PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPS MATERI SOSIAL BUDAYA BERBASIS KEARIFAN LOKAL
Abstract
Penelitian ini membahas tentang Pengembangan Modul Pembelajaran IPS Materi Sosial Budaya Berbasis Kearifan Lokal pada Siswa Kelas IV SD Negeri 50 Bulu Datu kec. Bara Kota Palopo penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Analisis kebutuhan pengembangan modul pembelajaran IPS materi sosial budaya berbasis keaarifan lokal pada siswa kelas IV SD Negeri 50 Bulu Datu Kec. Bara Kota Palopo (2) Rancangan pengembangan modul pembelajaran IPS materi sosial budaya berbasis kearifan lokal pada siswa kelas IV SD Negeri 50 Bulu Datu Kec. Bara kota Palopo (3) validitas pengembangan modul pembelajaran IPS materi sosial budaya berbasis kearifan lokal pada siswa kelas IV dengan jumlah 23 orang. Penelitian ini dilakukan dikelas IV SD Negeri 50 Bulu Datu Kec. Bara Kota Palopo dengan menggunakan beberapa instrumen seperti wawancara guru, tes, dan angket siswa kemudian dianalisis secara kualitatif. Jenis penelitian ini adalah pengembangan (R&D) yang berupa modul pembelajaran. (1) siswa kelas IV SD Negeri 50 Bulu Datu Kec. Bara Kota Palopo sangat membutuhkan modul pembelajaran IPS materi sosial budaya berbasis kearifan lokal. (2) rancangan modul pemebelajaran IPS materi sosial budaya berbasis kearifan lokal mengacu pada pengembangan ADDIE yaitu tahap Analysis, tahap Design, tahap Development. (3) kevalidan modul pembelajaran seperti dalam kevalidan bahasa 91% termasuk kedalam kategori valid, kevalidan materi 85% termasuk ke dalam kategori valid, kevalidan desain 62% termasuk ke dalam kategori cukup vlid, dan kevalidan kebudayawan 87% termasuk kedalam kategori valid.
Downloads
References
Ayunda Rifta Azizah & Suprayitno, “Pengembangan Media Kartu Loker Dalam Pembelajaran IPS Materi Keragaman Suku Bangsa Dan Budaya Kelas IV” Vol. 7 No. 2(2019) hal2865.
Ence surahman and Herman Dwi Surjono, (2017). “ Pengembangan Adaptive Mobile Learning Pada Mata Pelajaran Biologi SMA Sebagai Upaya Mendukung Proses Blended Learning’, Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 4.1 (2017), 26 <https://doi.org/10.21831/jitp.v4i1.9723>.
Fadhilah, M. N. (2015). Pengembangan Modul Subtema Energi Berbasis Model Pembelajaran ARIAS Untuk Peningkatan Pemahaman Konsep Siswa Kelas IV di MI Hidayatul Mubtadi’in Malang.
Lia Fitria, Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Creative Problem Solving pada Materi Barisan dan Deret Tak Hingga Kelas XI SMA, (Jambi: Skripsi Universitas Jambi, 2015), hal. 78-81
Lks, P., Terpadu, I. P. A., Problem, B., Melalui, L., Study, L., Ekosistem, T., & Lingkungan, P. (2014). Pengembangan Lks Ipa Terpadu Berbasis Problem Based Learning Melalui Lesson Study Tema Ekosistem Dan Pelestarian Lingkungan. USEJ - Unnes Science Education Journal, 3(2). https://doi.org/10.15294/usej.v3i2.3357
Moh. Farid Nurul Anwar, Ruminiati, dan Suharjo, (2017) Pengembangan Modul Pembelajaran Tematik Terpadu Berbasis Kearifan Lokal Kabupaten Sumenep kelas IV Subtema Lingkungan Tempat Tinggalku. Jurnal Pendidikan, Vol.2, No.10.
Munir, N. P. (2018). Pengembangan Buku Ajar Trigonometri Berbasis Konstruktivisme dengan Media E-Learning pada Prodi Tadris Matematika IAIN Palopo. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 6(2), 167–178. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v6i2.454
Naila saidah, Parmin Parmin, Novi Ratna Dewi (2014) “Pengembangan Lks Ipa Terpadu Berbasis Problem Based Learning Melalui Lesson Study Tema Ekosistem Dan Pelestarian Lingkungan’, USEJ - Unnes Science Education Journal, 3.2 https://doi.org/10.15294/usej.v3i2.3357
Rapita Aprilia, (2017) Pengembanngan Buku Ajar Ips Berbasis Budayakan Lokal Kelas IV SD Kecamatan Wih Pesam Kabupaten Bener Meriah. Jurnal Tematik, Vol.6, No.4,.
Rahmat, and Dedy Irfan , (2019) “Rancangan Bangun Media Pembelajaran Interaktif Komputer dan Jaringan dasar di SMK “. Veteteknika ( Vocational teknik Elektronik dan Informatika) 7,no. 1.
Yunieka Putri Sukimiandari, Agus Setyo Budi, and Yetti Supriyati, (2015) “Pengembangan Modul Fisika Dengan Pendekatan Saintifik’, (Prosiding Seminar Nasional Fisika, 4 161-64
Mubtadi: Jurnal pendidikan ibtidaiyah, adalah jurnal yang tidak berbasis komersial. tetapi memberikan lisensi kepada penulis atas karyanya. naskah penulis yang sudah di muat dapat dibuka oleh siapapun dan dapat diperguanakn oleh siapapun dengan catatan berbagi informasi tanpa dipungut baiaya apapun.