Peningkatan Kemampuan Memahami Hubungan Gaya dan Gerak melalui Model Cooperative Learning Kelas VI SDN Paberasan 1 Sumenep
Abstract
Abstrak
Tujuan peneliti ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model cooperative learning dalam meningkatka aktivitas memahami hubungan antara gaya dan geraksiswa kelas VI SDN Paberasan 1 Sumenep. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa kegiatan pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dalam materi hubungan gaya dan gerak melalui model cooperative learning sangat membantu siswa dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Penerapan model cooperative learning dengan menentukan kelompok secara heterogen kemudian guru menjelaskan tugas-tugas setiap kelompok, guru memberikan waktu untuk melakukan diskusi, siswa mempresentasikan hasil kelompok masing-masing. Guru menjelaskan semua jawaban dari siswa dan memberikan kesimpulan. Dengan menggunakan model cooperative learning untuk memudahkan siswa memahami materi yang diberikan oleh guru. Dengan menggunakan model cooperative learning hasil belajar siswa meningkata. Hasil tersebut dibuktikan dengan adanya respon siswa pada setiap siklus bertambah aktif dan nilai siswa rata-rata meningkat dari 60,5 sampai 82 dengan tingkat ketuntasan mencapai 90% yang pada mulanya untuk siklus I hanya mencapai 45,5%.
Kata Kunci: Gaya, Gerak, Model Cooperative Learning
Abstract
The aim of this research is to describe the application of the cooperative learning model in increasing the activity of understanding the relationship between force and movement of the VI grade students of SDN Pabrasi 1 Sumenep. Based on the results of the research, it can be concluded that the learning activities of Natural Sciences (IPA) in the material of the relationship of force and motion through the cooperative learning model greatly help students in learning Natural Sciences (IPA). The application of the cooperative learning model by determining the groups heterogeneously then the teacher explains the tasks of each group, the teacher gives time to hold discussions, students present the results of their respective groups. The teacher explains all the answers from students and provides conclusions. By using a cooperative learning model to make it easier for students to understand the material provided by the teacher. By using the cooperative learning model, student learning outcomes improve. These results are evidenced by the presence of student responses in each cycle getting more active and the average student score increased from 60.5 to 82 with a completeness level reaching 90% which initially for cycle I only reached 45.5%.
Keywords: Style, Motion, Cooperative Learning Model
Downloads
References
DAFTAR PUSTAKA
Astutik, Yuliana ( 2007 ). Penerapan Model Pembelajaran Langsung untuk Meningkatkan Prestasi Belajar. Universitas Terbuka, Jakarta.
Chamida, Dina dkk. ( 2011 ). Landasan Pendidikan IPA. Zhaf Production, Surabaya.
Nasution, Noechi ( 2007 ). Pendidikan IPA di SD. Universitas Terbuka, Jakarta
Ngalimun. ( 2013 ). Strategi dan Model Pembelajaran. Aswaja Presindo, Yogyakarta.
Purwanto, Ngalim ( 2010 ). Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. PT Remaja Rosdakarya, Bandung.
Slavin, Robert E ( 2005 ). Cooperative Learning. PenerbitNusa Media, Bandung.
Sumardi, Yosapht dkk. ( 2006 ). Konsep Dasar IPA. Universitas Terbuka, Jakarta.
Sulistyanto, Heri& Wiyono, Edy ( 2008 ). Ilmu Pengetahuan Alam. Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta.
Sutrisno,Tri. 2013. Komunikasi Konseling. Jakarta Barat. Halaman Moeka Publishing.
Sutrisno, Tri. 2019. Mendidik Siswa SD Dalam Membangun Hubungan Sosial Sebagai Modal Sukses Masa Depan. Alpen: Jurnal Pendidikan Dasar. Volume 3 No. 2.
Sutrisno, Tri. 2020. Peningkatan Prestasi Belajar Melalui Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas III SDN Kalianget Barat II Kab. Sumenep. ENTITA: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Ilmu-Ilmu Sosial. Volume 2 No. 2 Halaman 271-288.
Suprijono, Agus ( 2009 ). Cooperative Learning. Pustaka Pelajar, Yogyakarta.
Surya,dkk. ( 2005 ). Kapita Selekta Kependidikan SD. Universitas Terbuka, Jakarta.
Taufiq, Agus dkk. ( 20011). Pendidikan Anak di SD. Universitas Terbuka, Jakarta.
Wibowo, Heru& Sugihono, Johny ( 2012 ). Penelitian Pendidikan . Zhaf Production, Surabaya.
Mubtadi: Jurnal pendidikan ibtidaiyah, adalah jurnal yang tidak berbasis komersial. tetapi memberikan lisensi kepada penulis atas karyanya. naskah penulis yang sudah di muat dapat dibuka oleh siapapun dan dapat diperguanakn oleh siapapun dengan catatan berbagi informasi tanpa dipungut baiaya apapun.