Penerapan Metode Diskusi Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Menjumlahkan Dan Mengurangkan Bentuk Pecahan Biasa Yang Perpenyebut Tidak Sama di Kelas V SDN Kalianget Barat IV Kec. Kalianget Kab. Sumenep
Abstract
Dalam pengajaran Matematika, ketepatan dalam penggunaan metode pengajaran sangat mempengaruhi hasil belajar Matematika ang dicapai oleh siswa. Banyak metode pengajaran yang bisa dikembangkan dalam kegiatan belajar-mengajar. Misalnya: metode ceramah, metode diskusi, metode demonstrasi, metode tanya-jawab, metode pemberian tugas, dan lain-lain. Setelah melihat hasil evaluasi dan refleksi terhadap pembelajaran. Penjumlahan dan pengurangan bentuk pecahan biasa yang berpenyebut tidak sama dengan metode diskusi pada siklus I, menunjukkan pembelajaran belum efektif dan masih perlu dilakukan perubahan pada rencana perbaiakan pembelajaran (pada siklus II) berdasrkan kelemahan siklus I. Hasil peneamatan terhadap peran guru dalam pembelajaran di kelas pada kegiatan : Pada tahap pradiskusi, apersepsi yang diberikan guru sudah dapat membangkitkan motivasi siswa, dan guru sudah siap dengan perencanaan yang akan mengkondisikan pembelajaran. Pada tahap diskusi, guru sudah dapat mengarahkan jalannya pembelajaran sesuai yang direncanakan, dan guru sudah dapat menjadi fasilitator dalam menanggapi kesulitan-kesulitan siswa. Pada setelah diskusi guru sudah nampak memberikan aploug dan penguatan terhadap unjuk kerja siswa, dan guru sudah menilai dan sudah dapat mengukur kemampuan siswa setelah pembelajaran. Dari basil revaluasi dan refleksi terhadap pembelajaran pembelajaran Penjumlahan dan pengurangan bentuk pecahan biasa yang berpenyebut tidak sama dengan metode diskusi pada siklus II, terjadi peningkatan motivasi, perhatian, dan keaktifan siswa dalam pembelajaran dengan pendekatan metode diskusi. Hasil skor siswa setelah mengerjakan soal penjumlahan dan pengurangaa bentuk pecahan biasa yang berpenyebut tidak sama juga terjadi peningkatan.
Kata Kunci : Diskusi, Menjumlahkan, Mengurangkan
Downloads
References
Daftar Pustaka
Dimyati dan Mojiono. 1999. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Djamarah S.B dan Zain. 1969. Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta, Jakarta.
KKG dan KKPS. 2004. Kurikulum SDM 2004. Jakarta: Depdikbud.
Nurgiyantoro, B. 1987. Penilaian dalam Belajar Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: BPEE.
Sudjana, N. 2000. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru
Sudwiyanto, dkk. 2003. Terampil Berhitung V. Jakarta: Erlangga
Uzer, M.U. 1996. Menjadi guru professional. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Wardani. I.G.A.K. 2002. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta. Universitas Terbuka
Mubtadi: Jurnal pendidikan ibtidaiyah, adalah jurnal yang tidak berbasis komersial. tetapi memberikan lisensi kepada penulis atas karyanya. naskah penulis yang sudah di muat dapat dibuka oleh siapapun dan dapat diperguanakn oleh siapapun dengan catatan berbagi informasi tanpa dipungut baiaya apapun.