UPAYA MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING
Abstract
Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran melalui model Problem Based Learning (PBL) pada peserta didik kelas IV di SDN Cempaka Putih Barat 03 Jakarta Pusat. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan alur pelaksanaan tindakan oleh Kemmis dan McTaggart. Subjek atau partisipan dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV-C SDN Cempaka Putih Barat 03 yang berjumlah 31 orang terdiri dari 18 anak laki-laki dan 13 anak perempuan serta satu rekan sejawat yang kedudukannya sebagai kolaborator penelitian. Penelitian dilakukan melalui tahap Pra-PTK atau Pra-siklus dan dua siklus dengan masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan serta estimasi waktunya 2 x 35 menit. Masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kualitas pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) ditinjau dari indikator pengamatan keterampilan guru yang mencapai perolehan akhir 94%, aktivitas peserta didik yang mencapai perolehan akhir 95%, dan penggunaan sintak model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) mencapai perolehan akhir 93,5%. Kesimpulan penelitian bahwa model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) yang diterapkan dengan baik dapat meningkatkan kualitas pembelajaran pada peserta didik kelas IV-C di SDN Cempaka Putih Barat 03 Jakarta Pusat.
Downloads
References
Adnan, Evita, dkk. 2016. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Universitas Negeri Jakarta
Arifin, Syamsul. 2021. Model PBL (Problem Based Learning) Berbasis Kognitif dalam Pembelajaran Matematika. Indramayu: Penerbit Adab.
Ariyani, Etika. 2019. Penelitian Tindakan Kelas (Classrom Action Research). Sleman: Deepublish Publisher.
Ratnasari, Yanuar Meta, dkk. 2021. Peningkatan Kualitas Pembelajaran Melalui Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Pada Siswa Kelas II SD. Pinisi Journal PGSD, Vol 1. No. 2. Hal. 41.
Departemen Pendidikan Nasional. 2004. Peningkatan Kualitas Pembelajaran.
Pandiangan, Anjani P.B. 2019. Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pembelajaran, Profesionalisme Guru dan Kompetensi Belajar Siswa. Sleman: DEEPUBLISH.
Ponidi, dkk. 2021. Model Pembelajaran Inovatif dan Efektif. Indramayu: CV. Adanu Abimata.
Setyo, Arie Anang, dkk. 2020. Strategi Pembelajaran Problem Based Learning. Makassar: Yayasan Barcode.
Setiawan, Andi. 2018. Penelitian Tindakan Kelas Teori serta panduan bagi guru kelas dan guru bimbingan konseling. Sleman: Deepublish.
Undang-undang No. 20. 2003. Sistem Pendidikan Nasional. Bab I, Pasal 1 ayat (1) no. 1.
_______. Pasal 37 ayat 1.
Mubtadi: Jurnal pendidikan ibtidaiyah, adalah jurnal yang tidak berbasis komersial. tetapi memberikan lisensi kepada penulis atas karyanya. naskah penulis yang sudah di muat dapat dibuka oleh siapapun dan dapat diperguanakn oleh siapapun dengan catatan berbagi informasi tanpa dipungut baiaya apapun.