STUDI KORELASI SERTIFIKASI GURU DENGAN PROFESIONALISME GURU DI MI MIFTAHUL ULUM JARIN PADEMAWU PAMEKASAN
Abstract
ABSTRAK: Sertifikasi merupakan salah satu terobosan untuk meningkatkan profesionalisme guru. Hal ini sama seperti yang dilakukan oleh guru bersertifikasi di Mi Miftahul Ulum Jarin Pademawu Pamekasan yang sebagian besar telah mengikuti sertifikasi. Berdasarkan latar belakang tersebut penulis mengajukan sebuah penelitian dengan judul “Studi korelasi sertifikasi guru dengan profesionalisme guru di MI Miftahul Ulum Jarin Pademawu Pamekasan”. Ada dua permasalahan yang menjadi kajian pokok dari penelitian ini yaitu: pertama, adakah hubungan sertifikasi guru dengan profesionalisme guru di MI Miftahul Ulum Jarin Pademawu Pamekasan; kedua, seberapa besar hubungan sertifikasi guru dengan profesionalisme guru di MI Miftahul Ulum Jarin Pademawu Pamekasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sedangkan subjek dalam penelitian ini ialah guru bersertifikasi yang berjumlah 13 orang. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah angket, observasi dan dokumentasi. Selain itu teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data statistik korelasional product-moment. Dari hasil data yang menggunakan metode statistic dengan rumus product moment diperoleh angka sebesar 0,6398. Dengan demikian maka hipotesis kerja diterima. Untuk mengetahui seberapa besar korelasi antara sertifikasi guru dengan profesionalisme guru di MI Miftahul Ulum Jarin Pademawu Pamekasan, diketahui “r” kerja yang diperoleh yakni 0,6398. Kemudian dikonsultasikan dengan tabel interval nilai “r” product moment yaitu nilai “r” kerja 0,6398 berada diantara angka 0,600-0,799 dengan interpretasi kuat/tinggi.
Kata Kunci : Sertifikasi Guru, Profesionalisme Guru
ABSTRACT: Certification is one of the breakthroughs to improve teacher professionalism. This is the same as what has been done by certified teachers at Mi Miftahul Ulum Jarin Pademawu Pamekasan, who have mostly been certified. Based on this background the authors propose a study entitled "Study the correlation of teacher certification with teacher professionalism at MI Miftahul Ulum Jarin Pademawu Pamekasan". There are two main issues that become the main study of this research: first, is there a relationship between teacher certification and teacher professionalism at MI Miftahul Ulum Jarin Pademawu Pamekasan; second, how big is the relationship between teacher certification and teacher professionalism at MI Miftahul Ulum Jarin Pademawu Pamekasan. This study uses a quantitative approach. While the subjects in this study were 13 certified teachers. The instruments used in data collection were questionnaires, observations and documentation. Besides the data analysis technique used is the product-moment correlational statistical data analysis. From the results of data using the statistical method with the product moment formula obtained figures of 0.6398. Thus the working hypothesis is accepted. To find out how big is the correlation between teacher certification and teacher professionalism at MI Miftahul Ulum Jarin Pademawu Pamekasan, it is known that the "r" of work obtained is 0.6398. Then consult with the interval table "r" product moment value that is the value of "r" work 0.6398 are between the numbers 0.600-0.799 with strong / high interpretation
Keywords: Teacher Certification, Teacher Professionalism
Downloads
References
DAFTAR RUJUKAN
Ardiansyah, Andre. Kamus Lengkap Yunior 66 Milyar. Surabaya: Pustaka Agung Harapan.
Azwar1, Khairul dan Yusrizal2, Murniati. Pengaruh Sertifikasi dan Kinerja Guru Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa di SMP Negeri 2 Banda Aceh. Jurnal Administrasi Pendidikan Pascasarjana Universitas Syiah Kuala, 2, 3 Vol, Mei 2015.
Kunandar Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: Rajawali Pres, 2011.
Muslich, Masnur. Sertifikasi Guru Menuju Profesionalisme Pendidik. Jakarta: Bumi Aksara, 2007.
Siswanto, Etika Profesi Guru Pendidikan Agama Islam, Surabaya: salsabila, 2013.
Suprihatiningrum, Jamil. Guru Profesional Pedoman Kinerja, Kualifikasi, & Kompetensi Guru. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2013.
Undang-undang nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, Dewan Pendidikan Kabupaten Sumenep 2006.
Yusutria, “Profesionalisme Guru Dalam Meningkatkan Kualitas Sumberdaya Manusia” Jurnal Curriculla, Vol 2, No. 1, 2017.
Mubtadi: Jurnal pendidikan ibtidaiyah, adalah jurnal yang tidak berbasis komersial. tetapi memberikan lisensi kepada penulis atas karyanya. naskah penulis yang sudah di muat dapat dibuka oleh siapapun dan dapat diperguanakn oleh siapapun dengan catatan berbagi informasi tanpa dipungut baiaya apapun.