ANALISIS TANTANGAN PENGEMBANGAN MEDIA SERTA BAHAN AJAR BERBASIS TEKNOLOGI DALAM PENINGKATAN KOMPETENSI LITERASI DIGITAL SISWA MI


Abstract
Abstrak
Di era digital, proses pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah (MI) tidak lepas dari pengaruh perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. Hal tersebut mendorong guru agar dapat mengintegrasikan teknologi ke dalam proses pembelajaran, termasuk dalam mengmbangkan media dan bahan ajar. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan kajian mendalam terhadap tantangan dalam mengembangkan media serta bahan ajar berbasis teknologi untuk meningkatkan kompetensi literasi digital siswa MI. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan media dan bahan ajar berbasis teknologi di MI masih menghadapi berbagai kendala, termasuk keterbatasan akses teknologi digital akibat infrastruktur yang belum memadai, kurangnya kesiapan dan kompetensi dalam memanfaatkan teknologi, kurikulum yang belum sepenuhnya mendukung pengembangan literasi digital, dan ancaman cyberbullying dan penyalahgunaan data pribadi membahayakan kesejahteraan siswa. Untuk mengatasi berbagai tantangan tersebut, diperlukan kolaborasi aktif dari semua pihak, termasuk pemerintah, sekolah, dan masyarakat. Dengan demikian, integrasi teknologi dalam pembelajaran dapat mencapai tujuan utamanya, yaitu membekali siswa MI dengan kompetensi literasi digital yang memadai untuk menghadapi era digital.
Abstract
In the digital era, the learning process in Islamic elementary schools cannot be separated from the influence of the development of information and communication technology. This encourages teachers to be able to integrate technology into the learning process, including in developing open media and materials. This study aims to conduct an in-depth analysis of the challenges in developing media and technology-based teaching materials to improve the digital literacy competency of Islamic elementary school students. The results of the study indicate that the development of technology-based media and teaching materials in Islamic
elementary schools still faces various obstacles, including limited access to digital technology due to inadequate infrastructure, lack of readiness and competence in utilizing technology, criteria that do not fully support the development of digital literacy, and the threat of cyberbullying and especially personal data endangering student welfare. To overcome these challenges, active collaboration is needed from all parties, including the government, schools, and the community. Thus, integrating technology in learning can achieve its main goal, namely to equip Islamic elementary school students with digital literacy competencies that enable them to face the digital era.
Downloads
References
Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974–980. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3394
Ameliah, R., Negara, R. A., Minarto, B., Manurung, T. M., & Akbar, M. (2022). Status Literasi Digital di Indonesia 2022. Kominfo.
Ameliah, R., Negara, R. A., & Rahmawati, I. (2021). Status Literasi Digital di Indonesia 2021. Kominfo.
Anggeraini, Y., Faridi, A., Mujiyanto, J., & Bharati, D. A. L. (2019). Literasi Digital: Dampak dan Tantangan dalam Pembelajaran Bahasa. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana, 2(1), Article 1.
Ardiansyah, R., Afifah, S. N., & Mahfud, H. (2021). Kesadaran Mengenai Digital Safety di Kalangan Guru Sekolah Dasar. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 5(1), 23. https://doi.org/10.20961/jdc.v5i1.49073
Azzahra, N. F. (2022, July 18). Literasi Digital sebagai Pelindung dari Ancaman Nyata Dunia Maya. ALIANSI INDONESIA DAMAI - AIDA. https://www.aida.or.id/2022/07/10062/literasi-digital-sebagai-pelindung-dari-ancaman-nyata-dunia-maya
Cahyaningrum, V. D., Tambunan, W., & Tampubolon, H. (2023). Pengaruh Efikasi Diri dan Literasi Digital terhadap Komitmen Profesi Guru (Studi Kasus di Sekolah Tarakanita Pluit Jakarta). FONDATIA : Jurnal Pendidikan Dasar, 7(4), 891–902. https://doi.org/10.36088/fondatia.v7i4.4151
Cipta, N. H., Rokmanah, S., & Wijayanti, R. S. (2023). Penggunaan Teknologi Sebagai Media Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3). https://doi.org/10.31004/jptam.v7i3.10410
Fajri, F., Mardianto, M., & Nasution, M. I. P. (2023). Literasi Digital: Peluang dan Tantangan dalam Membangun Karakter Peserta Didik. Intelegensia : Jurnal Pendidikan Islam, 11(1), Article 1. https://doi.org/10.34001/intelegensia.v11i1.5079
Ginting, R. V. B., Arindani, D., Lubis, C. M. W., & Shella, A. P. (2021). Literasi Digital sebagai Wujud Pemberdayaan Masyarakat di Era Globalisasi. Jurnal Pasopati, 3(2). https://doi.org/10.14710/pasopati.2021.10869
Harlita, I., & Ramadan, Z. H. (2024). Peran Komunitas Belajar di Sekolah Dasar dalam Mengembangkan Kompetensi Guru. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(3), Article 3. https://doi.org/10.58230/27454312.989
Inayah, A., Matondang, A. H., Ritonga, D. P., Widia, F., & Nasution, N. S. (2024). Meningkatkan Literasi Digital Siswa di Sekolah Dasar. JURNAL PENDIDIKAN DAN ILMU SOSIAL (JUPENDIS), 2(3), Article 3. https://doi.org/10.54066/jupendis.v2i3.2039
Iskandar. (2019). Tesis: Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Kelas VIII.2 di MTs Negeri Pinrang. IAIN Parepare.
