KEGIATAN TAHFIDZUL QURAN PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI MI TARBIYATUL ATHFAL KARANG CEMPAKA

  • Fatimatus Zahrah IAIN Madura
Abstract views: 304 , PDF downloads: 310

Abstract

Saat pandemi covid-19 merubah segala tatanan aspek kehidupan, dunia pendidikan pun mendapat imbasnya. Pembelajaran tidak lagi diperkenankan lagi secara tatap muka. Dengan alasan menghindari penyebaran covid-19. Pembelajaran jarak jauh diterapkan di setiap tingkat pendidikan. Begitu juga kegiatan Tahfidzul Quran di MI Tarbiyatul Athfal, kegiatan tersebut tetap dilaksanakan saat pandemi melalui daring dan luring. Hal ini membuat guru, siswa, dan orang tua harus siap mengikuti kebijakan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana pelaksanaaan kegiatan tahfidzul quran di MI Tarbiyatul Athfal saat pandemi. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Data tersebut dikumpulkan melalui tiga cara, yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan tahfidzul quran di MI Tarbiyatul Athfal dilakukan secara daring dengan menggunakan aplikasi whatsapp dengan metode sima’i melalui video call. Terdapat kekurangan saat daring, yaitu bacaan siswa kurang fasih dari segi tajwid maupun makhorijul hurufnya. Kemudian kegiatan tahfidz ini dilanjutkan secara luring untuk menyempurnakan kekurangan saat pelaksanaan secara daring. Kesimpulan dari penelitian ini adalah kegaiatan tahfidz secara luring lebih efektif daripada secara daring, hal ini ditunjukkkan dari capaian hafalan beserta kualitas hafalan siswa.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-08-03
Section
Articles