif dan kuesioner dengan skala Likert, penelitian ini mengukur pengetahuan teknis, kemampuan evaluatif, sikap terhadap teknologi, dan pemanfaatan teknologi dalam pengajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa responden memiliki sikap positif terhadap teknologi dan secara rutin menggunakannya untuk memberikan umpan balik dan berinteraksi dengan siswa. Mereka juga memiliki kemampuan yang baik dalam menggunakan perangkat lunak pengolah kata dan aplikasi pembelajaran online, serta cukup efektif dalam mengecek keaslian informasi. Namun, ada ruang untuk peningkatan dalam mengajarkan evaluasi kredibilitas sumber online dan mendorong penggunaan teknologi dalam tugas siswa. Meskipun responden optimis tentang pemanfaatan teknologi dalam pendidikan, terdapat kekhawatiran mengenai dampak negatif penggunaan teknologi yang berlebihan. Secara keseluruhan, penelitian ini menunjukkan bahwa literasi digital yang baik dapat meningkatkan kualitas pengajaran dan pembelajaran, serta mempersiapkan siswa untuk sukses di dunia digital yang terus berkembang.
Downloads
References
Buckingham, D. (2019). The Media Education Manifesto. Cambridge: Polity Press.
Clark, R. C., & Mayer, R. E. (2023). e-Learning and the Science of Instruction: Proven Guidelines for Consumers and Designers of Multimedia Learning (5th ed.). Hoboken, NJ: Wiley.
Cohen, L., Manion, L., & Morrison, K. (2000). Research Methods in Education (8th ed.). New York, NY: Routledge.
Creswell, J. W. (2015). Educational Research: Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research (5th ed.). Boston, MA: Pearson.
Darling-Hammond, L., Hyler, M. E., & Gardner, M. (2017). Effective Teacher Professional Development. Palo Alto, CA: Learning Policy Institute.
Ertmer, P. A., Ottenbreit-Leftwich, A. T., Sadik, O., Sendurur, E., & Sendurur, P. (2012). Teacher Beliefs and Technology Integration Practices: A Critical Relationship. Computers & Education, 59(2), 423-435.
Farid, A. (2023). Literasi Digital Sebagai Jalan Penguatan Pendidikan Karakter Di Era Society 5.0. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(3), 580-597.
Fullan, M. (2013). Stratosphere: Integrating Technology, Pedagogy, and Change Knowledge. Toronto: Pearson Canada.
Fullan, M., & Langworthy, M. (2014). A Rich Seam: How New Pedagogies Find Deep Learning. London: Pearson.
Hattie, J. (2008). Visible Learning: A Synthesis of Over 800 Meta-Analyses Relating to Achievement. London: Routledge.
Hughson, T. A., & Wood, B. E. (2022). The OECD Learning Compass 2030 and the future of disciplinary learning: a Bernsteinian critique. Journal of Education Policy, 37(4), 634-654.
Iordache, C., Mariën, I., & Baelden, D. (2017). Developing digital skills and competences: A quick-scan analysis of 13 digital literacy models. Italian Journal of Sociology of Education, 9(Italian Journal of Sociology of Education 9/1), 6-30.
Jenkins, H., Purushotma, R., Weigel, M., Clinton, K., & Robison, A. J. (2009). Confronting the Challenges of Participatory Culture: Media Education for the 21st Century. Cambridge, MA: MIT Press.
Johanes, V. E., Suroyo, S., & Budiastra, A. K. (2022). Analisis hubungan gaya kepemimpinan kepala sekolah dan literasi digital dengan kinerja guru sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(2), 2793-2801.
Kereluik, K., Mishra, P., Fahnoe, C., & Terry, L. (2013). What Knowledge Is of Most Worth: Teacher Knowledge for 21st Century Learning. Journal of Digital Learning in Teacher Education, 29(4), 127-140.
KIC & Kominfo. (2020). Status Literasi Digital Indonesia 2020 Hasil Survei di 34 Provinsi. Jakarta:Kementerian Komunikasi dan Informatika.
Kimmons, R., & Veletsianos, G. (2016). Education Scholars’ Evolving Uses of Twitter as a Conference Backchannel and Social Commentary Platform. British Journal of Educational Technology, 47(3), 445-464.
Koehler, M. J., & Mishra, P. (2009). What Is Technological Pedagogical Content Knowledge? Contemporary Issues in Technology and Teacher Education, 9(1), 60-70.
Kominfo & Deloitte Consulting. (2021). Roadmap Literasi Digital 2020-2024. Jakarta: Kementerian Komunikasi dan Informatika.
Kominfo. (2022). Budaya Digital Membaik, Indeks Literasi Digital Indonesia Meningkat -Siaran Pers No. 15/HM/KOMINFO/01/2022. Jakarta.
Livingstone, S. (2015). Critical Reflections on the Benefits of ICT in Education. Oxford Review of Education, 38(1), 9-24.
Livingstone, S., Haddon, L., Görzig, A., & Ólafsson, K. (2011). Risks and Safety on the Internet: The Perspective of European Children. London: LSE, EU Kids Online.
Mayer, R. E. (2005). The Cambridge Handbook of Multimedia Learning. New York, NY: Cambridge University Press.
Metzger, M. J., & Flanagin, A. J. (2013). Credibility and trust of information in online environments: The use of cognitive heuristics. Journal of pragmatics, 59, 210-220.
