Peningkatan Prestasi Belajar PKn Melalui Penerapan Model Pengajaran Terarah Pada Siswa Kelas V SDN Longos III Kecamatan Gapura
Abstract
Abstrak
Perangkat pembelajaran yang menyangkut matri, metode, media alat peraga dan sebagainya harus juga mengalami perubahan kearah pembaharuan ( inovasi). Dengan adanya inovasi tersebut diatas dituntut seorang guru untuk lebih kreatif dan inovatif, terutama dalam menentukan model dan metode yang tepat akan sangat menentukan keberhasilan siswa. Pembelajaran PKn di kelas V SDN Longos III Kecamatan Gapura telah disampaikan dengan baik , namun prestasi belajar siswa kelas V ini masih jauh dari KKM yang diharapkan, oleh karenanya diperlukan suatu penyelesaian melalui penelitian tindakan kelas, dan manakala selesai pelaksanaan penelitian ini KKM yang telah ditentutukan telah tercapai atau lebih. Penelitian ini berdasarkan permasalahn (a) Bagaimanakah peningkatan prestasi belajar PKn dengan diterapkannya model Pengajaran Terarah pada siswa kelas V SDN Longos III Kecamatan Gapura Kabupaten Sumenep, semester II tahun pelajaran 2015-2016 (b) Bagaimanakah pengaruh Model Pengajaran Terarah terhadap motivasi belajar PKn pada siswa kelas kelas V SDN Longos III Kecamatan Gapura Kabupaten Sumenep, semester II tahun pelajaran 2015-2016. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah (a) ingin mengetahui peningkatan prestasi belajar PKn setelah diterapkannya model Pengajaran Terarah(b) Ingin mengetahui pengaruh motivasi belajar PKn setelah diterapkan model pengajaran Terarah. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu : rancanan, kegiatan dan pengamatan, refleksi dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelaskelas V SDN Longos III Kecamatan Gapura Kabupaten Sumenep, semester II tahun pelajaran 2015-2016 Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (73,17%), siklus II (82,93%), siklus III (95,12%), Penelitian selanjutnya tidak perlu dilaksanan karena KKM telah tercapai. Kesimpulan dari penelitian ini adalah metode pembelajaran kooperatif dapat berpengaruh positif terhadap prestasi dan motivasi belajar siswa kelas V SDN Longos III Kecamatan Gapura Kabupaten Sumenep, serta model pembelajarasn ini dapat digunakan sebagai salah satu alternative pembelajaran PKn.
Kata Kunci : Prestasi, Pengajaran, Terarah
Downloads
References
Daftar Pustaka
Ali, Muhammad, 1996. Guru Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung. Sinar Baru Algesindo
Arikunto, Suharsimi. 1989. Penilaian Program Pendidikan. Proyek Pengembangan LPTK Depdikbud Dirjen Dikti
Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta; Rikena Cipata
Azhar, lalu Muhammad. 1993. Proses Belajar Mengajar Pendidikan. Jakarta Usaha Nasional
Combs, Arthur. W. 1984. The Profesional Education of Teacher. Alin and Bacon, Inc. Boston
Dareos, Bambang. 1989. Dasar dan Konsep Pendidikan Moral Pancasila. Semarang; Aneka Ilmu
Djamarah, Syaiful Bahri. 2002. Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung : Sinar Baru
Hadi, Sutrisno. 1981. Metodologi Research Yayasan Penerbitan Fakultas Psikologi Universitas Gajah Mada. Yogyakarta.
Hamalik, Oemar. 1992. Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru
Hasibuan. J.J dan moerdjiono. 1998 Proses Belajar mengajar . Bandung : Remaja Rosdakarya
Margono, 1997. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta Rineksa Cipta
Puerwodarminto, 1991. Strategi Belajar Mengajar . Jakarta Bina Aksara
Syah, Muhibbin, 1995. Psikologi Pendidikan , Suatu Pendekatan Baru. Bandung; Remaja Rosdakarya
Usman, Moh. Uzer. 2001. Menjadi Guru Profesional. Bandung. Remaja Rosdakarya.
Mubtadi: Jurnal pendidikan ibtidaiyah, adalah jurnal yang tidak berbasis komersial. tetapi memberikan lisensi kepada penulis atas karyanya. naskah penulis yang sudah di muat dapat dibuka oleh siapapun dan dapat diperguanakn oleh siapapun dengan catatan berbagi informasi tanpa dipungut baiaya apapun.