PELAKSANAAN PEMBELAJARAN AKTIVITAS JUAL BELI PADA PESERTA DIDIK KELAS 6 MI TARBIYATUL ATHFAL MELALUI METODE SOSIO DRAMA

  • Mutik Nur Fadhilah Institut Agama Islam Negeri Madura
  • Fatimatus Zahrah Institut Agama Islam Negeri Madura
  • Nanda Septiana Institut Agama Islam Negeri Madura
  • Leli Lestari Institut Agama Islam Negeri Madura
Abstract views: 19 , PDF downloads: 15
Keywords: Pembelajaran Aktivitas Jual Beli, Metode Sosio Drama

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran aktivitas jual beli dan mengetahui efektivitas penggunaan metode sosio drama dalam pembelajaran aktivitas jual beli pada peserta didik kelas 6 MI Tarbiyatul Athfal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Data primer dalam penelitian ini diperoleh dari wawancara dengan Kepala Sekolah, guru, dan siswa sebagai sumber data utama. Sementara itu, data sekunder meliputi dokumen-dokumen seperti data guru, data siswa, catatan kegiatan, serta dokumen lain yang relevan dengan objek penelitian. Analisis data dilakukan secara sistematis melalui langkah-langkah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pelaksanaan pembelajaran aktivitas jual beli dengan metode sosio drama di kelas 6 MI Tarbiyatul Athfal telah terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep ekonomi dasar, keterampilan sosial, serta nilai-nilai karakter seperti kejujuran dan tanggung jawab. Hasil positif berupa peningkatan keterlibatan siswa hingga 85% dan pemahaman transaksi hingga 80%. Meskipun masih terdapat tantangan dalam pendampingan siswa yang memerlukan bimbingan khusus, diversifikasi skenario dan pelatihan tambahan di masa mendatang dapat memperkuat keberhasilan metode ini sebagai pendekatan pembelajaran yang inovatif dan relevan. Dengan demikian, metode sosio drama tidak hanya meningkatkan kualitas pembelajaran di MI Tarbiyatul Athfal, tetapi juga memberikan kontribusi positif terhadap pengembangan kompetensi siswa dalam kehidupan sehari-hari.

Downloads

References

Arifin, Z. (2017). Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Asmawati, D., Suhartini, R., & Wijaya, D. (2021). Efektivitas Pembelajaran Berbasis Sosiodrama dalam Meningkatkan Karakter Siswa. Jurnal Pendidikan Dasar, 12(2), 45–56.

Creswell, J. W. (2018). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (5th ed.). Thousand Oaks, CA: Sage Publications.

Fadhilah, M. N. U. R., Fawaid, A., & Sulthanul, R. (2024). COMPARISON OF CHARACTER EDUCATION IN THE EDUCATION CURICULUM IN INDONESIA AND MALAYSIA. Mubtadi, 5(2), 164–175.

Hattie, J. (2019). Visible Learning for Teachers: Maximizing Impact on Learning. Routledge.

Husain, A. (2018). Pendidikan Islam: Konsep dan Implementasi. Jakarta: Kencana.

Moleong, L. J. (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Naim, N. (2018). Karakteristik Pendidikan Islam di Era Globalisasi. Bandung: Pustaka Setia.

Nasution, S. (2019). Metode Penelitian Naturalistik-Kualitatif. Jakarta: Tarsito.

Piaget, J. (1954). The Construction of Reality in the Child. Basic Books.

Rahman, A. (2020). "Penerapan Metode Sosio Drama dalam Pendidikan Ekonomi di Madrasah". Jurnal Pendidikan Islam, 15(2), 135-147.

Rahmawati, A. (2020). Penerapan Metode Sosio Drama dalam Pembelajaran Ekonomi. Penerapan Inovasi Pembelajaran, 8(2), 101–110.

Rahmawati, N. (2020). Penerapan Metode Sosio Drama dalam Pembelajaran Ekonomi. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan, 7(1), 45-52.

Santrock, J. W. (2018). Educational Psychology. McGraw-Hill Education.

Sari, D. (2021). Pengaruh Metode Sosio Drama terhadap Keterampilan Sosial Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 8(2), 123-130.

Sari, L. N. (2021). Pengaruh Metode Sosio Drama terhadap Keterampilan Sosial Siswa. Jurnal Pendidikan Karakter, 13(1), 45–55.

Slavin, R. E. (2020). Educational Psychology: Theory and Practice. Pearson.

Sugiyanto. (2013). Metode Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Vygotsky, L. S. (1978). Mind in Society: The Development of Higher Psychological Processes. Harvard University Press.

Wahyu, R. (2022). Pembelajaran Ekonomi di Sekolah Dasar: Teori dan Praktik. Malang: UMM Press.

Published
2025-02-23
Section
Articles