MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN STRATEGI KNOW, WANT TO KNOW, LEARNED DI SDN CEMPAKA PUTIH BARAT 03 JAKARTA PUSAT
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk memaparkan peningkatan kualitan pembelajaran menggunakan strategi (Know, Want to Know, dan Learned). Peneliti menerapkan metode Penelitian Tindakan Kelas yang melibatkan 27 peserta didik kelas VB SDN Cempaka Putih Barat 03 sebagai subjek penelitian dan satu mahasiswa PPL PPG Prajabatan sebagai kolaborator penelitian. Penelitian dilakukan melalui tahap pra siklus dan dua tahap siklus tindakan kelas, dengan masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Masing-masing siklus terdiri dari tahap-tahap yang meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kualitas pembelajaran memnggunakan strategi KWL yang dinilai dari hasil pengamatan terhadap keterampilan guru dan aktivitas peserta didik.
Downloads
References
Andrianti, Y. (2021). Penerapan metode KWL (know-want-learned) untuk meningkatkan pemahaman bacaan pada siswa kelas 2 di Sekolah Dasar. Birokrasi Pancasila: Jurnal Pemerintahan, Pembangunan Dan Inovasi Daerah, 3(2), 62–69. https://jurnal.madiunkab.go.id/index.php/bp/article/view/64
Fadli, M. R., & Kumalasari, D. (2016). Sistem Pendidikan Indonesia Pada Masa Orde Lama ( Periode 1945-1966 ) Pendahuluan Sistem Pendidikan Indonesia Masa Orde Lama. Agastya, 9, 157–171.
Fakhrudin, F., Herawan, E., Senja, N., & Fury, W. (2022). Pengaruh Strategi Know-Want To Know-Learned Terhadap Hasil Belajar Siswa The Effect Of The Know-Want To Know-Learned Strategy On Student Learning Outcomes. 13(2), 1–7.
Jannah, F. (2015). Inovasi pendidikan dalam rangka peningkatan kualitas pembelajaran melalui penelitian tindakan kelas. Prosiding Seminar Nasional PS2DMP UNLAM, 1(1), 27–32.
Magdalena, I., Asfari, A. I., Firstariza, A., & Rafiq, R. (2020). ANALISIS KARAKTER DAN PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK. In EDISI : Jurnal Edukasi dan Sains (Vol. 2, Issue 3). https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/edisi
Memorata, A., & Santoso, D. (2016). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Dan Hasil Belajar Merakit Personal Komputer Menggunakan Structured Dyadic Methods. E Journal Students UNY, c, 1–9.
Muamanah, H., & Suyadi. (2020). Implementasi Teori Faktor Pendorong Muhammadiyah. Jurnal Pendidikan Islam, 5(01), 161–180. https://doi.org/10.29240/belajea.v5
Muchlisianah, I., Umam, K., & Jumari. (2022). Transformasi Model Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19. Aplikasia: Jurnal Aplikasi Ilmu-Ilmu Agama, 22(1), 49–66. https://doi.org/10.14421/aplikasia.v22i1.2804
Wicaksono, R. A., & Sutikno, P. Y. (2019). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Ipa Melalui Model Example Non-Example Berbantuan Media Audiovisual. Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA, 5(1), 33–44. https://doi.org/10.21580/phen.2015.5.1.89
Wulandari, T. (2021). Pengaruh Pemikiran Pendidikan Ki Hadjar Dewantara dalam Kurikulum 2013 di Indonesia. Jurnal Humanitas: Katalisator Perubahan Dan Inovator Pendidikan, 8(1), 24–33. https://doi.org/10.29408/jhm.v8i1.3413
Mubtadi: Jurnal pendidikan ibtidaiyah, adalah jurnal yang tidak berbasis komersial. tetapi memberikan lisensi kepada penulis atas karyanya. naskah penulis yang sudah di muat dapat dibuka oleh siapapun dan dapat diperguanakn oleh siapapun dengan catatan berbagi informasi tanpa dipungut baiaya apapun.