Islami, I., & Dafit, F. (2023). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi di Kelas V SDN 83 Pekanbaru. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(3), Article 3. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i3.1338
Juniarty, S., Asariunnazwa, A. Z., & Rachman, I. F. (2024). Mewujudkan Literasi Digital pada Generasi Z ; Tantangan dan Peluang Menuju Pendidikan Berkualitas SDGS 230. JURNAL MULTIDISIPLIN ILMU AKADEMIK, 1(3), Article 3. https://doi.org/10.61722/jmia.v1i3.1383
Kholil, A. (2021). Kolaborasi Peran serta Orang Tua dan Guru dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Secara Daring. Jurnal Pendidikan Guru, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.47783/jurpendigu.v2i1.191
Kustandi, C., & Darmawan, D. D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran: Konsep & Aplikasi Pengembangan Media Pembelajaran bagi Pendidik di Sekolah dan Masyarakat. Prenada Media.
Maulidia, L., Nafaridah, T., Ahmad, Ratumbuysang, M. F. N. G., & Sari, E. M. K. (2023). Analisis Keterampilan Abad Ke 21 Melalui Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di SMA Negeri 2 Banjarmasin: The Analysis of 21st Century Skills Through the Implementation of the Independent Learning Curriculum at SMA Negeri 2 Banjarmasin. PROSPEK, 2(2), Article 2.
Munthe, A. P., & Naibaho, H. P. (2019). Manfaat dan Kendala Penerapan Tutor Sebaya untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Lentera Harapan Mamit. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(2), Article 2. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i2.p138-147
Mustaufiy, A. S. H. (2023). Peluang dan Tantangan Pengembangan Literasi Digital dalam Pembelajaran Bahasa Arab pada Jenjang Pendidikan Dasar. FASHLUNA, 4(1), Article 1. https://doi.org/10.47625/fashluna.v4i1.492
Pare, A., & Sihotang, H. (2023). Pendidikan Holistik untuk Mengembangkan Keterampilan Abad 21 dalam Menghadapi Tantangan Era Digital. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 27778–27787. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i3.11268
Resti, R., Wati, R. A., Ma’Arif, S., & Syarifuddin, S. (2024). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi sebagai Alat Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Digital Siswa Sekolah Dasar. Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 8(3), Article 3. https://doi.org/10.35931/am.v8i3.3563
Rifa’i, M. R., Prohandono, T., & Bektiarso, S. (2024). PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI DIGITAL SISWA DI ERA MERDEKA BELAJAR. MUBTADI: Jurnal Pendidikan Ibtidaiyah, 5(2), Article 2. https://doi.org/10.19105/mubtadi.v5i2.11514
Ruswan, A., Rosmana, P. S., Nafira, A., Khaerunnisa, H., Habibina, I. Z., Alqindy, K. K., Amanaturrizqi, K., & Syavaqilah, W. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Digital Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 4007–4016. https://doi.org/10.31004/jptam.v8i1.13009
Sabila, N., & Hadi, M. S. (2024). Optimalisasi Penggunaan Teknologi Pembelajaran dalam Meningkatkan Literasi Digital Siswa SMP Muhammadiyah Al Mujahidin. SEMNASFIP, 0, Article 0. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/SEMNASFIP/article/view/24131
Sakti, A. (2023). Meningkatkan Pembelajaran Melalui Teknologi Digital. Jurnal Penelitian Rumpun Ilmu Teknik, 2(2), 212–219. https://doi.org/10.55606/juprit.v2i2.2025
Salsabila, F. N., Agustina, Y., & Rachman, I. F. (2024). Literasi Digital: Peran Guru dan Pendidik dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Digital untuk Mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. JIRS : Jurnal Ilmiah Research Student, 1(5), 342–351.
