PEMANFAATAN DIGITALISASI PENDIDIKAN DALAM PENGEMBANGAN KARAKTER PESERTA DIDIK

  • Qurrotul A’yun Sufyan Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Abdul Ghofur Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Abstract views: 2594 , pdf downloads: 1258

Abstract

Abstrak

Kehadiran dari peserta didik tentunya menjadi sebuah hal yang esensial didalam proses kegiatan belajar mengajar.  Hal ini yang kemudian menjadikan peserta didik menjadi faktor yang sangat penting dalam pendidikan. Setiap peserta didik mempunyai sifat serta karakteristik yang tidak sama dengan yang lainnya. Oleh karena itu pendidik harus benar-benar mengetahui karakterisrtik dari masing- peserta didik tersebut. Perkembangan dalam dunia pendidikan saat ini, mengharuskan pendidik untuk beradaptasi terhadap penggunaan teknologi informasi dan komonikasi. Pemanfaatan dari TIK didalam proses belajar mengajar merupakan suatu bentuk transformasi sistem pembelajaran yang lebih mengarah kepada literasi baik guru dan peserta didik dalam penguasaan teknologi. Penggunaan dari teknologi memiliki dampak positif dan negatif, oleh karena itu diperlukan cara pandang yang netral sehingga menggunakan teknologi dengan bijak. Dalam artikel ini akan membahas mengenai pentingnya mengetahi karakter peserta didik, pendekatan belajar di era digital, memanfaatkan digitalisasi pendidikan dalam pengembangan karakter peserta didik.

Kata Kunci: digitalisasi pendidikan, karakter, peserta didik

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abudin, N. (2011). Manajemen Pendidikan, Mengatasi Kelemahan Pendidikan di

Indonesia. Jakarta: Kencana Penada Media Group.

Agustina, Nora. 2018. Perkembangan Peserta Didik. Yogyakarta: Deupublish. and

authentic learning. Thousand Oaks, CA: Corwin

Brown-Martin, G. (2017). Education and the fourth industrial revolution. Report for

Danim, S. (2010). Profesionalisasi dan Etika Guru. Bandung: Alfabeta.

Fitriyadi, H. (2013). Integrasi teknologi informasi komunikasi dalam pendidikan: potensi

manfaat, masyarakat berbasis pengetahuan, pendidikan nilai, strategi implementasi

dan pengembangan profesional. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 21(3).

Greenstein, L. (2012). Assessing 21 st Century skills: A guide to evaluating mastery

GroupeMediaTFO.https:/www.groupemediatfo.org/wpcontent/uploads/2017/12/F

NAL

Hasibuan, S. (2015, December). Budaya media dan partisipasi anak di era digital. In

Proceedings of International Post-Graduate Conference (Vol. 1, pp. 829-850).

Janawi. 2019. Memahami Karakteristik Peserta Didik dalam Proses Pembelajaran. Jurnal

Pendidikan Islam. Vol 6 (2), 1.

Keengwe, J. e. (2014). Promoting Active Learning Through the Flipped Classroom Model.

United State of America: IGI Global

Meriyati. 2015. Memahami Karakteristik Anak Didik. Bandar Lampung: Fakta `Press

IAIN Raden Intan Lampung

Oktarina, P. S. (Vol.3 No.1 2017). Implementasi Metode Problem-Based Learning (PBL)

Untuk Optimalisasi Student-Centered Learning (SCL) di Perguruan Tinggi. Jurnal

Penjamin Mutu IHDN Denpasar.

Sunarto. (2006). Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Rineka Cipta.

Tantri, N. N. (2021, May). Memanfaatkan Digitalisasi Pendidikan dalam Pengembangan

Potensi Siswa. In Prosiding Seminar Nasional IAHN-TP Palangka Raya (No. 3, pp.

-238).

Undang undang nomor 20 tahun 2003

Published
2022-08-05
Section
Articles