PEMBELAJARAN BERBASIS SCIENCE FUN DI MI ISLAMIYAH SYAFIIYAH GANDRIROJO SEDAN REMBANG UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA

  • Nur Azifah Institut Agama Islam Negeri Kudus
  • Sutoyo Institut Agama Islam Negeri Kudus
  • Muhamad Jalil Institut Agama Islam Negeri Kudus
Abstract views: 293 , pdf downloads: 220
Keywords: Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, Joyful Learning, Science Fun

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas belajar dan peningkatan hasil belajar kognitif siswa dengan model pembelajaran Science Fun, pada materi konsep perpindahan kalor, pengaruh kalor terhadap perubahan suhu dan wujud benda, serta zat tunggal dan campuran. Jenis penelitian ini adalah action research dengan metode deskriptif. Penelitian ini terdiri dari tiga (3) siklus, masing-masing siklus terdiri dari empat (4) tahap yaitu: tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V MI Islamiyah Syafiiyah Gandrirojo Sedan Rembang, Data penelitian ini berupa aktivitas dan hasil belajar kognitif siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, tes, dan wawancara. Hasil analisis data aktivitas siswa pada siklus I diperoleh skor rata-rata 67,13% (aktif), siklus II 80,09% (sangat aktif), dan siklus III menjadi 85,10 (sangat aktif).  Selanjutnya data hasil belajar siswa pada siklus I, II, dan III dianalisis berdasarkan kriteria ketuntasan belajar klasikal dan diperoleh persentase ketuntasan belajar yaitu pada siklus I sebesar 66.67% (belum tuntas), pada siklus II menjadi 76,19% (tuntas) dan pada siklus III mengalami peningkatan menjadi 85,71% (tuntas). Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model Pembelajaran Science Fun menggunakan eksperimen dapat meningkatkan aktivitas serta hasil belajar kognitif siswa kelas V MI Islamiyah Syafiiyah Gandrirojo Sedan Rembang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdillah, L. A., Fauziah, A., Napitupulu, D. S., Sulistiyo, H., Fitriyanti, Sakti, B. P., Khusnia, A. N., Noveni, N. A., Tarjo, Suwarno, Chamidah, D., Puri, V. G. S., Salman, I., & Nurkanti, M. (2021). Penelitian Tindakan Kelas: Teori Dan Penerapannya. Penerbit Adab.

Adhani, D. N., Hanifah, N., & Hasanah, I. (2017). Meningkatkan Kreativitas Anak Melalui Kegiatan Bermain Warna (Penelitian Tindakan Kelas pada Anak Kelompok B di RA Muslimat NU 107 Khodijah Kramat Duduksampeyan). Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 4(1), Article 1. https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v4i1.3569

Aqib, Z. (n.d.). Profesionalisme Guru dalam Pembelajaran (cet. 4). Surabaya : Insan Cendekia, 2012.

Astawan, I. G., & Agustiana, I. G. A. T. (n.d.). Pendidikan IPA Sekolah Dasar di Era Revolusi Industri 4.0. Nilacakra.

Bhakti, C. P., Ghiffari, M. A. N., & Salsabil, K. (2019). Joyful Learning: Alternative Learning Models to Improving Student’s Happiness. Jurnal VARIDIKA, 30(2), Article 2. https://doi.org/10.23917/varidika.v30i2.7572

Dewantara, D. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Ipa (studi Pada Siswa Kelas V Sdn Pengambangan 6 Banjarmasin). Paradigma, 11(2), Article 2. https://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/paradigma/article/view/2694

Juniarti, Y. (2017). Penerapan Metode Eksperimen Dalam Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Sains Anak. Jurnal Pelita PAUD, 1(2), Article 2. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v1i2.202

Kamaruddin, I., Kurniawan, A., Mahmud, R., Saleh, S., Khasanah, F., Megavitry, R., Hartiningsari, D. P., Sari, D. M. M., & Ratnawati. (2022). Strategi Pembelajaran. Get Press.

