PENGEMBANGAN MEDIA AUDIO-VISUAL SEBAGAI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DI SEKOLAH DASAR PADA ERA 5.0
Abstract
Seiring dengan berkembangnya zaman, dunia pendidikan di Indonesia mengalami perkembangan. Perkembangan tersebut tidak jauh hubungannya dengan pengembangan. Pengembangan yang bisa terjadi dalam sektor pendidikan adalah pengembangan kurikulum, sarana dan prasarana, proses pembelajaran, dan lain sebagainya. Perkembangan teknologi pada era modern seperti ini telah memiliki perkembangan yang sangat progresif dan sangat cepat perkembangannya. Hadirnya era 5.0 tentunya menjadi sebuah hal yang signifikan didalam poses belajar mengajar. untuk mengembangkan media audio visual dengan model pembelajaran problem based learning pada era 5.0 guru di tuntut untuk menguasai dan mengupgrade pengetahuan digital untuk proses mengajar menggunakan media pembelajaran, sebab peserta didik akan lebih cenderung memperhatikan guru yang menggunakan media pembelajaran yang sangat menarik perhatian siswa, Media merupakan wahana penyalur informasi belajar ataupun pesan singkat. Pengembangan Media Pembelajaran di Era Society 5.0 berkenaan dengan teknologi pembelajaran yang memegang peranan yang sangat penting dalam proses pembelajaran. Seiring dengan perkembangan dan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin pesat, khususnya pada bidang teknologi informasi sangat berpengaruh terhadap perencanaan dan penerapan strategi pembelajaran.
Downloads
References
Amris, F. K., & Desyandri, D. (2021). Pembelajaran Tematik Terpadu menggunakan Model Problem Based Learning di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2171-2180.
Bahri, S. (2022). KONSEP PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI ERA SOCIETY 5.0. Edupedia: JurnalStudiPendidikandanPedagogi Islam, 6(2), 133-145.
Fauzia, H. A. (2018). Penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar matematika SD. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 40-47.
Haryoko, S. (2012). Efektivitas pemanfaatan media audio-visual sebagai alternatif optimalisasi model pembelajaran. Jurnal Edukasi Elektro, 5(1).
Karisma, R., Mudzanatun, M., & Arisyanto, P. (2019). Pengembangan Media Audio Visual untuk Mendukung Pembelajaran Tematik Tema 7 Subtema 2. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 3(3), 216-222.
Laila, A., Mahendra, Y. M., &Santi, N. N. (2020). Pengembangan Media Audio untuk Meningkatkan Kemampuan Menghubungkan Siklus Hidup dan Pelestariannya. JurnalIbriez: JurnalKependidikanDasar Islam BerbasisSains, 5(1), 119-132.
Mutayasiroh, S. K. (2021). Komparasi Media Audio-Visual dan Media Kartu dalam Pembelajaran Bahasa Arab. An-Nuqtah, 1(1), 25-29.
Ningrum, A. S., Hadi, W., & Saragih, D. (2022). Pengembangan Media Audiovisual Berbentuk Animasi Untuk Meningkatkan Keterampilan Menganalisis Informasi Siswa Kelas V SD Tunas Pelita Binjai. JURNAL TARBIYAH, 29(1), 108-121.
Nurfadhillah, S., Barokah, S. F., Nur’alfiah, S., Umayyah, N., &Yanti, A. A. (2021). Pengembangan media audio visual padapembelajaranmatematika di kelas 1 mi al hikmah 1 sepatan. PENSA, 3(1), 149-165.
Pinatih, N. P. S. (2020, December). Pembelajaran Menyenangkan dalam Menyongsong Era Society 5.0.In Prosiding Seminar NasionalInstitut Agama Hindu NegeriTampungPenyangPalangka Raya (No. 1, pp. 64-76).
Prayudi, L. M. E., Sahidu, H., & Gunawan, G. (2017). Pengaruh Penggunaan Media Audiovisual Dengan Pendekatan Metakognitif Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI IPA Di SMAN 1 Gerung Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 3(1), 55-60.
Purwono, J. (2014). Penggunaan media audio-visual pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Pacitan. Jurnalteknologipendidikandanpembelajaran, 2(2).
Roihah, R. Peningkatan Hasil Belajar IPS Menerapkan Model Kooperatif Tipe Jigsaw Kelas IV SD Pontianak Tenggara (Doctoral dissertation, Tanjungpura University)
Rouf, A. (2019). Reaktualisasi dan Kontekstualisasi Kearifan Lokal dengan Manhaj Global: Upaya menjawab problematika dan tantangan pendidikan di era Society 5.0 dan Revolusi Industri 4.0. In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (Prosnampas) (Vol. 2, No. 1, pp. 42-46).
Salamah, E. R. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual Tokoh-Tokoh Kemerdekaan Indonesia. Premiere Educandum, 7(01), 9-18.
Sastrika, I. A. K., Sadia, W., & Muderawan, I. W. (2013). Pengaruh model pembelajaran berbasis proyek terhadap pemahaman konsep kimia dan keterampilan berpikir kritis. JurnalPendidikandanPembelajaran IPA Indonesia, 3(2).
Subandowo, M. (2022). Teknologi Pendidikan di Era Society 5.0. Jurnal Sagacious, 9(1).
Soedarnadi, E. W., & Sulisworo, D. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Audiovisual Berbasis Masalah Berbantuan Google Classroom untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 7(3), 267-273.
Sulfemi, W. B. (2020). Penggunaan Metode Demonstrasi Dan Media Audiovisual Dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial.
Winoto, Y. C., & Prasetyo, T. (2020). Efektivitas Model Problem Based Learning Dan Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 228-238.
Mubtadi: Jurnal pendidikan ibtidaiyah, adalah jurnal yang tidak berbasis komersial. tetapi memberikan lisensi kepada penulis atas karyanya. naskah penulis yang sudah di muat dapat dibuka oleh siapapun dan dapat diperguanakn oleh siapapun dengan catatan berbagi informasi tanpa dipungut baiaya apapun.