PENERAPAN LAYANAN ORIENTASI MATERI TATAKRAMA PERGAULAN UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN PENGEMBANGAN SOSIAL SISWA SMPN 1 SUMENEP
Abstract
Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa siswa masih terlihat kurang bisa bergaul dan setia terhadap temannya sendiri, itu terjadi di SMPN 1 Sumenep. Siswa sulit memahami pentingnya sikap sosial terhadap temannya seutuhnya, yang terjadi justru tidak ada keharmonisan dan kondusifitas dalam kelas. Akibatnya, siswa dinilai kurang memiliki keakraban dalam bersahabat . Maka penelitian ini bertujuan untuk, 1) menggambarkan sikap sosial siswa, 2) menguraikan pelaksanaan layanan orientasi dalam mengatasi lemahanya sikap sosial siswa, 3) menjelaskan hasil dari layanan orientasi terhadap sikap sosial siswa.
Penelitian yang dilakukan menggunakan pendekatan penelitian tindakan bimbingan konseling (PTBK) dengan subjek penelian siswa kelas VIII SMPN 1 Sumenep. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, menggunakan instrument berupa RPBK, lembar observasi aktivitas siswa, lembar observasi aktivitas peneliti dan angket respon siswa terhadap penerapan teknik layanan orientasi.
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) melalui siklus tindakan bimbingan konseling dapat ditemukan langkah-langkah efektif penerapan layanan orientasi terhadap pengembangan sosial siswa. (2) Melalui siklus tindakan bimbingan konseling penerapan layanan orientasi terbukti dapat meningkatkan sikap sosial siswa.
Berdasarkan hasil kesimpulan penelitian ini, direkomendasikan: (1) Tujuan pokok layanan orientasi materi tata krama pergaulan dapat digunakan untuk memberikan pemahaman dan pengembangan sikap sosial siswa. Oleh sebab itu guru BK sebagai penyelenggara layanan bimbingan konseling harus mengutamakan proses yang mendukung terciptanya suasana komunikatif, interaktif dan kerja kelompok dalam pelaksanaannya itu. (2) Guru BK/calon guru BK masih perlu terus menerus untuk membuktikan penerapan layanan orientasi materi tata krama pergaulan jikalau ada siswa yang kurang bersikap sosial.
Kata kunci: layanan orientasi, tata krama, pergaulan, pemahaman pengembangan sosial.
Downloads
References
Daftar Pustaka
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek.
Jakarta: Rineka Cipta.
Chaplin. 1984. Kamus lengkap Psikologi. Solo: PT Raja Grafindo Persada
David, Sears. 2004. Psikologi Sosial. Jakarta. PT. Gramedia Pustaka Umum
Farozin, H.M. dan Fathiyah. Kartika Nur. ( 2004 ) Sikap Sosial Anak. Jakarta
Rineka Cipta.
Lazarus, Richard. 2001. Patern of adjustmentmcraw_hill. Newyork
Lubis, Nimita, S. T. 1999. Perkembangan Anak Usia Sekolah. Jakarta : PT.
Grafika Multi Warna
Musaheri. 2005. Perkembangan peserta didik untuk memiliki kompetensi
pedagogik. Yogyakarta: Rineka Cipta Karya
Nurhidayah. 1991. Teknik Pemahaman Individu Non Test. Malang: UM
Nursalim, Mochamad. 2002. Layanan bimbingan dan konseling. Surabaya:
UNESA PRESS
Nurseno. 2004. Kompetensi Dasar Sosiologi. Solo: PT. Tiga Serangkai
Prayitno dan Amti. 2004. Dasar-Dasar Bimbingan Konseling. Jakarta: Rineka
Cipta
Tilaar, H. A. R. 2001. Manajement Pendidikan Nasional. Bandung: PT Remaja
Rosda karya.
Tim Sertivikasi Bimbingan Konseling Uneversitas Negri Surabaya. Modul.
Strategi Konseling (Materi V) dan Modul Konseling Kelompok (Materi VI).Disajikan dalamProgram Diklat Profesi Guru Bidang Studi Bimbingan
Konseling. Surabaya. Unesa
Usman, Mohammad, Uzer dan Lilis Setiawati,. 1997. Upaya Optimalisasi
kegiatan belajar mengajar. Bandung: Remaja Rosda Karya
Mubtadi: Jurnal pendidikan ibtidaiyah, adalah jurnal yang tidak berbasis komersial. tetapi memberikan lisensi kepada penulis atas karyanya. naskah penulis yang sudah di muat dapat dibuka oleh siapapun dan dapat diperguanakn oleh siapapun dengan catatan berbagi informasi tanpa dipungut baiaya apapun.