Kesuma, D. S., Zakirman, Z., Berli, A. U., Meilisa, M., & Rahayu, C. (2022). Funscience Methods to Improve Student Activeness in Science Learning. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), Article 1. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.1759

Khairuddin, K. (2022). Peranan Bimbingan dan Konseling Islam dalam Lingkup Pendidikan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), Article 1.

Kholila, S. N. (2020). Pengaruh kegiatan fun science terhadap perkembangan kreativitas anak kelompok B di RA Muslimat NU 09 Kota Malang [Undergraduate, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibahim]. http://etheses.uin-malang.ac.id/18898/

Layyinah, L. (2017). Menciptakan Pembelajaran Fun Learning Based on Scientific Approach Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik Pada Pembelajaran Pai. TARBAWY : Indonesian Journal of Islamic Education, 4(1), Article 1. https://doi.org/10.17509/t.v4i1.6987

Madani, P. Q. T., & Kardinah, N. (2021). Penerapan Sistem Belajar Fun Science Pada Anak Usia Dini di Desa Cimekar. Proceedings Uin Sunan Gunung Djati Bandung, 1(11), 114–122.

Mansur;, H. R. (2009). Penilaian hasil belajar / Harun Rasyid (Bandung). Wacana Prima. //senayan.iain-palangkaraya.ac.id/index.php?p=show_detail&id=13735

Mayangsari, D., Nuriman, N., & Agustiningsih, A. (2014). Penerapan Metode Eksperimen Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas Vi Pokok Bahasan Konduktor Dan Isolator Sdn Semboro Probolinggo Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Edukasi, 1(1), 27–31. https://doi.org/10.19184/jukasi.v1i1.1029

Meliyanti, & Munawati, S. (2022). Edukasi Sains Melalui Eksperimen Sederhana Pengaruh Konsentrasi Terhadap Laju Reaksi Guna Meningkatkan Rasa Ingin Tahu Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Kimia, 1(1), Article 1.

M.Pd, H., S. Pd, & M.Pd, N. S., S. Pd. (n.d.). Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Di Sekolah Dasar. Penerbit Aksara TIMUR.

Nurdyansyah, N., & Fahyuni, E. F. (2016). Inovasi Model Pembelajaran Sesuai Kurikulum 2013. Nizamia Learning Center. http://eprints.umsida.ac.id/296/

Pitriana, P., Agustina, R. D., Zakwandi, R., Ijharudin, M., & Kurniawan, D. T. (2018). Fun Science: Roket Air Sebagai Media Edu-Sains untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar. JIPFRI (Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika Dan Riset Ilmiah), 2(1), 1–7. https://doi.org/10.30599/jipfri.v2i1.143

Pursitasari, I. D., Suhardi, E., & Putikah, T. (2019). Fun Science Teaching Materials on the Energy Transformation to Promote Students’ Scientific Literacy. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran IPA, 5(2), Article 2. https://doi.org/10.30870/jppi.v5i2.4008

Sayekti, I. C., Rini, I. F., & Hardiyansyah, F. (2019). Analisis Hakikat Ipa Pada Buku Siswa Kelas Iv Sub Tema I Tema 3 Kurikulum 2013. Profesi Pendidikan Dasar, 6(2), Article 2. https://doi.org/10.23917/ppd.v1i2.9256

Sufiani, S., & Marzuki, M. (2021). Joyful Learning: Strategi Alternatif Menuju Pembelajaran Menyenangkan. Zawiyah: Jurnal Pemikiran Islam, 7, 121. https://doi.org/10.31332/zjpi.v7i1.2892

Wardani, N. S. (2011). Efektivitas Model Perkualiahan (Asesmen Pembelajaran) Kooperatif Tipe Investigasi Kelompok (IK) Untuk Meningkatkan Kreativitas Mahasiswa S1 PGSD FKIP UKSW. https://repository.uksw.edu//handle/123456789/23

Widiadnyana, I. W., Prof. Dr I Wayan Sadia, M. P., & Prof. Dr. I Wayan Suastra, M. P. (2014). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Pemahaman Konsep Ipa Dan Sikap Ilmiah Siswa Smp. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran IPA Indonesia, 4(2), Article 2. https://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_ipa/article/view/1344

Published
2023-02-09
Section
Articles