PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK BERBANTUAN CANVA PADA PELAJARAN PPKN DI KELAS IV SD

  • Resvi Dian Pramesti Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten
  • Imas Mastoah Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten
  • Habudin Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten
Abstract views: 46 , PDF downloads: 37
Keywords: Media Pembelajaran, Komik, Canva, PPKn

Abstract

Penelitian pengembangan ini dilatarbelakangi oleh terbatasnya media pembelajaran pada pelajaran PPKn di kelas IV SD. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prosedur pengembangan media pembelajaran komik berbantuan Canva pada pelajaran Pendidikan Pancasila Kewarganegaraan (PKKn), dan untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran komik berbantuan Canva pada pelajaran PPKn materi pola hidup bergotong royong di kelas IV SD. Adapun penelitian dan pengembangan Research and Development (R&D) ini menggunakan model Brog & Gall yang terdiri dari 5 tahap yaitu penelitian dan pengumpulan informasi, pengembangan produk, uji validasi, revisi desain, dan uji coba produk. Media yang dikembangkan divalidasi oleh ahli media, ahli materi, dan ahli bahasa sebelum melakukan uji coba produk kepada guru kelas dan siswa. Adapun hasil analisis data yang dikumpulkan menggunakan angket ahli media, angket ahli materi, angket ahli bahasa, angket guru kelas IV, angket siswa, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun hasil analisis data, bahwa media pembelajaran komik berbantuan Canva dikategorikan Sangat Baik dengan penilaian ahli media 87,8% rata-rata 4,38, ahli materi 95,6% rata-rata 4,78, ahli bahasa 98% rata-rata 4,9, dan dikategorikan Baik dengan penilaian angket guru kelas dengan nilai 74% rata-rata 3,7. Adapun hasil data uji coba produk berdasarkan analisis data yang diuji cobakan kepada siswa melalui angket dengan nilai 91,8% rata-rata 4,59 termasuk dalam kategori sangat baik atau layak digunakan sebagai media pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul Gafur. (2012). Desain Pembelajaran : Konsep, Model, Dan Aplikasinya Dalam Perencanaan Pelaksanaan Pembelajaran. Ombak.

Ambaryani, & Airlanda, G. S. (2017). Pengembangan Media Komik Untuk Efektivitas Dan Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Surya Edukasi, 3(1), 19–28.

Arifin, Z. (2011). Penelitian Pendidikan Metode Dan Paradigma Baru. Pt Remaja Rosdakarya.

Azemi, K., & Hidayat. (2023). Pengembangan Media Komik Pada Tema Lingkungan Sahabat Kita Untuk Siswa Kelas V Sd. Jurnal Inovasi Penelitian, 3(10), 7815–7822.

Daryanto, D. (2016). Media Pembelajaran. Penerbit Gava Media.

Ghufron, Anik. Budiningsih, C. A. H. (N.D.). Pengembangan Pembelajaran Berbasis Nilai-Nilai Budaya Yogyakarta Di Sekolah Dasar. Cakrawala Pendidikan.

Iseu Synthia, P., Nana, H., & Aan Subhan, P. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Hands Move Dengan Konteks Lingkungan Pada Mapel Ips. Terampil: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 6(1), 34–48.

Kurniawati, F. N. A. (2022). Meninjau Permasalahan Rendahnya Kualitas Pendidikan Di Indonesia Dan Solusi. Academy Of Education Journal, 13(1).

Magdalena, I., Haq, A. S., & Ramdhan, F. (2020). Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Di Sekolah Dasar Negri Bojong 3 Pinang. Jurnal Pendidikan Dan Sains, 2(3), 418–430.

Rahmatullah, R., Inanna, I., & Ampa, A. T. (2020). Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Aplikasi Canva. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 12(2), 317–327.

Waluyanto, H. D. (2005). Komik Sebagai Media Komunikasi Visual Pembelajaran. Jurnal Pendidikan, Vol 7, 45–55.

Published
2025-02-23
Section
Articles