Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Model Numbered Head Together dalam Meningkatkan Hasil Pembelajaran PKn Siswa Kelas VI SDN Tanjung Kecamatan Saronggi
Abstract
Abstrak
Sudah seyogyanya kegiatan belajar mengajar juga lebih mempertimbangkan siswa. Siswa bukan sebuah botol kosong yang bisa diisi dengan muatan-muatan informasi apa saja yang dianggasp perlu oleh guru. Selain itu, alur proses belajar tidak harus berasal dari guru menuju siswa. Siswa bisa juga saling mengajar dengan sesama siswa yang lainnya. Bahkan, banyak penelitian menunjukkan bahwa pengajaran oleh rekan sebaya (peer teaching) ternyata lebih efektif dari pada pengajaran oleh guru. system pengajaran yang memberikan kesempatan kepada anak didik untuk bekerjasama dengan sesame siswa dalam tugas –tugas yang terstruktur disebut sebagai system “ pembelajaran gotong royong” atau cooperative learning” Dalam system ini, guru bertindak sebagai fasilitator. Penelitian ini berdasarkan permasalahn (a) Apakah pembelajaran kooperatif model Numbered Head Together berpengaruhi terhadap hasil belajar PKN ? (b) seberapa tinggi tingkat penguasaan materi pelajaran PKn dengan diterapkannya metode pembelajaran kooperatif model Numbered Head Together. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah (a) ingin mengetahui pengaruh pembelajaran kooperatif model Numbered Head Together terhadap hasil belajar pelajaran PKn setelah diterapkannya pembelajaran kooperatif model Numbered Head Together. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu : rancanan, kegiatan dan pengamatan, refleksi dan r efisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas VI SDN Tanjung Kecamatan Saronggi Kabupaten Sumenp pada semester I Tahun pelajaran 2016-2017 data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (67,44%), siklus II (81,39%), siklus III (94,74%). Simpulan dari penelitian ini adalah metode pembelajaran kooperatif dapat berpengaruh positif terhadap prestasi dan motivasi belajar siswa kelas VI SDN Tanjung Kecamatan Saronggi Kabupaten Sumenp pada semester I Tahun pelajaran 2016-2017 serta model pembelajarasn ini dapat digunakan sebagai salah satu alternative pembelajaran Kewarganegaran
Kata Kunci : Kooperatif, NHT, Hasil Pembelajaran
Downloads
References
Daftar Pustaka
Ali, Muhammad, 1996. Guru Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung. Sinar Baru Algesindo
Arikunto, Suharsimi. 1989. Penilaian Program Pendidikan. Proyek Pengembangan LPTK Depdikbud Dirjen Dikti
Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta; Rikena Cipata
Azhar, lalu Muhammad. 1993. Proses Belajar Mengajar Pendidikan. Jakarta Usaha Nasional
Combs, Arthur. W. 1984. The Profesional Education of Teacher. Alin and Bacon, Inc. Boston
Dareos, Bambang. 1989. Dasar dan Konsep Pendidikan Moral Pancasila. Semarang; Aneka Ilmu
Djamarah, Syaiful Bahri. 2002. Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung : Sinar Baru
Hadi, Sutrisno. 1981. Metodologi Research Yayasan Penerbitan Fakultas Psikologi Universitas Gajah Mada. Yogyakarta.
Hamalik, Oemar. 1992. Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru
Hasibuan. J.J dan moerdjiono. 1998 Proses Belajar mengajar . Bandung : Remaja Rosdakarya
Margono, 1997. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta Rineksa Cipta
Puerwodarminto, 1991. Strategi Belajar Mengajar . Jakarta Bina Aksara
Syah, Muhibbin, 1995. Psikologi Pendidikan , Suatu Pendekatan Baru. Bandung; Remaja Rosdakarya
Usman, Moh. Uzer. 2001. Menjadi Guru Profesional. Bandung. Remaja Rosdakarya.
Mubtadi: Jurnal pendidikan ibtidaiyah, adalah jurnal yang tidak berbasis komersial. tetapi memberikan lisensi kepada penulis atas karyanya. naskah penulis yang sudah di muat dapat dibuka oleh siapapun dan dapat diperguanakn oleh siapapun dengan catatan berbagi informasi tanpa dipungut baiaya apapun.