PENGARUH SARAPAN PAGI TERHADAP KONSENTRASI BELAJAR SISWA KELAS V DI SEKOLAH DASAR NEGERI 3 PENGASIH

  • Suheni Damastuti IKIP PGRI Wates
  • Linda Dwi Lestari IKIP PGRI Wates
  • Tri Enjang Pertiwi IKIP PGRI Wates
  • Rohmatul Qona'ah IKIP PGRI Wates
  • Novy Trisnani IKIP PGRI Wates
Abstract views: 243 , PDF downloads: 108
Keywords: Konsentrasi Belajar, Pembelajaran, Sarapan Pagi

Abstract

Pendidikan merupakan kegiatan pembelajaran yang memiliki tujuan untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, sikap dan nilai-nilai dalam seseorang. Elemen penting dalam Pendidikan adalah Pembelajaran yaitu suatu proses, yaitu proses untuk mengatur, mengorganisasi dan memberikan bimbingan kepada siswa dalam proses belajar. Dalam pembelajaran siswa diharapkan memiliki konsentrasi belajar yang cukup, untuk meningkatkan konsentrasi belajar dapat diperoleh dengan berbagai langkah, contohnya dengan sarapan pagi.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sarapan pagi terhadap konsentrasi belajar siswa kelas V SD Negeri 3 Pengasih. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri 3 Pengasih. Metode yang digunakan metode kuantitatif dengan sampel penelitian berjumlah 26 orang yang diambil dari total populasi dari seluruh siswa SD Negeri 3 Pengasih. Kuesioner digunakan untuk mengumpulkan data untuk penelitian ini.

Data dari hasil analisis uji normalitas menunjukan nilai signifikasi dari variabel sarapan pagi 0,161 > 0,05, sehingga sarapan pagi dan konsentrasi belajar berdistribusi normal karena p-value yang diperoleh melebihi batas signifikasi 0,05 dan hasil dari uji regresi bahwa jika nilai signifikasi < 0,05 maka variabel X (sarapan pagi) berpengaruh terhadap variabel Y (konsentrasi belajar) tabel menunjukan nilai signifikasi sebesar 0,000. sehingga dapat dikatakan bahwa sarapan pagi signifikan terhadap konsentrasi belajar pada siswa kelas V di SD Negeri 3 Pengasih.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abin Syamsuddin. (2016). Psikologi Pendidikan. Bandung; Remaja Roosadakarya.

Chyquitita. (2018). Konsentrasi Belajar Dalam Pembelajaran. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Pelita Harapan

Dita & Rio. (2024). Gambaran Kebiasaan Sarapan Anak Sekolah Dasar. Jurnal Dunia Pendidikan. Vol 4 No 4

Hardinsyah & Anwar,k.(2018). Mitos dan Fakta Sarapan. Bogor: Pergizi pangan Indonesia dan Departemen Gizi Masyarakat FEMA IPB

Hartanti. (2018). Hubungan Antara Kebiasaan Sarapan Pagi dan Asupan Zat Gizi Makro Energi dan Protein. Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran EGC

Ibrahim A, dkk. (2018). Metodologi penelitian. Gunadarma Ilmu. https://repositori.uin-alauddin.ac.id/12366/1/BUKU%20METODOLOGI.pdf

Khomsan. (2015). Pangan dan Gizi Untuk Kesehatan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persabda

Khomsan, A. 2019. Analisis Faktor Pemilihan Jajanan , Kontribusi Gizi dan Status Gizi Siswa Sekolah Dasar Factors Analysis of Snack Choice , Nutrition Contribution and Nutritional Status of Primary School Children. Jurnal MKMI, 15(1), hal. 81–90

Nurlinawati, dkk. (2019). Promosi Kesehatan Tentang Pentingnya Sarapan Pagi Bernutrisi Bagi Agregate Anak Sekolah di SDN 205 Kota Jambi

Rahman. (2020). Hubungan Kebiasaan Sarapan Pagi dengan Prestasi Belajar Siswa di SD Negeri 02 Danguang Kab Lima Puluh Kota.

Ramadhani. (2019). Pentingnya Sarapan Pagi Dalam Menunjang Konsentrasi Belajar Siswa di Sekolah. Jurnal : Tata Kelola Pendidikan.

Riduwan. (2014). Metode dan Teknik Penyusunan Proposal Penelitian. Bandung: Alfabeta

Riinawati, R. (2021). Hubungan Konsentrasi Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik pada Masa Pandemi Covid-19 di Sekolah Dasar. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(4), 2305–2312. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.886

Sujarweni. (2014). Metode Penelitian: Lengkap, Praktis, dan Mudah Dipahami. Yogyakarta: Pustaka Baru Press

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sujarweni. (2014). Metode Penelitian: Lengkap, Praktis, dan Mudah Dipahami. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Susanto, P., Arini, D., Yuntina, L., Soehaditama, J., & Nuraeni, N. (2024). Konsep Penelitian Kuantitatif: Populasi, Sampel, dan Analisis Data (Sebuah Tinjauan Pustaka). Jurnal Ilmu Multidisplin, 3, 1–12. https://doi.org/10.38035/jim.v3i1.504

Published
2025-02-23
Section
Articles