ANALISA KETERAMPILAN 4C MELALUI BUDAYA LITERASI MI MUHAMMADIYAH 27 SURABAYA
Abstract
Abstrak
Pembelajaran saat ini disebut sebagai pembelajaran abad-21. Pembelajaran abad-21 menitikberatkan pada kecakapan literasi, komunikasi, berfikir kritis, dan kemampuan menguasai teknologi informasi. Oleh sebab itu, melalui budaya literasi diharapkan dapat meningkatkan keterampilan 4C peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan budaya literasi, dan menganalisis keterampilan 4C melalui budaya literasi di MI Muhammadiyah 27 Surabaya. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik dengan tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data/kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa budaya literasi diwujudkan dengan berbagai program diantaranya membentuk Tim Literasi Sekolah, mengikuti Kelompok Kinerja Guru (KKG) program inovasi literasi, pendampingan literasi tiap minggu dari Fasilitator Daerah (Fasda), dan mengadakan pameran showcase sebagai bentuk implementasi dan penguatan program inovasi literasi. Secara ringkas melalui budaya literasi dapat meningkatkan keterampilan 4C (communication, collaboration, critical thingking and problem solving, creativity and inovation) peserta didik.
Downloads
References
Antoro., Billy., Muldian., Wien., 2015. Buku Saku Gerakan Literasi Sekolah. Ditjen Dikdasmen Kemendikbud: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah
Arikunto, S. 2016. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Balqis, A. F., Ananda, E. R., Wanindi, R.R., Shofia, W., 2021. Analisis Faktor Minimnya Minat Membaca Siswa di Kelas VI SDIT Daarul Istiqlal Kecamatan Patumbak Kabupaten Deli Serdang. Jurnal SEJ (School Education Journal). Vol. 11 No. 3. 250-255
Faizah, D., Sufyadi, S., Anggraini, L., Waluyo., Dewayani S., Muldian, W., Roosaria. D.R., 2016. Panduan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Hayun, Muhammad., Haryati, Tuti., 2020. Program Gerakan Literasi Sekolah (GLS) dalam Meningkatkan Kecerdasan Linguistik Siswa SD Lab School FIP UMJ. Yaa Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Vol.4 No.1. 79-89
Kemdikbud. 2016. Pedoman Pelaksanaan Gerakan Nasional Literasi Bangsa. Pusat Pembinaan Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa
Kemdikbud. 2017. Implementasi Pengembangan Kecakapan Abad 21 dalam Perencanaan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Dit. PSMA Ditjen.Pendidikan Dasar dan Menengah
Kharizmi, Muhammad. 2019. Kesulitan Siswa Sekolah Dasar dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi. Jupendas: Jurnal Pendidikan Dasar, vol. 2, no. 2, 2015
Prihadi, Edi. 2018. Pengembangan Keterampilan 4C Melalui Metode Poster Comment pada Mata Pelajaran PAI dan Budi Pekerti (Penelitian di SMA Negeri 26 Bandung). Jurnal Pendidikan Islam Rabbani. Vo.2. No.1. 464-479
Sari, E. S., & Pujiono, S. 2017. Budaya Literasi di Kalangan Mahasiswa FBS UNY. Jurnal Litera. Vol.16 No.1, Hal.105-113
Sa’ud, U. S., 2008. Inovasi Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Setiawan, R., Nurani, D., Mardianto, Agus., Misiyanto., Komalasari., & Islamiyah, A. 2019. Panduan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar. Kemendikbud
Simanjuntak, M. D. R., 2019. Membangun Ketrampilan 4C Siswa dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan. Vol 3 Tahun 2019. Hal 921-929
Sriyanto, Budi. 2021. Meningkatkan Keterampilan 4C dengan Literasi Digital di SMP Negeri 1 Sidoharjo. Jurnal Didaktika Pendidikan dasar. Vol. 5, No. 1. Hal.125-142
Syahlan, T., Imron, A., & Zulfa, L. N., Shobirin. M., 2019. Pendampingan Santri untuk Membangun Tradisi Literasi di Pondok Pesantren Al-Mubarok Mranggen Demak. Dimas: Jurnal Pemikiran Agama untuk Pemberdayaan. Vol.19 No.1. Hal.49-60
Tarigan, Henry Guntur. 2008. Membaca sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: CV. Angkasa
Umrati dan Wijaya, Hengki. 2020. Analisis Data Kualitatif Teori Konsep dalam Penelitian Pendidikan. Makassar: Sekolah Tinggi Theologia Jaffray
Wulandari, R. 2017. Implementasi kebijakan gerakan literasi sekolah di sekolah dasar islam terpadu lukman aL hakim internasional. Jurnal Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan. Vol.6 No.3. Hal.319-330
Yamtim, V., & Wongwanich, S. 2014. A study of classroom sssessment literacy of primary school teachers. Procedia Social and Behavioral Sciences. 116. Page 2998–3004
Zed, M. 2014. Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia
Mubtadi: Jurnal pendidikan ibtidaiyah, adalah jurnal yang tidak berbasis komersial. tetapi memberikan lisensi kepada penulis atas karyanya. naskah penulis yang sudah di muat dapat dibuka oleh siapapun dan dapat diperguanakn oleh siapapun dengan catatan berbagi informasi tanpa dipungut baiaya apapun.