PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE COURSE REVIEW HORAY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS II MI ISLAMIYAH AMBAT TLANAKAN PAMEKASAN
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah mayotitas siswa beranggapan bahwa mata pelajaran matematika merupakan mata pelajaran yang tidak disenangi dan ditakuti dan juga dianggap sebagai mata pelajaran yang rumit dan sulit untuk dipahami. Disamping itu pemilihan metode atau model mengajar oleh guru yang tidak tepat sangat mempengaruhi hasil belajar siswa, seperti model pembelajaran ekspoitori. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas II MI Islamiyah Ambat melaui penerapan model cooperatif learning tipe course review horay dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan model cooperatif learning tipe course review horay.
Penelitian ini dilaksanakan di MI Islamiyah Ambat. Subjek penelitian adalah siswa kelas II MI Islamiyah Ambat Tlanakan Pamekasan, yang berjumlah 20 siswa; 10 siswa dan 10 siswi. Jenis penelitian yang digunakan adalah PTK dengan tahap setiap siklusnya terdiri dari tahap: perencanaan, implementasi tindakan, obsevasi dan interpetasi, analisis dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan teknik non tes. Teknik analisis data berupa analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Alat pengumpulan data yang digunakan berupa lembar observasi dan soal tes formatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model cooperatif learning tipe course review horay dapat meningkatkan hasil belajar matematika. Presentase ketuntasan belajar secara klasikal pada pre test dan post test pada siklus I menunjukkan hasil 20% dan 40% dengan katagori “Kurang Tercapai”, kemudian pada pre tes dan post test siklus II mengalami peningkatan menjadi 55% dan 85% dengan katagori “Baik Sekali”. Adapun faktor pendungkung penerapan model pembelajaran CRH yaitu, keoptimalan guru dalam menerapkan model pembelajaran CRH, penggunaan media pembelajaran, pemberian rewed sebagai bentuk motivasi, menerikkan yel-yel saat proses pembelajaran sangat berpengaruh bagi siswa. Sedangkan faktor penghambat penerapan model pembelajaran CRH yaitu, Kebiasaan siswa yang mengganggu siswa yang lain dapat menghambat jalanya proses pembelajaran, siswa yang nakal biasanya suka membangkang dengan perintah yang diajukan oleh guru, ketika disuruh berdiskusi kelompok, mereka malah tidak melaksanakan perintah dari guru, melainkan malah sibuk mengganggu temannya yang sedang memperhatikan materi yang disampaikan oleh guru maupun menganggu temannya yang bekerja sama/kelompok.
Downloads
References
Daftar Rujukan
Atini, Noor Laila & Ali Mahmudi.“Keaktifan Koopeeratif Learning CRH dan NHT Ditinjau dari Sikap dan Prestasi Belajar Matematika Siswa.” Pythagoras. 2. Desember, 2016.
Aqib, Zainal dkk. Penelitian Tindakan Kelas: untuk Guru, SMP, SMA, SMK. Bandung: CV. Yrama Widya, 2008.
Habibah. Guru kelas II MI Islamiyah Ambat. Wawancara Langsung.10 September 2018.
Majid, Abdul. Strategi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdaskarya, 2014.
Niswati, Eko Mudarofah. ”Upaya Meningkatkan Aktivitas Hasil Kooperatif Tipe Coyrse Model Administrative Review Horay Siswa Kelas XII-1 SMKN I Pugaan Tahun Pelajaran 2014/2015.” Langsat.2. Juli-Desember, 2016.
Rosna, Andi. “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Kooperatif Pada Mata Pelajaran IPA Di Kelas IV SD Terpencil Bainaa Barat.”Kreatif Tadulako Online, 6. t.t.
Somadayo, Samsu. Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2013.
Tisa, Nurpratiwi Rahma dkk. “Peningkatan Aktivitas dan Prestasi Belajar Siswa Melalui Metode Picture And Picture dengan Media Audio Visual Pada Mata Pelajaran Geografi Di Kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Bantar Kawung.” Geoedukasi, 2.Oktober, 2015.
Trianto. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2011.
Wardhani, Igak. Kuswaya Wihardit. Penelitian Tindakan Kelas. Tenggara Selata: Universitas Terbuka, 2015.
Mubtadi: Jurnal pendidikan ibtidaiyah, adalah jurnal yang tidak berbasis komersial. tetapi memberikan lisensi kepada penulis atas karyanya. naskah penulis yang sudah di muat dapat dibuka oleh siapapun dan dapat diperguanakn oleh siapapun dengan catatan berbagi informasi tanpa dipungut baiaya apapun.