TEORI CLASSICAL CONDITIONING PADA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH DASAR

  • Fatonah Salfadilah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Maemonah Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Yusuf Rendi Wibowo Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Amalia Islamiati Putri Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Faisal Arief Ramadhan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Muhamad Supriadi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta
Abstract views: 636 , pdf downloads: 485
Keywords: Classical Conditioning, Pendidikan Agama Islam, Sekolah Dasar

Abstract

Penelitian ini bermula karena banyaknya kasus mengenai degradasi moral akibat dari perkembangan teknologi. Pendidikan agama Islam dengan teori classical conditioning sebagai salah satu bentuk upaya antisipasi degradasi moral. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui implementasi classical conditioning pendidikan agama Islam di SD Negeri 8 Tulang Bawang Udik dan faktor-faktor yang mempengaruhi implementasi classical conditioning. Penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif. Penelitian ini berlokasi di Sekolah Dasar Negeri 8 Tulang Bawang Udik. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan angket. Informan dalam penelitian ini ialah pendidik pada pembelajaran pendidikan agama Islam dan peserta didik kelas IV sebanyak 25 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa classical conditioning pada Sekolah Dasar Negeri 8 Tulang Bawang Udik dapat menghasilkan tingkah laku yang positif melalui pembiasaan-pembiasaan yang dilakukan. Adapun pembiasaan yang dilakukan ialah pembiasaan pelafalan surat-surat pendek, pembiasaan ceramah singkat, dan pembiasaan sholat dhuha. Beberapa kegiatan tersebut menciptakan perubahan pada peserta didik. Pembiasaan pelafalan surat-surat pendek menambah hafalan qur’an peserta didik. Pembiasaan peserta didik dengan ceramah singkat menjadikan lebih aktif, percaya diri, dan bertanggung jawab akan tugas. Kemudian, perubahan yang terjadi setelah dilakukannya pembiasaan sholat dhuha menciptakan kemandirian dan inisiatif peserta didik dalam mengerjakan sholat. Faktor yang mempengaruhi implementasi classical conditioning dalam pendidikan agama Islam ialah pendidik, peserta didik dan sekolah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asfar, A., Asfar, A., & Halamury, M. F. (2019). Teori Behaviorisme. Makasar: Program Doktoral Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar.
Asria, L., Sari, D. R., Ngaini, S. A., Muyasaroh, U., & Rahmawati, F. (2021). Analisis Antusiasme Siswa dalam Evaluasi Belajar Menggunakan Platform Quizizz. Alifmatika: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 3(1), 1–17. Https://Doi.Org/10.35316/Alifmatika.2021.V3i1.1-17
Dewi, D. T. K. (2019). Peran Guru Kelas Pada Pelaksanaan Bimbingan Konseling Dalam Menumbuhkan Sikap Tanggung Jawab di SD Negeri 1 Pamijen. Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar, 2(2), 115-123.
Djollong, A. F., & Akbar, A. (2019). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Penanaman Nilai-Nilai Toleransi Antar Ummat Beragama Peserta Didik Untuk Mewujudkan Kerukunan. Jurnal Al-Ibrah, 8(1), 72–92.
Fardany, M. M., & Dewi, R. M. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Powtoon Berbasis Pendekatan Saintifik Pada Mata Pelajaran Ekonomi. Jurnal Pendidikan Ekonomi (Jupe), 8(3), 101–108. https://doi.org/10.26740/jupe.v8n3.p101-108
Gani, H. (2019). Upaya Meningkatkan Budaya Kerja Tenaga Pendidikan dan Tenaga Pendidikan Melalui Penerapan Reward And Punishment di SMP Negeri 8 Gorontalo. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Budaya, 5(2), 221–236.
Haslinda, H. (2019). Classical Conditioning. Jurnal Network Media, 2(1), 87–99.
Hidayah, N. (2019). Penerapan Nilai Dalam Pendidikan Islam. Jurnal Mubtadiin, 5(02), 31–41.
Hidayatullah, M., Ahda, A. Z., Aziza, E. N., Hairina, Y., & Mulyani, M. (2022). The Psikoedukasi Untuk Meningkatkan Pemahaman Tentang Bullying Pada Madrasah Ibtidaiyah Al-Istiqamah Banjarmasin. Connection: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 61–70. https://doi.org/10.32505/connection.v2i2.4768
Hill, W. F. (2019). Theories Of Learning: Teori-Teori Pembelajaran Konsepsi, Komparasi Dan Signifikan. Bandung: Nusa Media.