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative Data Analysis: An Expanded Sourcebook (Second Edition). Thousand Oaks, CA: Sage Publications.
Mishra, P., & Koehler, M. J. (2006). Technological Pedagogical Content Knowledge: A Framework for Teacher Knowledge. Teachers College Record, 108(6), 1017-1054.
Mujiono, M. (2024). Digital Literacy: Fundamental Competence for Modern Society. DIDAKTIKA: Jurnal Pemikiran Pendidikan, 30(1), 15-27.
Newman, T., Beetham, H., & Knight, S. (2018). Digital experience insights survey 2018: Findings from students in UK further and higher education. Bristol: Jisc.
Ng, W. (2012). Can We Teach Digital Natives Digital Literacy? Computers & Education, 59(3), 1065-1078.
Putra, A. E., Rohman, M. T., Linawati, L., & Hidayat, N. (2023). Pengaruh Literasi Digital terhadap Kompetensi Pedagogik Guru. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 201-211.
Putri, D. A., & Nanggala, A. (2023). Analisis Penerapan Literasi Digital Dalam Pembelajaran Di SDN 258 Sukarela. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2), 3836-3848.
Rafi, M., JianMing, Z., & Ahmad, K. (2019). Technology integration for students’ information and digital literacy education in academic libraries. Information Discovery and Delivery, 47(4), 203-217.
Ribble, M. (2015). Digital Citizenship in Schools: Nine Elements All Students Should Know (3rd ed.). Eugene, OR: International Society for Technology in Education (ISTE).
Riduwan. (2014). Metode dan Teknik Menyusun Proposal Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Roblyer, M. D., & Hughes, J. E. (2023). Integrating Educational Technology into Teaching: Transforming Learning across Disciplines (9th ed.). New York, NY: Pearson.
Selwyn, N. (2014). Digital Technology and the Contemporary University: Degrees of Digitization. London: Routledge.
Selwyn, N. (2016). Education and Technology: Key Issues and Debates. London: Bloomsbury Publishing.
Setiawan, R. A., Azis, A. A., Kusnanto, N., Haris, M., & Mufidah, H. (2023). Analisis Kompetensi Literasi Digital Guru Pendidikan Agama Islam Sebagai Pendukung Keterampilan Abad 21 Pada Madrasah Tsanawiyah. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2), 3635-3646.
Shurygin, V., Ryskaliyeva, R., Dolzhich, E., Dmitrichenkova, S., & Ilyin, A. (2022). Transformation of teacher training in a rapidly evolving digital environment. Education and Information Technologies, 1-20.
Shute, V. J. (2008). Focus on Formative Feedback. Review of Educational Research, 78(1), 153-189.
Slamet, E., Harapan, E., & Wardiah, D. (2021). Pengaruh literasi digital guru dan motivasi kepala sekolah terhadap keberhasilan belajar di rumah. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 774-778.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sulistyarini, W., & Fatonah, S. (2022). Pengaruh Pemahaman Literasi Digital dan Pemanfaatan Media Pembelajaran Terhadap Kompetensi Pedagogik Guru Era Digital Learning. Journal of Educational Learning and Innovation (ELIa), 2(1), 42-72.
Tasliah, A. L., Nuraeni, A., & Rachman, I. F. (2024). Literasi Digital: Kunci Menuju Pendidikan Berkualitas Melalui Perspektif SDGs 2030. Jurnal Multidisiplin Ilmu Akademik, 1(3), 154-165.
Tondeur, J., van Braak, J., Ertmer, P. A., & Ottenbreit-Leftwich, A. (2017). Understanding the Relationship Between Teachers’ Pedagogical Beliefs and Technology Use in Education: A Systematic Review of Qualitative Evidence. Educational Technology Research and Development, 65(3), 555-575.
Twenge, J. M. (2017). iGen: Why Today’s Super-Connected Kids are Growing Up Less Rebellious, More Tolerant, Less Happy – and Completely Unprepared for Adulthood. New York, NY: Atria Books.
Ulfa, M., Herzamzam, D. A., Ningsih, N. S. P., Yulistianingsih, D., & Ritonga, H. A. (2024). Literasi, Numerasi, dan Adaptasi Teknologi Bagi Guru Sekolah Dasar. NUSANTARA Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 14-24.
Voogt, J., Erstad, O., Dede, C., & Mishra, P. (2013). Challenges to Learning and Schooling in the Digital Networked World of the 21st Century. Journal of Computer Assisted Learning, 29(5), 403-413.
Wardle, C., & Derakhshan, H. (2017). Information Disorder: Toward an Interdisciplinary Framework for Research and Policy Making. Strasbourg: Council of Europe.
Wineburg, S., & McGrew, S. (2016). Evaluating Information: The Cornerstone of Civic Online Reasoning. Stanford History Education Group.
Yuliana, E., Nirmala, S. D., & Ardiasih, L. S. (2023). Pengaruh Literasi Digital Guru dan Lingkungan Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(1), 28-37.
Mubtadi: Jurnal pendidikan ibtidaiyah, adalah jurnal yang tidak berbasis komersial. tetapi memberikan lisensi kepada penulis atas karyanya. naskah penulis yang sudah di muat dapat dibuka oleh siapapun dan dapat diperguanakn oleh siapapun dengan catatan berbagi informasi tanpa dipungut baiaya apapun.