PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA TINGKAT SD
Abstract
ABSTRAK
Media pembelajaran merupakan suatu alat bantu yang dapat digunakan oleh guru dalam proses belajar untuk menciptakan pembelajaran yang menarik dan lebih mudah di mengerti yang sesuai dengan tujuan pembelajaran, ada banyak sekali media pembelajaran yang bisa di gunakan baik dari lingkungan maupun dari buatan pabrik. Artikel ini bertujuan untuk mengkaji penggunaan media pembelajaran yang sesuai untuk meningkatkan hasil belajar siswa di tingkat sekolah dasar (SD). Adapun jenis penelitian yang Digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif metode kajian literatur review. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi yang di peroleh dari berbagai sumber yang meliputi artikel ilmiah, buku dan sebagainya yang di anggap relevan dengan penelitian ini, yang kemudian di analisis menggunakan teknik content Analysis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa di pengaruhi oleh penggunaan media dalam pembelajaran, ada banyak sekali manfaat dalam penggunaan media pembelajaran yaitu pembelajaran akan lebih menarik, materi yang di ajarkan lebih mudah di pahami oleh siswa.
Kata kunci : Media pembelajaran, Hasil belajar
Downloads
References
Akbar, Reza Rizki Ali. “Pengembangan Video Pembelajaran Matematika Berbantuan
Media Sosial Instagram Sebagai Alternatif Pembelajaran.” Undergraduate, UIN
Raden Intan Lampung, 2018. http://repository.radenintan.ac.id/3618/.
Daulae, Tatta Herawati. “Langkah-Langkah Pengembangan Media Pembelajaran Menuju
Peningkatan Kualitas Pembelajaran.” FORUM PAEDAGOGIK 10, no. 1 (30 Juni
: 52–63. https://doi.org/10.24952/paedagogik.v11i1.1778.
Kurniawan, Taufik Dwi, dan Trisharsiwi Trisharsiwi. “Pengaruh Penggunaan Media
Video Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosia Lsiswa
Kelas V Sd Se-Kecamatan Gedangsari Gunungkidul Tahunajaran2015/2016.”
TRIHAYU: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an 3, no. 1 (2016).
https://doi.org/10.30738/trihayu.v3i1.739.
MILALA, VENI VERA BR. “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan
Model Pembelajaran Talking Stick Pada Mata Pelajaran Ips Di Kelas Ivsd Negeri
Surbakti Tahun Pelajaran 2018/2019.” Skripsi, UNIVERSITAS
QUALITY, 2019. http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/138/.
Muyaroah, Siti. “Efektifitas Mobile Learning Sebagai Alternatif Model Pembelajaran.”
Lembaran Ilmu Kependidikan 46, no. 1 (3 Juli 2017): 23–27.
https://doi.org/10.15294/lik.v46i1.10183.
Novita, Lina, Elly Sukmanasa, dan Mahesa Yudistira Pratama. “Indonesian Journal of
Primary Education,” t.t., 9.
Nurrita, Teni. “Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar
Siswa.” MISYKAT: Jurnal Ilmu-ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah dan Tarbiyah 3,
no. 1 (27 Juni 2018): 171. https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171.
Putri, Ayu Ade Anjelina. “Pengaruh Model Pembelajaran Pbl Berbantuan Media Gambar
Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas Iii Sd.” Journal for Lesson and Learning
Studies 1, no. 1 (14 Juli 2018): 21–23. https://doi.org/10.23887/jlls.v1i1.14621.
Rahma, Ajeng Wulandari, dan Endang Purbaningrum. “JURNAL PENDIDIKAN
KHUSUS,”
Ristanto, Rizhal Hendi. “Pembelajaran Biologi Berbasis Inkuiri Terbimbing Dengan
Multimedia Dan Lingkungan Riil Terhadap Prestasi Belajar.” Educatio 6, no. 1 (6
Juni 2011): 53–68. https://doi.org/10.29408/edc.v6i1.23.
Salmiyah, Salmiyah. “Peningkatan Hasil Belajar Pai Aku Senang Berwudhu Dengan
Menggunakan Media Video Pembelajaran Pada Siswa Sdn Sungai Dua Laut
Kecamatan Sungai Loban.” Prosiding Pendidikan Profesi Guru Agama Islam
(PPGAI) 1, no. 1 (1 September 2021): 1751–60.
Simbolon, Dedi Holden, dan Sahyar --. “Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri
Terbimbing Berbasis Eksperimen Riil dan Laboratorium Virtual terhadap Hasil
Belajar Fisika Siswa.” Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan 21, no. 3 (14 Desember
: 299. https://doi.org/10.24832/jpnk.v21i3.192.
Subakti, Hani, Keren Hapkh Watulingas, Nana Harlina Haruna, Mesra Wati Ritonga,
Janner Simarmata, Ahmad Fauzi, Dewa Putu Yudhi Ardiana, Siska Yulia Rahmi,
Dina Chamidah, dan Agung Nugroho Catur Saputro. Inovasi Pembelajaran.
Yayasan Kita Menulis, 2021.
Mubtadi: Jurnal pendidikan ibtidaiyah, adalah jurnal yang tidak berbasis komersial. tetapi memberikan lisensi kepada penulis atas karyanya. naskah penulis yang sudah di muat dapat dibuka oleh siapapun dan dapat diperguanakn oleh siapapun dengan catatan berbagi informasi tanpa dipungut baiaya apapun.