PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya pemahaman siswa dibuktikan dengan hasil belajar, serta kurangnya partisipan siswa. Tujuan dari penelitian ini meningkatkan pemahaman siswa dan aktivitas belajar siswa pada Pembelajaran Tematik Materi Alat Indera Pendengaran di Kelas 4 di MI Diponogoro Srimulyo–Dampit. Jenis Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan Campuran ( Mixed Approach), menggunakan metode Conqurent Embedded. Dalam Pengumpulan data peneliti menggunakan instrumen tes kognitif, wawancara, observasi, dokumentasi. Pemahaman siswa kelas 4 yang dibuktikan dengan hasil belajar terdiri dari 27 siswa, dari hasil tes menunjukan bahwa pada siklus I Presentase ketuntasannya mencapai 69,6%. Pada siklus II Mengalami peningkatan yang cukup signifikan ditunjukan dengan rata-rata kelas yang diperoleh yaitu 81,5 dengan presentase ketuntasan belajar sebesar 92,5%. Aktivitas siswa tergambarkan dalam rubrik penilaian aktivitas siswa, yakni sebelum penggunaan media audio visual 72%, siklus I 85% siklus II 95%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa melalui Penggunaan Media Audio Visual dapat meningkatkan aktivitas siswa dan pemahaman siswa pada Pembelajaran Tematik Materi Alat Indera Pendengaran di Kelas 4 MI Diponogoro Srimulyo –Dampit.
Downloads
References
Djamaluddin Ahdar, dkk.2019. Belajar dan pembelajaran.Jakarta: CV Kaaffah.
Mumammad Hasan, dkk. 2021. Pengembangan Media Pembelajaran. Universitas Negeri
Makassar:Tahta Media Group.
Rahman, Taufiqur. 2018.Aplikasi model-model pembelajaran dalam penelitian tindakan
kelas. Pedurungan, semarang: Cv Pilar nusantara.
Dr. Saifuddin dkk. 2021. Pedoman penulisan karya ilmiah. Kepanjen Malang. Universitas
Islam raden rahmat.
Ade Wahyuni. 2020. Menulis Laporan Penelitian. Sumatra Barat: Insan Cendekis,
Firdausi, R. 2017. Pengaruh teknik pembelajaran Numbered Head Together (NHT) untuk
meningkatkan pemahaman konsep dan motivasi belajar subtema macam-macam
sumber energi siswa kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Nahdlatul Ulama
Bululawang Kabupaten Malang.Tesis diterbitkan. Malang: Proga Pascasarjana
UIN Malang.
Sumardi. 2020. Teknik Pengukuran dan Penilaian Hasil Belajar. Yogyakarta: CV Budi
Utama.
Mubtadi: Jurnal pendidikan ibtidaiyah, adalah jurnal yang tidak berbasis komersial. tetapi memberikan lisensi kepada penulis atas karyanya. naskah penulis yang sudah di muat dapat dibuka oleh siapapun dan dapat diperguanakn oleh siapapun dengan catatan berbagi informasi tanpa dipungut baiaya apapun.