PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANIMASI PADA PESERTA DIDIK SD
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran animasi agar peserta didik lebih senang dalam mengikuti proses pembelajaran. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan research and development (R & D). Fokus pada media pembelajaran berbasis animasi subtema benda tunggal dan campuran. Dalam mengembangkan media pembelajaran berbasis animasi peneliti menggunakan model ADDIE. Media pembelajaran berbasis animasi yang telah dibuat divalidasi oleh 3 ahli validator di antaranya: validator bahasa, validator materi dan validator desain. Hasil validasi kemudian dianalisis untuk mengetahui kevalidan produk yang telah ditotalkan dan bernilai sangat valid dengan presentase 96 %. Hasil dibuktikan dengan nilai dari ahli bahasa 100 %, nilai dari ahli materi 95 % dan nilai dari ahli desain 93 %. Dari hasil data praktikalitas yang telah didapatkan dengan 7 poin yang peneliti telah nilai ada 2 penilaian yang baik dengan presentase 75 % da nada 5 yang bernilai sangat baik dengan presentase 100 %. Total dari keseluruhan bernilai sangat praktis dengan presentase 92 %. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis animasi layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran.
Downloads
References
Alfianti, udita, M. Taufik, and Zerri Rahman Hakim. 2020. Pengembangan Media
Pembelajaran Ips Berbasis Video Animasi Pada Tema Indahnya Keragaman Di
Negeriku, Indonesian Journal of Elementary Education (IJOEE), 1.2, 1–12
https://doi.org/10.31000/ijoee.v1i2.2927.
Anwar, Chairul. 2014. Hakikat Manusia dalam Pendidikan. Yogyakarta: SUKA-Press.
Hal. 174.
Arsyad, Azhar. 2016. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers. Hal. 4.
Basyar, Muhammad Khairul. 2020. Pengembangan Pembelajaran Pai Model Addie Di
Smp Insan Cendekia Mendiri Boarding School, Sidoarjo’, Jurnal Pendidikan Islam,
1, 44–57 https://doi.org/10.22236/jpi.v11i1.5033
Lestari, Ega Ayu. 2018. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Berbasis
Eksperimen Ipa Kelas V SD/MI. Universitas Islam Negeri Raden Intan.
Marlini, Cut, and Rismawati. 2019. Praktikalitas Penggunaan Media Pembelajaran
Membaca Permulaan Berbasis Macromedia Flash. Jurnal Tunas Bangsa, 6.2, 277–89
Marlini, Cut, and Rismawati. 2019. Praktikalitas Penggunaan Media Pembelajaran
Membaca Permulaan Berbasis Macromedia Flash, Jurnal Tunas Bangsa, 6.2, 277–89
Mashuri, Delila Khoiriyah and Budiyono. 2020. Pengembangan Media Pembelajaran
Video Animasi Materi Volume Bangun Ruang Untuk SD Kelas V, Pengembangan
Media Video Animasi, 8.5, 893–903.
Pradana, Dian, Zainul Abidin, and Eka Adi. 2020. Pengembangan Video Animasi
Pembelajaran Subtema Pembentukan Karakter Untuk Siswa SDLB Tunarungu,
JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran): Kajian Dan Riset Dalam
Teknologi Pembelajaran, 7.2 (2020), 96–106
<https://doi.org/10.17977/um031v7i22020p096>.
Putra, Adita Widara. 2012. Mixed-Method : Penerapan Model Bengkel Sastra Untuk
Meningkatkan Kemampuan Apresiasi Drama Mahasiswa Universitas Pendidikan
Indonesia. Universitas Pendidikan Indonesia.
Sanjaya, Wina. 2014. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan.
Jakarta: Kencana. Hal. 2.
UU No 12 Tahun 2012 Tentang Pendidikan Tinggi’, Republik Indonesia, 2012,
Mubtadi: Jurnal pendidikan ibtidaiyah, adalah jurnal yang tidak berbasis komersial. tetapi memberikan lisensi kepada penulis atas karyanya. naskah penulis yang sudah di muat dapat dibuka oleh siapapun dan dapat diperguanakn oleh siapapun dengan catatan berbagi informasi tanpa dipungut baiaya apapun.