Penerapan Reward dan Punishment Dalam Meningkatkan Semangat Belajar Siswa di SDI-Terpadu Al-Azhar Kelurahan Kowel Kecamatan Pamekasan Kabupaten Pamekasan
Abstract
Abstract
Human is the individual and social creatures. Human can not separate from other human in their relationship as social creature. Human will always live together based on their character. So that, there is such an interaction in this life. Therefore in human’s activities, there will always a process of interaction or communication either the interaction with nature, human, or the interaction with their God intentionally or not. One of the interaction which is exist is the educative interaction. It is the interaction that occurs to aim education and teaching. In the process of teaching learning, one of the central is the students who has various characters. There is a student who is easy to be controlled, some of them are diligent, and some other are very lazy to study. Some of them study to reach progressive and some other just want to avoid a punishment. Based on this case, this research want to explore the effectiveness of kinds of reward and punishment in the process of learning especially in SDI-Terpadu al-Azhar Kelurahan Kowel Kecamatan/Kabupaten Pamekasan. This research include to descriptive research and using Qualitative approach. From the result of research which is writer write, the innovation is there are some kinds of reward and punishment which is given by teacher to increase students’ learning motivation. There are some various effectiveness in giving reward and punishment to students’ learning motivation and this reward and motivations are done everytime when they need it.
Keywords: Reward and Punishment. Spirit of Students’ Learning
Abstrak
Manusia adalah makhluk individu dan mahluk sosial. Dalam hubungannya dengan manusia sebagai mahluk sosial, terkandung suatu maksud bahwa manusia bagaimanapun juga tidak dapat terlepas dari individu yang lain. Secara kodrati manusia akan selalu hidup bersama. Dalam kehidupan semacam inilah terjadi interaksi. Dengan demikian kegiatan hidup manusia akan selalu dibarengi dengan proses interaksi atau komunikasi, baik interaksi dengan alam lingkungan, interaksi dengan sesamanya, maupun dengan tuhannya, baik itu disengaja maupun tidak disengaja, salah satu bentuk interaksi yang ada adalah interaksi edukatif ialah interaksi yang berlangsung dalam suatu ikatan untuk tujuan pendidikan dan pengajaran. dalam interaksi belajar mengajar salah satu sentralnya ialah siswa, dimana sering dijumpai siswa dengan karakter yang beragam. Ada siswa yang mudah dibina dan ada yang sulit dibina, sebagian giat belajar dan sebagian lain sangat malas belajar, sebagian mereka belajar untuk maju dan sebagian lain belajar hanya untuk terhindar dari hukuman. Berdasarkan hal sebagaimana tersebut di atas penelitian ini bermaksud untuk mengeksplorasi berbagai bentuk reward dan funisment serta efektifitasnya dalam kegiatan pembelajaran khususnya di SDI-Terpadu al-Azhar Kelurahan Kowel Kecamatan/Kabupaten Pamekasan. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian deskriptif Adapun pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Dari hasil penelitian yang penulis lakukan, diperoleh beberapa temuan bahwa di SDI-Terpadu al-Azhar Kelurahan Kowel Kecamatan/Kabupaten Pamekasan ada beberapa macam bentuk reward dan punishment yang diberikan oleh para guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa, ada efektifitas yang bervariasi dalam pemberian reward dan punishment terhadap motivasi belajar siswa, serta reward dan punishment tersebut diberlakukan setiap saat jika dibutuhkan.
Kata Kunci: Reward dan Punishment, Semangat Belajar SiswaDownloads
References
DAFTAR PUSTAKA
Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Rineka Cipta, 2006.
Buna'i. Metodologi Penelitian Pendidikan, Pamekasan: STAIN Pamekasan Press, 2006.
Djamarah, Syaiful Bahri. Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif, Jakarta: Rineka Cipta, 2010.
------------------------------. Psikologi Belajar, Jakarata: Rineka Cipta, 2011.
Margono, S. Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta, 2007.
Moleong, Lexi J. Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosda Karya, 2007.
Purwanto, Ngalim. Ilmu Pendidikan Teoritis Dan Praktis, Bandung: Remaja Rosdakarya, 1998.
Ramayulis & Samsul Nizar. Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Kalam Mulia, 2011.
Ramayulis. Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Kalam Mulia, 2010.
Sardiman. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2012.
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D, Bandung: Alfa Beta, 2010.
Sukadi. Guru Powerful, Guru Masa Depan, Bandung: Kolbu, 2006.
Suwarno. Pengantar Umum Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta, 1992.
Yusuf, Mochamad. Obrolan di Bawah Rindangnya Cemara: Kelemahan Sekolah Agama Terpadu, http://www.enerlife.web.id/.
Zainuddin. Seluk-Beluk Pendidikan al-Ghazali, Jakarta: Bumi Aksara, 1991.
Mubtadi: Jurnal pendidikan ibtidaiyah, adalah jurnal yang tidak berbasis komersial. tetapi memberikan lisensi kepada penulis atas karyanya. naskah penulis yang sudah di muat dapat dibuka oleh siapapun dan dapat diperguanakn oleh siapapun dengan catatan berbagi informasi tanpa dipungut baiaya apapun.