PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA MENGGUNAKAN MEDIA AUDIOVISUAL DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI MADRASAH IBTIDAIYAH
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan rendahnya keterampilan membaca dengan menggunakan media audio visual dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di Madrasah Ibtidaiyah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan proses dan hasil dari keterampilan membaca pada media pembelajaran audio visual dalam pelajaran Bahasa Indonesia. Jenis penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif. Kegiatan penelitian deskriptif kualitatif diantaranya pengumpulan data, menganalisis suatu data atau informasi, interpretasi data kemudian dirumuskan kesimpulan yang dapat mengacu dalam menganalisis data. Penelitian ini menggunakan studi pustaka. Studi pustaka adalah kegiatan buat mencari informasi yang relevan dengan topik atau masalah dari objek penelitian. Mencari data atau informasi melalui sumber pustaka baik dari buku, majalah, google scholar, artikel dan lain-lain. Analisis yang digunakan dalam penilitian ini ialah analisis data atau informasi yaitu yang melbatkan suatu bertukar pikiran secara mendalan tentang informasi yang sudah ditulis dalam media. Subjek penelitian ini adalah Kelas V yang berjumlah 30 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam penggunaaan media audio visual dapat meningkatkan keterampilan membaca siswa pada pelajaran Bahasa Indonesia.
Downloads
References
Abidin, Y. 2008. Pembelajaran Bahasa Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung : PT. Refika Aditama.
Ahmadi, R. 2016. Metode Penelitian Kualitatif. Jokjakarta: Ar-ruzzmedia
Amir. 1996. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan . Universitas Terbuka.
Anidusilo, Sutarja. 2012. Pembelajaran Nilai Karakter, Konstruktivisme dan VCT Sebagai Inovasi Pembelajaran Efektif . Jakarta : Raja Grafindo Persada.
Arsyad, A. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.
Asyhar, R. 2011. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada Press
B. Miles, M & Huberman A.M, 1982. 1992. Analisis Data Kualitatif, Terjemahan Oleh Tjetjep Rohendi Rohidi. Jakarta : Penerbit Universitas Indonesia.
Basrowi dan Suwandi. 2008. Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rineka
Buna’I. 2006 . Metodologi Penelitian Pendidikan. Pamekasan : STAIN Pamekasan
Dalman. 2014. Keterampilan Menulis. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.
Darmawan, D. 2016. Komunikasi Pendidikan Perspektif Bio-Komunikasi. Bandung : Remaja Rosdakarya
Gunawan dan Asnil Aidah Ritonga. 2019. Media Pembelajaran Berbasis Industri 4.0. Medan : Rajawali Press.
Jennah, Rodhatul. 2009. Media Pembelajaran . Banjarmasin : Antasari Press. .
Kristanto, Andi. 2016. Media pembelajaran. Surabaya : Penerbit Bintang Surabaya.
Muhammad Hasan et al. 2021. Media Pembelajaran .Klaten : Tahta Media Group.
Nazir. 1998. Metode Penelitian. Jakarta : Ghalia Indonesia.
Nuhayati, Hairudin dan Mislinatul. 2009. Pembelajaran Membaca. Jakarta. Depdiknas.
Nurhadi. 1989. Membaca Cepat dan Efektif. Bandung : Sinar Baru dan YA3 Malang.
Press.
Ramli, Muhammad. 2012. Media dan Teknologi Pembelajaran. Banjarmasin : IAIN Antasari Press.
Sanaky, Hujar AH.2009. Media pembelajaran. Yogyakarta : Safiria Insania Press.
Sanjaya ,Wina. 2008. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta : Kencana.
Sugiyono. 2001. Metode Penelitian. Bandung : CV Alfa Beta.
Sukiman.2012. Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta : Pedagogia.
Tarigan , Henry Guntur. 1985. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung : Angkasa.
Mubtadi: Jurnal pendidikan ibtidaiyah, adalah jurnal yang tidak berbasis komersial. tetapi memberikan lisensi kepada penulis atas karyanya. naskah penulis yang sudah di muat dapat dibuka oleh siapapun dan dapat diperguanakn oleh siapapun dengan catatan berbagi informasi tanpa dipungut baiaya apapun.