PEMANFAATAN DIGITALISASI PENDIDIKAN DALAM PENGEMBANGAN KARAKTER PESERTA DIDIK
Abstract
Abstrak
Kehadiran dari peserta didik tentunya menjadi sebuah hal yang esensial didalam proses kegiatan belajar mengajar. Hal ini yang kemudian menjadikan peserta didik menjadi faktor yang sangat penting dalam pendidikan. Setiap peserta didik mempunyai sifat serta karakteristik yang tidak sama dengan yang lainnya. Oleh karena itu pendidik harus benar-benar mengetahui karakterisrtik dari masing- peserta didik tersebut. Perkembangan dalam dunia pendidikan saat ini, mengharuskan pendidik untuk beradaptasi terhadap penggunaan teknologi informasi dan komonikasi. Pemanfaatan dari TIK didalam proses belajar mengajar merupakan suatu bentuk transformasi sistem pembelajaran yang lebih mengarah kepada literasi baik guru dan peserta didik dalam penguasaan teknologi. Penggunaan dari teknologi memiliki dampak positif dan negatif, oleh karena itu diperlukan cara pandang yang netral sehingga menggunakan teknologi dengan bijak. Dalam artikel ini akan membahas mengenai pentingnya mengetahi karakter peserta didik, pendekatan belajar di era digital, memanfaatkan digitalisasi pendidikan dalam pengembangan karakter peserta didik.
Kata Kunci: digitalisasi pendidikan, karakter, peserta didik
Downloads
References
Abudin, N. (2011). Manajemen Pendidikan, Mengatasi Kelemahan Pendidikan di
Indonesia. Jakarta: Kencana Penada Media Group.
Agustina, Nora. 2018. Perkembangan Peserta Didik. Yogyakarta: Deupublish. and
authentic learning. Thousand Oaks, CA: Corwin
Brown-Martin, G. (2017). Education and the fourth industrial revolution. Report for
Danim, S. (2010). Profesionalisasi dan Etika Guru. Bandung: Alfabeta.
Fitriyadi, H. (2013). Integrasi teknologi informasi komunikasi dalam pendidikan: potensi
manfaat, masyarakat berbasis pengetahuan, pendidikan nilai, strategi implementasi
dan pengembangan profesional. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 21(3).
Greenstein, L. (2012). Assessing 21 st Century skills: A guide to evaluating mastery
GroupeMediaTFO.https:/www.groupemediatfo.org/wpcontent/uploads/2017/12/F
NAL
Hasibuan, S. (2015, December). Budaya media dan partisipasi anak di era digital. In
Proceedings of International Post-Graduate Conference (Vol. 1, pp. 829-850).
Janawi. 2019. Memahami Karakteristik Peserta Didik dalam Proses Pembelajaran. Jurnal
Pendidikan Islam. Vol 6 (2), 1.
Keengwe, J. e. (2014). Promoting Active Learning Through the Flipped Classroom Model.
United State of America: IGI Global
Meriyati. 2015. Memahami Karakteristik Anak Didik. Bandar Lampung: Fakta `Press
IAIN Raden Intan Lampung
Oktarina, P. S. (Vol.3 No.1 2017). Implementasi Metode Problem-Based Learning (PBL)
Untuk Optimalisasi Student-Centered Learning (SCL) di Perguruan Tinggi. Jurnal
Penjamin Mutu IHDN Denpasar.
Sunarto. (2006). Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Rineka Cipta.
Tantri, N. N. (2021, May). Memanfaatkan Digitalisasi Pendidikan dalam Pengembangan
Potensi Siswa. In Prosiding Seminar Nasional IAHN-TP Palangka Raya (No. 3, pp.
-238).
Undang undang nomor 20 tahun 2003
Mubtadi: Jurnal pendidikan ibtidaiyah, adalah jurnal yang tidak berbasis komersial. tetapi memberikan lisensi kepada penulis atas karyanya. naskah penulis yang sudah di muat dapat dibuka oleh siapapun dan dapat diperguanakn oleh siapapun dengan catatan berbagi informasi tanpa dipungut baiaya apapun.