PENGARUH PENDEKATAN BERDIFERENSIASI TERHADAP MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK (PENELITIAN KUANTITATIF DESKRIPTIF DI KELAS IV SDIT ANNUR CILAWU KABUPATEN GARUT)


Abstract
Pendidikan merupakan komponen fundamental dalam pengembangan potensi individu, namun tantangan utama adalah mengakomodasi keragaman gaya, minat, dan kemampuan belajar siswa. Penelitian ini bertujuan mengeksplorasi pengaruh pendekatan berdiferensiasi terhadap minat belajar peserta didik di kelas IV SD IT Annur Cilawu. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan desain penelitian melibatkan 66 siswa yang terbagi dalam kelas eksperimen dan kontrol. Metode pengumpulan data mencakup observasi, wawancara, kuesioner, dan dokumentasi, dengan analisis data menggunakan uji validitas, reliabilitas, normalitas, homogenitas, dan Independent Sample t-Test. Hasil penelitian menunjukkan pendekatan berdiferensiasi diterapkan melalui penyesuaian materi, proses, dan produk pembelajaran sesuai kebutuhan individual siswa. Minat belajar siswa berada pada kategori baik dengan skor rata-rata 3,44. Uji statistik menghasilkan nilai signifikansi 0,005 (<0,05), membuktikan terdapat pengaruh signifikan pendekatan berdiferensiasi terhadap minat belajar. Penelitian menyimpulkan bahwa pendekatan berdiferensiasi efektif meningkatkan minat belajar siswa melalui strategi pedagogis yang responsif dan inklusif. Disarankan bagi sekolah untuk mendukung implementasi pendekatan ini melalui pelatihan guru dan penyediaan sumber daya yang mendukung.
Downloads
References
Alfath, A., Usman, A., & Utomo, A. P. (2023). Analisis Motivasi Belajar Siswa Dalam Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi. Education Journal : Journal Educational Research and Development, 7(2), 132–140. https://doi.org/10.31537/ej.v7i2.1250
Almujab, S. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi: Pendekatan Efektif Dalam Menjawab Kebutuhan Diversitas Siswa. Oikos: Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi, 8, 1–17. http://repo.iain-tulungagung.ac.id/5510/5/BAB 2.pdf
Andajani, K. (2022). Modul Pembelajaran Berdiferensiasi. Mata Kuliah Inti Seminar Pendidikan Profesi Guru, 2.
Effrata. (2021). Landasan Hukum Pendidikan di Indonesia. Meretas: Jurnal Ilmu Pendidikan, 8(2), 113–120.
Fauzi, M. A. R., & Azizah, S. A. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi sebagai Implementasi Paradigma Baru Pendidikan. Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(1), 1–10. https://doi.org/10.47134/jtp.v1i1.38
Fauziyah, S. F., & Rofiki, I. (2024). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. WAHANA PEDAGOGIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(01), 14–26. https://doi.org/10.52166/wp.v6i01.6406
Hutagalung, T. B., & Andriany, L. (2024). Filosofi Pendidikan Yang diusung Oleh Ki Hadjar Dewantara dan Evolusi Pendidikan di Indonesia. Morfologi: Jurnal Ilmu Pendidikan, Bahasa, Sastra Dan Budaya, 2(3), 91–99. https://doi.org/10.61132/morfologi.v2i3.615
Khasanah, I., & Alfiandra. (2023). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(1), 5324–5327.
Lisnawati, L., & Kuntari, S. (2023). Peran Guru dalam Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Menumbuhkan Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Sosiologi. As-Sabiqun, 5(6), 1677–1693. https://doi.org/10.36088/assabiqun.v5i6.4086
Mahdalena, M. (2022). PENGARUH MINAT BELAJAR, DUKUNGAN ORANG TUA DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP PERILAKU BELAJAR SISWA DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA. Kindai, 18(2), 332–351. https://doi.org/10.35972/kindai.v18i2.803
Muzakkir. (2021). Psikologi dalam perspektif pembelajaran. Penerbit IAIN Parepare Nusantara Press, 200.
Nawati, A., & Yulia, Y. (2023). Pengaruh Pembelajaran Berdiferensiasi Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Ipa Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8 (1), 6167–6180.
Pattiasina, P. J. (2024). Buku pedagogi progresif menuju pembelajaran efektif (Issue July).
Rahayu, G. N., Indawati, N., Sari, Y. I., & Alim, R. (2024). Penerapan sistem pembelajaran problem based learning ( PLB ) dalam melihat minat dan hasil belajar pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial. 1(2), 126–139.
Rahmi, I., Nurmalina, N., & Fauziddin, M. (2020). Penerapan Model Role Playing Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar. Journal on Teacher Education, 2(1), 197–206. https://doi.org/10.31004/jote.v2i1.1164
Rakhmah, A. Z., & Pradikto, S. (2025). Pengaruh Metode Pembelajaran yang Efektif terhadap Minat Belajar. Jurnal Bima : Pusat Publikasi Ilmu Pendidikan Bahasa Dan Sastra, Pasal 3.
Sekaran, U., & Bougie, R. (2016). Research Methods for Business: A Skill-Building Approach. John Wiley & Sons Ltd, 34(7), 700–701. https://doi.org/10.1108/lodj-06-2013-0079
Setiawan. (2017). Belajar Dan Pembelajaran Tujuan Belajar Dan Pembelajaran. Uwais Inspirasi Indonesia, August 2017, 200. https://www.coursehero.com/file/52663366/Belajar-dan-Pembelajaran1-convertedpdf/
Sugiyono. (2020). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D.
Susanti, E., Alfiandra, A., Ramadhan, A. R., & Nuriyani, R. (2023). Optimalisasi Pembelajaran Berdiferensiasi Konten dan Proses pada Perencanaan Pembelajaran PPKn. 18(1), 143–153. https://doi.org/10.29408/edc.v18i1.14796
Mubtadi: Jurnal pendidikan ibtidaiyah, adalah jurnal yang tidak berbasis komersial. tetapi memberikan lisensi kepada penulis atas karyanya. naskah penulis yang sudah di muat dapat dibuka oleh siapapun dan dapat diperguanakn oleh siapapun dengan catatan berbagi informasi tanpa dipungut baiaya apapun.