PENERAPAN PENILAIAN BERACUAN NORMA DAN PENILAIAN BERACUAN KRITERIA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SDN GANDING I SUMENEP
Abstract
Salah satu komponen pembelajaran, seorang guru perlu melakukan kegiatan evaluasi pembelajaran. Dalam menunjang hasil belajar siswa yang ada disekolah, seorang guru perlu mengadakan suatu kegiatan penilaian untuk mengukur sejauh mana siswa memahami pelajaran yang telah diterimanya. Kegiatan penilaian yang dilakukan oleh seorang pendidik memerlukan pendekatan yang harus digunakan supaya penilaian yang dilakukan bisa sesuai dengan apa yang diharapkan. Dengan memiliki pengetahuan konsep penilaian, diharapkan guru dapat mengukur dan mengevaluasi kompetensi siswa sesuai dengan kondisi yang sebenarnya. Terdapat dua pendekatan penilaian yang bisa digunakan yakni pendekatan penilaian yang beracuan pada norma serta pendekatan penilaian yang beracuan pada kriteria. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pendekatan penilaian yang digunakan oleh guru dan bagaimana pengaruhnya terhadap hasil belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yaitu dengan teknik pengumpulan data melalui studi kepustakaan (library research) yakni dengan mengumpulkan literature yang sesuai dengan materi yang akan dibahas dan studi lapangan yang dilakukan dengan wawancara pada guru mata pelajaran PAI di SDN Ganding I Sumenep. Dari hasil penelitian yang dilakukan, peneliti dapat menemukan bahwa guru PAI di SDN Ganding I menggunakan pendekatan penilaian yang beracuan pada patokan dan norma saat menilai hasil belajar siswa yakni dengan menentukan kriteria awal kemudian dikorelasikan dengan memantau perilaku siswa saat pembelajaran berlangsung serta membandingkan sikap siswa yang satu dengan yang lainnya.
Kata Kunci: Evaluasi, Penilaian Beracuan Norma, Penilaian Beracuan Kriteria.
Downloads
References
Ali, Mohammad. (2009). Evaluasi Pendidikan (Program Peningkatan Kualifikasi Guru Madrasah Ibtidaiyah (MI) dan Pendidikan Agama Islam (PAI) pada Sekolah.
Magdalena, Ina dan Yayah Huliatunisa. (2020). Evaluasi Pembelajaran SD. Jakarta: FKIP UMT PRESS.
Noviyanti, Erlina Dkk. (2020). Penerapan Penilaian Beracuan Patokan dan Beracuan Norma pada Pelajaran Bahasa Indonesia di SDN 1 Wana. Pandawa: Jurnal Pendidikan dan Dakwah, Volume 2, no. 2, 272-273.
Permendikbud No. 23 Tahun 2016 tentang Standar Penilaian.
Prayitno. Dasar Teori dan Praksis Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish.
Purwanto, M. Ngalim. (2012). Prinsip – Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Ratna Pangastuti dan Kusnul Munfa’ Ati, “Penilaian Acuan Norma, Penilaian Acuan Kriteria, Kriteria Ketuntasan Minimal di Madrasah Ibtidaiah An-Nur Plus Junwangi Krian Sidorajo Jawa Timur,” Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, 204.
Sudijono, Anas. (2009). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.
Sutrisno, Tri. (2022). Penggunaan Model Pembelajaran Contextual Theaching Learning (CTL) Untuk Meningkatkan Keterampilan Belajar Materi Berwudhu Kelas I SDN Kalianget Barat III Kabupaten Sumenep. Rabbani: Jurnal Pendidikan Agama Islam. IAIN Madura. Vol. 3 No. 1. doi.org/10.19105/rjpai.v3i1.5688.
Sutrisno, Tri. Dkk. (2022). Pelatihan Ilmu Tajwid dalam Tahsin Al-Qur’an Bagi Anak Usia SD/MI di Surau Bulangan Barat Kabupaten Pamekasan. Kifah: Jurnal Pengabdian Masyarakat. Institut Pesantren Mathali’ul Falah Pati. Vol. 1 No. 2 https://doi.org/10.35878/kifah.v1i2.483
Mubtadi: Jurnal pendidikan ibtidaiyah, adalah jurnal yang tidak berbasis komersial. tetapi memberikan lisensi kepada penulis atas karyanya. naskah penulis yang sudah di muat dapat dibuka oleh siapapun dan dapat diperguanakn oleh siapapun dengan catatan berbagi informasi tanpa dipungut baiaya apapun.