Peningkatan Kemampuan Membaca Cepat Siswa Kelas VI Melalui Penerapan Pembelajaran Kontekstual Eleven Authentic Assessment di SDN Pakamban Laok Kecamatan Pragaan
Abstract
Abstrak
Kecepatan dan pemahaman dalam membaca sebuah teks masih sangat kurang maksimal dibandingkan dengan sekolah yang lain. Kecepatan membaca siswa Kelas VI SDN Pakamban Laok Kecamatan Pragaan masih dalam tingkat lambat, yaitu berkisar antara 90-170 kata per menit. Demikian pula dengan pemahaman bacaan hanya mampu memahami sebesar 60%. Selain itu. Berdasrkan rumusan masalah dalam penelitian ini ádalah (1) Bagaimanakah peningkatan kemampuan membaca cepat siswa Kelas VI SDN Pakamban Laok Kecamatan Pragaan dengan menerapkan pembelajaran kontekstual elemen authentic assessment ? (2) Bagaimanakah perubahan perilaku siswa Kelas VI dengan diadakan membaca cepat dengan pembelajaran kontekstual elemen authentic assessment ? Sedangkan Tujuan yang diharapkan dapat tercapai dalam penelitian ini adalah (a) Mendeskripsikan peningkatan kemampuan membaca cepat siswa Kelas VI setelah menerapkan pembelajaran kontekstual elemen authentic assessment. (b) Mendeskripsikan perubahan perilaku siswa Kelas VI setelah diadakan membaca cepat dengan pembelajaran kontekstual elemen authentic assessment. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Rancangan penelitian disusun dalam satuan siklus secara berdaur, yang meliputi (1) perencanaan, mendeskripsikan strategi pembelajaran yang dikembangkan untuk memecahkan masalah yang telah ditetapkan, dengan strategi pembelajaran mulai dari awal sampai akhir, (2) pelaksanaan, dalam hal ini memuat penjelasan rencana strategi pembelajaran yang disusun, (3) observasi, merupakan instrumen pengumpul data dan cara menggunakannya, dan (4) perefleksian, kegiatan perefleksian dilakukan setiap akhir siklus yang kemudian dijadikan dasar penentuan tindakan suatu siklus berikutnya. Tahap pelaksanaan dilaksanakan secara kolaboratif antara peneliti dan guru kelas. Berdasarkan analisa pada siklus I para siswa mencapai rata-rata 73,08 %, termasuk kategori baik, sedangkan pada siklus II mencapai rata-rata 82,05 %. Dalam aspek pemahaman para siswa mengalami kenaikan sebesar 8,97(12,27%).
Kata Kunci : Membaca cepat, Kontekstual, EAA
Downloads
References
DAFTAR PUSTAKA
Depdiknas. 2002. Pendekatan Kontekstual. Jakarta: Dirjen Pend.Dasar dan Menengah.
Depdiknas. 2003a. Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah: Pembelajaran dan Pengajaran Kontekstual. Jakarta:Dirjen Pend. Dasar dan Menengah.
------------- 2003b. Standar Kompetensi Mata Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Sekolah Menengah Pertama dan Madrasah Tsanawiyah. Jakarta: Dirjen Pend. Dasar dan Menengah.
Hernowo.2003. Quantum Reading. Bandung: MLC.
Nurhadi. 1987. Membaca Cepat dan Efektif. Bandung: CV Sinar Baru.
Puskur. 2002. Penilaian Berbasis Kelas. Jakarta: Dirjen Pend. Dasar dan Menengah.
Sihabudin.1998. Perbedaan KEM Kelas 6 SD dari Teks Buku Pelajaran Bahasa Jawa Terbitan Aneka Ilmu yang sesuai dengan yang tidak sesuai Tingkat Keterbacaannya. Skripsi.Semarang:Jurusan Sastra Indonesia.
Soedarso.2002. Sistem Membaca Cepat dan Efektif. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Suyatmi. 1984. Keterampilan Membaca I. Surakarta: UNS Press.
Tarigan, Henry Guntur. 1987. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa
Mubtadi: Jurnal pendidikan ibtidaiyah, adalah jurnal yang tidak berbasis komersial. tetapi memberikan lisensi kepada penulis atas karyanya. naskah penulis yang sudah di muat dapat dibuka oleh siapapun dan dapat diperguanakn oleh siapapun dengan catatan berbagi informasi tanpa dipungut baiaya apapun.