UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI METODE SUKU KATA BERBASIS MEDIA KARTU GAMBAR PADA SISWA KELAS1 MI NURUS SHIBYAN AMBAT TLANAKAN PAMEKASAN
Abstract
Abstrak
Keterampilan membaca permulaan siswa masih rendah dikarenakan kurangnya keterampilan guru dalam mengolah pembelajaran menjadi menarik, hal ini menyebabkan siswa kurang antusias dalam membaca sehingga siswa lebih asyik bicara sendiri dengan teman sebangkunya. Penelitian ini memfokuskan pada: apakah ada peningkatan dalam membaca setelah menggunakan metode suku kata berbasis media kartugambar dan Apakahfaktor yang mempengaruhi dalam keterampilan membaca permulaan. Jenispenelitian ini adalah penelitian tindakan kelas sedangkan sabjeknya ialah seluruh siswa kelas 1 MI Nurus Shibyan Ambat dengan jumlah 18 siswa. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Dalam membaca permulaan peneliti penggunaan metode suku kata berbasis media kartu gambar dari hasil tersebut terlihat adanya peningkatan keterampilan membaca permulaan pada siswa. Hal ini dibuktikan pada saat sebelum diberi tindakan nilai rata-rata dari seluruh siswa masih rendah yaitu 45,27, dan presentase ketuntasan klasikalsiswa 16,67%. Pada siklus I setelah diberi tidakanya itu dengan menggunakan metode suku kata berbasis media kartu gambar nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 57,5 dan presentase ketuntasan klasikal sebesar 27,78%. pada siklus II nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 67,5 sedangkan presentase ketuntasan siswa menjadi 55,56%. Dan pada pelaksanaan siklus III nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 78,88 dan peningkatan presentase ketuntasan siswa mencapai 83,33%.
Kata Kunci: Membaca Permulaan, Suku Kata Berbasis Kartu Gambar
Abstract
Reading skills at the beginning of students are still low due to the lack of teacher skills in processing learning to be interesting, this causes students to be less enthusiastic in reading so that students are more engrossed in talking to themselves with their peers. This study focuses on: is there an increase in reading after using the syllabic media-based syllable method and what are the influencing factors in early reading skills. This type of research is classroom action research while the subject is all grade 1 students of MI NurusShibyanAmbat with a total of 18 students. The methods used in data collection are interviews, observation, tests and documentation. In reading the beginning of the researcher the use of the syllabus-based media method of the image card shows that there is an increase in students' beginning reading skills. This was evidenced at the time before being given an action the average value of all students was still low at 45.27, and the percentage of classical completeness of students was 16.67%. In the first cycle after being given the act of using syllables based on the media card the average value of students increased to 57.5 and the percentage of classical completeness was 27.78%. in cycle II the average value of students increased to 67.5 while the percentage of student completeness to 55.56%. And in the implementation of the third cycle the average value of students increased to 78.88 and the percentage ofstudentscompleteness reached 83.3%.
Keywords: Reading Beginning, Syllables Based On Picture Cards
Downloads
References
DAFTAR PUSTAKA
Effendi, dkk. (2015). Tata Bahasa Dasar Bahasa Indonesia. Remaja Rosda Karya.
Fitria Akhyar. (2017). Keterampilan Bahasa Indonesia Di Sekolah Dasar. Textium.
Gunawan, D. (2016). Model dan Strategi Pembelajaran Aktif dan Menyenangkan. Nizamia Learning Center.
Kundharu Saddhono. (2014). Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Indonesia. Graha Ilmu.
Mulyono Abdurrahman. (1999). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. PT Renika Cipta.
Saddhono, K. (2014). Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Indonesia. Graha Ilmu.
Samsu Sumandoyo. (2013). Penelitian Tindakan Kelas. Graha Ilmu.
Sukardi. (n.d.). Metode Penelitian Pendidikan Tindakan Kelas. Bumi Aksara.
Sutrisno, Tri. 2019. Keterampilan Dasar Mengajar. Duta Media Publishing: Pamekasan
Sutrisno, Tri. 2014. Asupan Psikologis Anak Melalui Konseling. Halaman Moeka
Publishing: Jakarta
Wina Sanjaya. (2011). Penelitian Tindakan Kelas. Kencana Prenada Media Group.
Mubtadi: Jurnal pendidikan ibtidaiyah, adalah jurnal yang tidak berbasis komersial. tetapi memberikan lisensi kepada penulis atas karyanya. naskah penulis yang sudah di muat dapat dibuka oleh siapapun dan dapat diperguanakn oleh siapapun dengan catatan berbagi informasi tanpa dipungut baiaya apapun.