PEMANFAATAN APLIKASI KINEMASTER SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN YANG KREATIF PADA PEMBELAJARAN PKN PADA KELAS III SDN 03 SUKA JADI MALIGI DI MASA PANDEMI COVID-19

  • Filza Arifa Institut Agama Islam Negeri Batusangkar
  • Adam Mudinillah Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Hikmah Pariangan Batusangkar
Abstract views: 585 , pdf downloads: 580

Abstract

Abstrak

Pembelajaran jarak  jauh adalah pembelajaran yang dilakukan secara daring antara guru dengan siswa, jadi guru harus membuat media pembelajaran yang mmenarik yaitu berbentuk vidio, agar kualitas vidio bagus, salah satu cara yang penting dilakukan yaitu dengan cara editing, adapun aplikasi yang cocok digunakan adalah aplikasi kinemaster. Aplikasi kinemaster sangat dibutuhkan oleh guru untuk pengeditan vidio pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui cara pemanfaatan aplikasi kinemaster dalam membuat vidio pembelajaran PKN Kelas III di SDN 03 Suka Jadi Maligi, Pasaman Barat, serta langkah-langkah yang digunakan dalam mengedit vidio. Adapun pengumpulan data dilakukan dengan observasi landung ke lokasi dan melakukan wawancara kepada guru. Kegiatan ini dilakukan untuk meningkatkan kreatifitas dalam membuat vidio pembelajaran di masa pandemi covid-19 dan menarik minat belajar siswa. Hasil dari kegiatan penelitian ini ternyata masih banyak guru SDN 03 Suka Jadi Maligi yang belum bisa menggunakan aplikasi kinemaster untuk mengedit vidio.

Kata Kunci: Kinemaster, Media Pembelajaran, Pandemi

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-02-11
Section
Articles