Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Model Numbered Head Together dalam Meningkatkan Hasil Pembelajaran PKn Siswa Kelas VI SDN Tanjung Kecamatan Saronggi

  • ismail . Dinas Pendidikan Sumenep
Abstract views: 73 , PDF downloads: 38
PDF downloads: 49

Abstract

Abstrak

 

Sudah seyogyanya kegiatan belajar mengajar juga lebih mempertimbangkan siswa. Siswa bukan sebuah botol kosong yang bisa diisi dengan  muatan-muatan  informasi  apa saja yang dianggasp perlu oleh guru. Selain itu, alur proses belajar tidak harus berasal dari guru menuju siswa. Siswa bisa juga saling mengajar dengan sesama siswa  yang lainnya. Bahkan, banyak penelitian menunjukkan bahwa pengajaran  oleh rekan sebaya (peer teaching)  ternyata lebih efektif dari pada pengajaran oleh guru. system pengajaran   yang memberikan  kesempatan kepada anak didik untuk bekerjasama dengan sesame siswa dalam tugas –tugas yang terstruktur disebut sebagai system “ pembelajaran gotong royong” atau  cooperative learning” Dalam  system ini, guru bertindak sebagai fasilitator. Penelitian ini berdasarkan permasalahn (a) Apakah pembelajaran kooperatif model Numbered Head Together berpengaruhi terhadap hasil belajar PKN ? (b)  seberapa tinggi tingkat penguasaan materi pelajaran PKn  dengan diterapkannya metode pembelajaran kooperatif model Numbered Head Together. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah (a) ingin mengetahui pengaruh pembelajaran kooperatif model Numbered Head Together terhadap hasil belajar pelajaran PKn  setelah diterapkannya pembelajaran kooperatif model Numbered Head Together. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research)  sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap  yaitu : rancanan, kegiatan dan pengamatan, refleksi dan r efisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas  VI SDN Tanjung Kecamatan Saronggi Kabupaten Sumenp pada semester I Tahun pelajaran 2016-2017 data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (67,44%), siklus II (81,39%), siklus III (94,74%). Simpulan dari  penelitian ini adalah metode pembelajaran kooperatif dapat berpengaruh positif terhadap prestasi dan motivasi belajar siswa kelas  VI SDN Tanjung Kecamatan Saronggi  Kabupaten Sumenp pada semester I Tahun pelajaran 2016-2017  serta model pembelajarasn  ini dapat digunakan sebagai salah satu alternative pembelajaran Kewarganegaran

 

Kata Kunci          : Kooperatif, NHT, Hasil Pembelajaran

Downloads

Download data is not yet available.

References

Daftar Pustaka

Ali, Muhammad, 1996. Guru Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung. Sinar Baru Algesindo

Arikunto, Suharsimi. 1989. Penilaian Program Pendidikan. Proyek Pengembangan LPTK Depdikbud Dirjen Dikti

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta; Rikena Cipata

Azhar, lalu Muhammad. 1993. Proses Belajar Mengajar Pendidikan. Jakarta Usaha Nasional

Combs, Arthur. W. 1984. The Profesional Education of Teacher. Alin and Bacon, Inc. Boston

Dareos, Bambang. 1989. Dasar dan Konsep Pendidikan Moral Pancasila. Semarang; Aneka Ilmu

Djamarah, Syaiful Bahri. 2002. Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung : Sinar Baru

Hadi, Sutrisno. 1981. Metodologi Research Yayasan Penerbitan Fakultas Psikologi Universitas Gajah Mada. Yogyakarta.

Hamalik, Oemar. 1992. Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru

Hasibuan. J.J dan moerdjiono. 1998 Proses Belajar mengajar . Bandung : Remaja Rosdakarya

Margono, 1997. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta Rineksa Cipta

Puerwodarminto, 1991. Strategi Belajar Mengajar . Jakarta Bina Aksara

Syah, Muhibbin, 1995. Psikologi Pendidikan , Suatu Pendekatan Baru. Bandung; Remaja Rosdakarya

Usman, Moh. Uzer. 2001. Menjadi Guru Profesional. Bandung. Remaja Rosdakarya.

Published
2020-01-27
Section
Articles