ANALISIS KRITIS PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN BERBASIS ONLINE DI MADRASAH IBTIDAIYAH MASA PANDEMI COVID 19 (SOLUSI MENYELAMATKAN MASA DEPAN ANAK-ANAK INDONESIA)
Abstract
Abstraksi
Pada tanggal 15 Maret 2020 atau tiga hari setelah Covid-19 ditetapkan sebagai pandemi, Presiden Republik Indonesia mengeluarkan kebijakan bekerja, belajar, dan beribadah dari rumah. Kebijakan tersebut mempunyai arti bahwa semua kegiatan harus berubah orientasinya yaitu tidak boleh melalui tatap muka secara langsung, termasuk di dalamnya adalah kegiatan belajar-mengajar di berbagai jenjang pendidikan baik formal maupun informal. Kegiatan belajar-mengajar tetap berjalan, akan tetapi harus memanfaatkan media berbasis online dengan maksud untuk menghindari penularan Covid-19 di Indonesia. Penelitian ini mengkaji penerapan model pembelajaran berbasis online di jenjang pendidikan Madrasah Ibtidaiyah dengan analisis kritis data level mikro. Hasil dari penelitian ini membuktikan bahwa ada unsur kecanduan teknologi oleh peserta didik untuk disalahgunakan di luar kepentingan pembelajaran. Selain itu, jebakan pendidikan gaya bank telah menjerat proses pembelajaan di mana guru lebih memposisikan diri sebagai subjek dan peserta didik sebagai objek yang hanya bisa menerima begitu saja perintah dari gurunya melalui pemberian tugas mandiri secara terus-menerus dengan sejumlah deadline pengumpulan akhir. Tujuan pendidikan secara umum tetap diarahkan pada pembentukan pribadi yang bermental pembebas, humanis dan demokratis, namun kenyataannya justru menjadikan peserta didik mengalami penindasan akan teknologi pembelajaran.
Kata kunci: Madrasah Ibtidaiyah, pembelajaran online, teknologi, analisis kritis
Downloads
References
Alisyahbana, I. 1980. Teknologi dan Perkembangan. Jakarta: Yayasan Idayu
Adiwikarta, S. 2016. Sosiologi Pendidikan: Analisis Sosiologi Tentang Praksis Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya
Ariobimo, 2008. Bullying: Mengatasi Kekerasan di Sekolah dan Lingkungan Sekitar Anak. Jakarta: Grasindo.
Azzet, A.M. 2017. Pendidikan yang Membebaskan. Yogyakarta: Ar Ruzz Media
Damsar. 2015. Pengantar Sosiologi Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Group
Dzakiri, H. 2000. Islam dan Pembebasan. Jakarta: Djabatan dan Pena
Freire, P. 2008. Pendidikan Kaum Tertindas. Jakarta: Pustaka LP3ES Indonesia
Johnson, D.L. 1986. Teori Sosiologi Klasik dan Modern Jilid II. Jakarta: Gramedia
Semi, Atar. 2012. Metode Penelitian Sastra. Bandung: Angkasa Bandung
Semiawan, Conny R. 2010. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT Grasindo
Sindhunata. 1982. Dilema Usaha Manusia Rasional: Kitik Masyarakat Modern oleh Max Horkheimer Dalam Rangka Sekolah Frankfurt. Jakarta: PT Gramedia
Singer, Dorothy dan Jerome Dorothy. 2012. Handbook of Childern and The Media. Singapura: SAGE Publications Asia-Pasific Ltd.
Siswantoro. 2005. Metode Penelitian Sastra: Analisis Psikologis. Surakarta: Muhammadiyah University Press
Switri, Endang. 2019. Teknologi dan Media Pendidikan Dalam Pembelajaran. Pasuruan: Qiara Media.
Sudarsana, I Ketut. 2020. Covid-19: Perspektif Pendidikan. Medan: Penerbit Kita Menulis.
Umiarso dan Zamroni. Pendidikan Pembebasn dalam Perspektif Barat dan Timur. Yogyakarta: Ar Ruzz Media
Wirawan, I.B. 2012. Teori-teori Sosial dalam Tiga Paradigma: Fakta Sosial, Definisi Sosial, dan Perilaku Sosial. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Zajda, Joseph dan Sev Ozdowski (Ed.). 2017. Globalisation, Human Rights, Education, and Reform. Dordrecht: Springer Nature BV.
https://www.who.int/dg/speeches/detail/who-director-general-s-opening-remarks-at-the-mission-briefing-on-covid-19---12-march-2020 diakses pada 5 Mei 2020
https://setkab.go.id/minta-masyarakat-tenang-presiden-saatnya-bekerja-belajar-dan-beribadah-dari-rumah/ diakses pada 6 Mei 2020
https://harirsilk.wordpress.com/2015/04/15/pendidikan-yang-membebaskan-menurut-paulo-freire-dalam-perspektif-pendidikan-islam/, diakses 5 Juli 2020
Mubtadi: Jurnal pendidikan ibtidaiyah, adalah jurnal yang tidak berbasis komersial. tetapi memberikan lisensi kepada penulis atas karyanya. naskah penulis yang sudah di muat dapat dibuka oleh siapapun dan dapat diperguanakn oleh siapapun dengan catatan berbagi informasi tanpa dipungut baiaya apapun.