Saputra, A. H., Sudarwo, R., & Mujiono. (2024). TINGKAT LITERASI DIGITAL MAHASISWA PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR (PGSD) UNIVERSITAS TERBUKA. MUBTADI: Jurnal Pendidikan Ibtidaiyah, 6(1), Article 1. https://doi.org/10.19105/mubtadi.v6i1.15080
Sarah, S. (2024). Analisis Metode Pembelajaran Berbasis Teknologi dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Menengah Pertama Kelas IX SMP Muhammadiyah 22 Pamulang. Seminar Nasional dan Publikasi Ilmiah 2024 FIP UMJ. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/SEMNASFIP/article/view/23788
Sari, M., Elvira, D. N., Aprilia, N., R, S. F. D., & M, N. A. (2024). Media Pembelajaran Berbasis Digital untuk Meningkatkan Minat Belajar pada Pelajaran Bahasa Indonesia. Warta Dharmawangsa, 18(1), Article 1. https://doi.org/10.46576/wdw.v18i1.4266
Setiawati, F. (2022). Dampak Kebijakan Perubahan Kurikulum terhadap Pembelajaran di Sekolah. Nizamul Ilmi, 7(1), 1–17. https://doi.org/10.1042/nizamulilmi.v7i1.124
Sihombing, A. P., Rahardjo, R. S., & Rachman, I. F. (2024). Peran Guru dan Pendidikan dalam Menumbuhkan Literasi Digital dan Mendukung Pembangunan Berkelanjutan. JURNAL MULTIDISIPLIN ILMU AKADEMIK, 1(3), Article 3. https://doi.org/10.61722/jmia.v1i3.1462
Sirait, E. Y., Nugraha, A. C., Laili, F. N., & Rakhmawati, N. A. (2024). Pendidikan Digital: Kunci untuk Melindungi Anak dari Penyalahgunaan Teknologi dan Kejahatan Internet di Indonesia. Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya. https://www.researchgate.net/publication/381800082_PENDIDIKAN_DIGITAL_KUNCI_UNTUK_MELINDUNGI_ANAK_DARI_PENYALAHGUNAAN_TEKNOLOGI_DAN_KEJAHATAN_INTERNET_DI_INDONESIA
Sugiarni. (2022). Bahan Ajar, Media dan Teknologi Pembelajaran. Pascal Books.
Supriyatna, A. P., Hanifah, N., & Isrok’atun, I. (2024). Penerapan Metode Tutor Sebaya dalam Meningkatkan Keterampilan Sosial Siswa Kelas IV SD. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(1), Article 1. https://doi.org/10.62775/edukasia.v5i1.765
Suryani, E. (2023). Implementasi Kolaborasi Guru dan Orang Tua dalam Pembelajaran 5.0: Strategi dan Tantangan dalam Konteks Sekolah Dasar. Jurnal Kependidikan, 8(1), Article 1.
Thong, V., Wulandari, A., Adawiyah, R., Dilla, K., & Maharani, T. (2023). Tinjauan Literatur: Peluang dan Tantangan Pendidikan Berbasis Digital. Jurnal Literasi Digital, 3, 211–220. https://doi.org/10.54065/jld.3.3.2023.368
Ully, C. S., & Nugraheni, N. (2024). Teknologi Berperan Penting dalam Pendidikan Lanjutan Khususnya di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia, 1(3), 133–141. https://doi.org/10.62017/jppi.v1i3.986
Wulandari, T. R. (2022). Analisis Frekuensi Perubahan Kurikulum terhadap Konsistensi Pendidikan. JOIES (Journal of Islamic Education Studies), 7(2), Article 2. https://doi.org/10.15642/joies.2023.7.2.227-252
Yolanda, A., & Pramudyo, G. N. (2024). Literasi Digital sebagai Sarana Mencegah Perilaku Cyberbullying pada Remaja Kota Tangerang di Media Sosial Instagram. Anuva : Jurnal Kajian Budaya, Perpustakaan Dan Informasi, 8(1), 161–172.
Mubtadi: Jurnal pendidikan ibtidaiyah, adalah jurnal yang tidak berbasis komersial. tetapi memberikan lisensi kepada penulis atas karyanya. naskah penulis yang sudah di muat dapat dibuka oleh siapapun dan dapat diperguanakn oleh siapapun dengan catatan berbagi informasi tanpa dipungut baiaya apapun.