EFEKTIVITAS PENGGUNAAN APLIKASI GOOGLE CLASSROOM DALAM PELAKSANAAN KEGIATAN BELAJAR DARI RUMAH PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI MI ASIH PUTERA
Abstract
Adanya wabah Covid-19 menyebabkan kegiatan belajar mengajar di sekolah terhambat, sehingga tenaga pendidik harus menemukan langkah yang tepat agar dapat memenuhi hak peserta didik dengan semestinya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan teknis penggunaan google classroom, efektivitas penggunaan google classroom, serta kendala dalam penggunaan google classroom. Metode yang digunakan yaitu deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket dan wawancara. Penelitian ini berlokasi di MI Asih Putera Kota Cimahi. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu penggunaan google classroom pada kegiatan belajar dari rumah di MI Asih Putera menitikberatkan pada pengumpulan tugas dan penilaian, materi disampaiakan melalui video conference berbantu aplikasi lain, adapun materi tambahan disampaikan melalui video pembelajaran yang dapat diakses pada laman google classroom. Tingkat efektivitas penggunaan google classroom diukur melalui enam indikator, berdasarkan pengukuran indikator tersebut, diperoleh hasil 78,7% yang menunjukan sebagian besar, artinya penggunaan google classroom pada kegiatan belajar dari rumah di MI Asih Putera dapat dikatakan cukup efektif. Kendala dalam penggunaan google classroom dialami oleh peserta didik, yaitu kesulitan ketika akan mengunggah tugas berupa video atau voice note, sehingga tugas dikirim melalui aplikasi lain.
Kata Kunci: belajar dari rumah, efektivitas, google classroom
Downloads
References
Aji, R. H. S., (2020). Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah,
Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. Jurnal Sosial & Budaya Syar-i, 7(5), pp.
-402.
Button, C. (2020). Google classroom for Teacher. Birmingham: Packt Publishing.
Imaduddin, M. (2018). Membuat Kelas Online Berbasis Android dengan Google
classroom. Yogyakarta: Garudhawaca.
Kurniawan, D. T., Maryati, S. & Tresnawati, N., (2020). Desain Perkuliahan
Pengembangan Materi Ajar untuk SD dengan LMS Google classroom di Masa
Pandemic COVID-19. Al-Aulad: Journal of Islamic Primary Education, Volume 3,
pp. 23-33.
Maemunawati , S. & Alif, M., (2020). Peran Guru dan Orang Tua, Metode dan Media
Pembelajaran: Strategi KBM di Masa Pandemi Covid-19. Banten: 3M Media Karya
Serang.
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Surat Edaran Nomor 4 Tahun
Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran
Coronavirus Disease (COVID-19). Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 18
Mei.
Pinandhito, K., Martia, D. Y. & Prasetya, B., (2020). How I Use Googla Classroom as a
Teacher and Student. Sukabumi: Jejak.
Pohan, A. E. (2020). Konsep Pembelajaran Daring Berbasis Ilmiah. Purwodadi: Sarnu
Untung.
Putri, D. R. (2017). Efektivitas Komunikasi Media Online Google classroom dalam
Mendukung Proses Belajar Mengajar di Teknik Sipil Universitas Riau. Ayo FISIP.
Rahman, Ariawan, V. N., & Pratiwi, I. M. (2020). Digital Literacy Abilities of Students in
Distance Learning. Advances in Social Science: Education and Humanities
Research, 592-597.
Sari, W. P., & Irena, L. (2019). Komunikasi Kontemporer dan Masyarakat. Jakarta:
Gramedia Pustaka.
Wijoyo, H., Haryati, D., Indrawan, I., Mahdayeni, Marzuki, Rahmadhani, M. V., . . .
Amelya, D. (2021). Dampak Pandemi terhadap Kehidupan Manusia (Ditinjau dari
Berbagai Aspek). Sumatera Barat: Insan Cendikia Mandiri
Wulandari, R., Widiatsih, A. & Muarif, S., (2020). Pemanfaatan Google classroom dalam
Penilaian Autentik Studi Kasus SD Negeri Sidomulyo 05 Silo Kabupaten Jember.
Journal of Science and Technology, Volume 2, pp. 187-196.
Zhang, M., (2016). Teaching with Google classroom. Brimingham: Packt.
Mubtadi: Jurnal pendidikan ibtidaiyah, adalah jurnal yang tidak berbasis komersial. tetapi memberikan lisensi kepada penulis atas karyanya. naskah penulis yang sudah di muat dapat dibuka oleh siapapun dan dapat diperguanakn oleh siapapun dengan catatan berbagi informasi tanpa dipungut baiaya apapun.