PENGARUH SARAPAN PAGI TERHADAP KONSENTRASI BELAJAR SISWA KELAS V DI SEKOLAH DASAR NEGERI 3 PENGASIH


Abstract
Pendidikan merupakan kegiatan pembelajaran yang memiliki tujuan untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, sikap dan nilai-nilai dalam seseorang. Elemen penting dalam Pendidikan adalah Pembelajaran yaitu suatu proses, yaitu proses untuk mengatur, mengorganisasi dan memberikan bimbingan kepada siswa dalam proses belajar. Dalam pembelajaran siswa diharapkan memiliki konsentrasi belajar yang cukup, untuk meningkatkan konsentrasi belajar dapat diperoleh dengan berbagai langkah, contohnya dengan sarapan pagi.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sarapan pagi terhadap konsentrasi belajar siswa kelas V SD Negeri 3 Pengasih. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri 3 Pengasih. Metode yang digunakan metode kuantitatif dengan sampel penelitian berjumlah 26 orang yang diambil dari total populasi dari seluruh siswa SD Negeri 3 Pengasih. Kuesioner digunakan untuk mengumpulkan data untuk penelitian ini.
Data dari hasil analisis uji normalitas menunjukan nilai signifikasi dari variabel sarapan pagi 0,161 > 0,05, sehingga sarapan pagi dan konsentrasi belajar berdistribusi normal karena p-value yang diperoleh melebihi batas signifikasi 0,05 dan hasil dari uji regresi bahwa jika nilai signifikasi < 0,05 maka variabel X (sarapan pagi) berpengaruh terhadap variabel Y (konsentrasi belajar) tabel menunjukan nilai signifikasi sebesar 0,000. sehingga dapat dikatakan bahwa sarapan pagi signifikan terhadap konsentrasi belajar pada siswa kelas V di SD Negeri 3 Pengasih.
Downloads
References
Abin Syamsuddin. (2016). Psikologi Pendidikan. Bandung; Remaja Roosadakarya.
Chyquitita. (2018). Konsentrasi Belajar Dalam Pembelajaran. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Pelita Harapan
Dita & Rio. (2024). Gambaran Kebiasaan Sarapan Anak Sekolah Dasar. Jurnal Dunia Pendidikan. Vol 4 No 4
Hardinsyah & Anwar,k.(2018). Mitos dan Fakta Sarapan. Bogor: Pergizi pangan Indonesia dan Departemen Gizi Masyarakat FEMA IPB
Hartanti. (2018). Hubungan Antara Kebiasaan Sarapan Pagi dan Asupan Zat Gizi Makro Energi dan Protein. Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran EGC
Ibrahim A, dkk. (2018). Metodologi penelitian. Gunadarma Ilmu. https://repositori.uin-alauddin.ac.id/12366/1/BUKU%20METODOLOGI.pdf
Khomsan. (2015). Pangan dan Gizi Untuk Kesehatan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persabda
Khomsan, A. 2019. Analisis Faktor Pemilihan Jajanan , Kontribusi Gizi dan Status Gizi Siswa Sekolah Dasar Factors Analysis of Snack Choice , Nutrition Contribution and Nutritional Status of Primary School Children. Jurnal MKMI, 15(1), hal. 81–90
Nurlinawati, dkk. (2019). Promosi Kesehatan Tentang Pentingnya Sarapan Pagi Bernutrisi Bagi Agregate Anak Sekolah di SDN 205 Kota Jambi
Rahman. (2020). Hubungan Kebiasaan Sarapan Pagi dengan Prestasi Belajar Siswa di SD Negeri 02 Danguang Kab Lima Puluh Kota.
Ramadhani. (2019). Pentingnya Sarapan Pagi Dalam Menunjang Konsentrasi Belajar Siswa di Sekolah. Jurnal : Tata Kelola Pendidikan.
Riduwan. (2014). Metode dan Teknik Penyusunan Proposal Penelitian. Bandung: Alfabeta
Riinawati, R. (2021). Hubungan Konsentrasi Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik pada Masa Pandemi Covid-19 di Sekolah Dasar. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(4), 2305–2312. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.886
Sujarweni. (2014). Metode Penelitian: Lengkap, Praktis, dan Mudah Dipahami. Yogyakarta: Pustaka Baru Press
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sujarweni. (2014). Metode Penelitian: Lengkap, Praktis, dan Mudah Dipahami. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.
Susanto, P., Arini, D., Yuntina, L., Soehaditama, J., & Nuraeni, N. (2024). Konsep Penelitian Kuantitatif: Populasi, Sampel, dan Analisis Data (Sebuah Tinjauan Pustaka). Jurnal Ilmu Multidisplin, 3, 1–12. https://doi.org/10.38035/jim.v3i1.504
Mubtadi: Jurnal pendidikan ibtidaiyah, adalah jurnal yang tidak berbasis komersial. tetapi memberikan lisensi kepada penulis atas karyanya. naskah penulis yang sudah di muat dapat dibuka oleh siapapun dan dapat diperguanakn oleh siapapun dengan catatan berbagi informasi tanpa dipungut baiaya apapun.