Peningkatan Prestasi Belajar Matematika (Bangun Ruang) Melalui Penggunaan Media Benda Asli Pada Siswa Kelas V SDN Trasak III Kecamatan Larangan Kab. Pamekasan

  • Minarni Hamdani
Abstract views: 145 , PDF downloads: 84

Abstract

Abstrak

 

Dalam pembelajaran matematika agar mudah dimengerti oleh siswa, proses penalaran induktif dapat dilakukan pada awal pembelajaran dan kemudian dilanjutkan dengan proses penalaran deduktif untukk menguatkan pemahaman yang sudah dimiliki oleh siswa Kelas V SDN Trasak II Kecamatan Larangan  . Pembelajaran matematika memerlukan media yang sesuai, agar dapat meminimalkan sumber belajar secara maksimal, baik oleh guru maupun oleh peserta didik. Berdasarkan pengamatan, siswa VI SDN Trasak II Kecamatan Larangan   dalam pembelajaran pada siklus pertama prestasi belajar siswa rata-rata 63,93 dan pada sikklus I yang tuntas ada 13 siswa (39,4%) yang tidak tuntas ada 20 siswa (60,6%). Berdasarkan pengamatan, siswa dalam pembelajaran pada siklus kedua prestasi belajar siswa rata-rata 69,39 dan pada siklus kedua yang tuntas ada 19 siswa (57,6%) yang tidak tuntas ada 14 siswa (42,4%). Berdasarkan pengamatan, siswa dalam pembelajaran pada siklus ketiga prestasi belajar siswa rata-rata 76,36 dan pada siklus ketiga yang tuntas ada 29 siswa (87,9%) yang tidak tuntas ada 4 siswa (12,1%). Berdasarkan hasil pengamatan menunjukkan bahwa selama kegiatan belajar mengajar pada siklus pertama tanggapan siswa dalam memperhatikan penjelasan umum tentang media pembelajaran bangun ruang berkriteria cukup, pada siklus kedua tanggapan siswa dalam memperhatikan penjelasan umum tentang media pembelajaran bangun ruang berkriteria baik, keterlibatan siswa dalam kelompok berkriteria cukup, keberanian siswa dalam mengemukakan pendapat berkriteria cukup, kemampuan siswa dalam berkomunikasi dengan teman berkriteria cukup, kerjasama dalam kelompok berkriteria cukup, kesungguhan siswa dalam mengerjakan tugas secara kelompok berkriteria cukup, serta kemampuan siswa dalam menjelaskan hasil kerja kelompok di depan kelas berkriteria cukup. Selama kegiatan belajar mengajar pada siklus ketiga tanggapan siswa dalam memperhatikan penjelasan umum tentang media pembelajaran bangun ruang berkriteria baik, keterlibatan siswa dalam kelompok berkriteria baik, keberanian siswa dalam bertanya berkriteria baik, keberanian siswa dalam mengemukakan pendapat berkriteria baik, kemampuan siswa dalam berkomunikasi dengan teman berkriteria baik, kerjasama dalam kelompok berkriteria baik, kesungguhan siswa dalam mengerjakan tugas secara kelompok berkriteria baik, serta kemampuan siswa dalam menjelaskan hasil kerja kelompok di depan kelas berkriteria baik.

 

Kata Kunci    :  Prestasi, Media, Benda 

Downloads

Download data is not yet available.

References

DAFTAR PUSTAKA

Arikunto, Suharsimi. 2005. Dasar-Dasar Evamaterii Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Budijastuti, Widowati. 2001. Strategi Pembelajaran Dalam Pelatihan. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

Departemen Pendidikan Nasional. 2006. Standar Kompetensi SD Kelas V. Jakarta: Pusat Kurikulum, Balitbang Depdiknas.

Departemen Pendidikan Nasional. 2009. Kalender Pendidikan Nasional.

Http://www.depdiknas.go.id/inlink.php?to=kalender

Dinas Pendidikan Kabupaten Sidoarjo. 2006. Materi Pengembangan Profesi Guru Tahun 2006. Sidoarjo: Dinas Pendidikan Kabupaten Sidoarjo

Roestiyah. 2001. Strategi Belajar Mengajar. Jaskarta: PT. Rineka Cipta.

Rohani, Ahmad. 2004. Pengelolaan Pengajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Soekowati, July Tri. 2006. Pengembangan Bahan Ajar Sains Biologi dengan Pendekatan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jagsaw Ssiswa Kelas V SMP Negeri 1 Gedangan Kabupaten Sidoarjo. Tesis. Surabaya: UNIPA

Sugiono. 2004. Statistik untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta

Suharta, I Gusti Putu. 2001. Matematika Realistik : Apa dan Bagaimana? Jakarta:DepartemenPendidikanNasional.Http://www.depdiknas.go.id/jurnal/38/Matematika%20Realistik.htm

Sekolah Indonesia. 2005Mading.http://www.sekolahindonesia.com/sidev/mading

/mading.asp?iid_Mading=72&iid

Published
2020-03-02
Section
Articles