Penerapan Layanan Orientasi pada Materi Pengenalan Tata Tertib Sekolah Dalam Upaya Meningkatkan Kedisiplinan Siswa
Abstract
Abstrak
Penelitian yang dilakukan menggunakan pendekatan penelitian tindakan bimbingan konseling (PTBK) dengan subjek penelian siswa kelas X Keperawatan SMK Kesehatan Mulia Husada Sumenep. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, menggunkan instrument berupa RPBK, lembar observasi aktivitas siswa, lembar observasi aktivitas guru BK dan angket respon siswa terhadap penerapan teknik layanan orientasi. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) melalui siklus tindakan bimbingan konseling dapat ditemukan langkah-langkah efektif penerapan layanan orientasi terhadap keisiplinan siswa. (2) Melalui siklus tindakan bimbingan konseling penerapan layanan orientasi terbukti dapat meningkatkan kedisiplinan siswa. Berdasarkan hasil kesimpulan penelitian ini, direkomendasikan: (1) Tujuan pokok layanan orientasi materi tatatertib dapat digunakan untuk mendisiplinkan siswa. Oleh sebab itu guru BK sebagai penyelenggara layanan bimbingan konseling harus mengutamakan proses yang mendukung terciptanya suasana komunikatif, interaktif dan kerja kelompok dalam pelaksanaannya itu. (2) Guru BK masih perlu terus menerus untuk membuktikan penerapan layanan orientasi materi tata tertib sekolah jikalau ada siswa yang kurang disiplin.
Kata Kunci: layanan orientasi, tata tertib, kedisplinan
Downloads
References
DAFTAR PUSTAKA
Asy Mas’udi. 2000. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan(Yogyakarta: PT Tiga Serangkai,.
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Drescher, John. M. 2008. Doing what comes spiritually melakukan buah roh. Jakarta: PT BPK
Gunung Mulia
Hartono, & Soedarmaji, boy. 2006. Psikologi Konseling. Surabaya: UNIVERSITY Press UNIPA
Surabaya.
Jauhari, Muahammad Idris. Tanpa Tahun. Disiplin dan Hidup Berdisiplin. Mutiara Press: Al-Amien Parenduen.
Mulyasa, H. E. 2009. Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Kemandirian Guru dan Kepala Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.
Musaheri. 2004. Perkembangan Peserta Didik untuk memiliki kompetensi pedagogik.Yogyakarta:Pustaka Pelajar
Nurhidayah. 1991. Teknik Pemahaman Individu Non Test. Malang: UM
Nursisto. 2002. Peningkatan prestasi sekolah menengah. Jakarta: Bumi Aksara
Prayitno. 1999. Dasar-Dasar Bimbingan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta
Sani, Yahya, Abdullah. 2004. Mengurus disiplin belajar. UMS. Gramedia
Sutoyo, Agus. 2002. Kiat Sukses Prof. Hembing. Jakarta: Prestasi Insan Indonesia.
Tim Sertivikasi Bimbingan Konseling Uneversitas Negri Surabaya. Modul.
Strategi Konseling (Materi V) dan Modul Konseling Kelompok (Materi VI).Disajikan dalamProgram Diklat Profesi Guru Bidang Studi Bimbingan
Konseling. Surabaya. Unesa
Tohirin, 2006. Psikologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam: Berbasis Integrasi dan Kompetensi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Tutus, Tu’u. 2004. Peran disiplin pada perilaku dan prestasi siswa. Jakarta: Gramedia Widiasarana.
Undang-Undang Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Winkel, W.S. 2007. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Jakarta: Gramedia.
Mubtadi: Jurnal pendidikan ibtidaiyah, adalah jurnal yang tidak berbasis komersial. tetapi memberikan lisensi kepada penulis atas karyanya. naskah penulis yang sudah di muat dapat dibuka oleh siapapun dan dapat diperguanakn oleh siapapun dengan catatan berbagi informasi tanpa dipungut baiaya apapun.