Husna, F., Hayatina, L., & Ika. (2020). Implementasi Teori Behavioristik Dalam Pembiasaan Bacaan Sholat Di Ra Dzarotul Mutmainnah Setu Tangerang Selatan. Madani Institute : Jurnal Politik, Hukum, Ekonomi, Pendidikan Dan Sosial-Budaya, 9(2), 101–114.
Indrawati, I., Marzuki, M., Syafi’urrohman, S., & Malik, A. R. (2021). Investigating The Effect Of Reward And Punishment On The Student’s Learning Achievement And Discipline. Linguistic, English Education And Art (Leea) Journal, 4(2), 337–350. https://doi.org/10.31539/leea.v4i2.1860
Istiadah, F. N. (2020). Teori-Teori Belajar Dalam Pendidikan. Tasikmalaya: Edu Publisher.
Jaarvis, M. (2019). Teori-Teori Psikologi: Pendekatan Modern Untuk Memahami Perilaku, Perasaan, Dan Pikiran Manusia. Bandung: Nusa Media.
Keliat, N. R., Susilo, H., Hastuti, U. S., & Ibrohim, I. (2021). Kajian Teori-Teori Belajar Berdasarkan Sintaks Model Pembelajaran PQDIS-CSR Serta Validasi Model Pembelajaran Model PQDIS-CS: Suatu Penelitian Pendahuluan Pengembangan Model Pembelajaran PQDIS-CSR Untuk Meningkatkan Keterampilan Metakognitif. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 11(2), 103–114.
Mad Sa’i & Chairul Anwar. (2023). Penerapan Penilaian Beracuan Norma Dan Penilaian Beracuan Kriteria Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN Ganding I Sumenep. Mubtadi: Jurnal Pendidikan Ibtidaiyah, 4(2), 177–185. https://doi.org/10.19105/mubtadi.v4i2.7629
Mazida, L. I., Andari, D. A., & Wahyuni, E. N. (2022). Implementasi Classical Conditioning Dalam Gerakan Literasi Sekolah (Studi Minat Baca Peserta Didik) di MIN 1 Kota Palangka Raya. At-Thullab : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 5(2), 141. https://doi.org/10.30736/atl.v5i2.637
Nasucha, J. A., Ismail, M., & Khoirotun, U. (2021). Relevansi Teori Behavioristik ‘Classical Cinditioning’ Dalam Meningkatkan Kemampuan Motorik Anak Didik Pada Kelompok Belajar Anggrek Taman Sidoarjo. Journal Of Early Childhood Education Studies, 1(2), 110–142.
Nasucha, J. A., Sukiran, A. S., Rahmah, K., Sari, A. I., & Ismail, M. (2022). Pendidikan Akhlak Perspektif Kh. Hasyim Asy’ari Dan Relevansi Dalam Pendidikan Agama Islam. Tadris: Jurnal Penelitian Dan Pemikiran Pendidikan Islam, 16(1), 15–31.
Nurhayani, N., & Salistina, D. (2022). Teori Belajar Dan Pembelajaran. Medan: UINSU.
Pavlov, I. P. (2020). Psychopathology And Psychiatry. Oxford: Routledge.
Perdana, F. J. (2019). Pentingnya Kepercayaan Diri Dan Motivasi Sosial Dalam Keaktifan Mengikuti Proses Kegiatan Belajar. Edueksos : Jurnal Pendidikan Sosial Dan Ekonomi, 8(2), 70–87. https://doi.org/10.24235/edueksos.v8i2.5342
Pulukuri, S., & Abrams, B. (2020). Incorporating An Online Interactive Video Platform To Optimize Active Learning And Improve Student Accountability Through Educational Videos. Journal Of Chemical Education, 97(12), 4505–4514. https://doi.org/10.1021/acs.jchemed.0c00855
Purnamasari, N. I. (2020). Siginifikansi Teori Belajar Clark Hull Dan Ivan Pavlov Bagi Pendidikan Islam Kontemporer. Qudwatuna, 3(1), 1–24.
Putri, M., Kuntarto, E., & Alirmansyah, A. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Daring Di Era Pandemi (Studi Kasus Pada Siswa Kelas Iii Sekolah Dasar). Auladuna: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 8(1), 91–108.
Rahman, M. H., Kencana, R., & Nurfaizah, S. P. (2020). Pengembangan Nilai Moral Dan Agama Anak Usia Dini: Panduan Bagi Orang Tua, Guru, Mahasiswa, Dan Praktisi Paud. Tasikmalaya: Edu Publisher.
Rufaedah, E. A. (2018). Teori Belajar Behavioristik Menurut Perspektif Islam. Risâlah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 4(1), 13–30.
Rumondor, P., & Sineke, R. N. (2020). Pola Interaksi Guru Pai Dengan Siswa Dalam Meningkatkan Hasil Belajar di SMA Negeri 1 Belang. Al-Hikmah (Jurnal Pendidikan Dan Pendidikan Agama Islam), 2(2), 160–172.
Shahbana, E. B., & Satria, R. (2020). Implementasi Teori Belajar Behavioristik Dalam Pembelajaran. Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan, 9(1), 24–33.
Simarmata, N. I. P., Hasibuan, A., Rofiki, I., Purba, S., Tasnim, T., Sitorus, E., Silitonga, H. P., Sutrisno, E., Purba, B., Makbul, R., Sianturi, E., Bachtiar, E., Agustin, T., Negara, E. S., & Simarmata, J. (2021). Metode Penelitian Untuk Perguruan Tinggi. Medan: Yayasan Kita Menulis.
Sudarti, D. O. (2019). Kajian Teori Behavioristik Stimulus Dan Respon Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Jurnal Tarbawi, 16(2).
Suswandari, M. (2021). Peran Guru Menstimulus Respon Siswa Melalui Teori Belajar Behavioristik. Absorbent Mind: Journal of Psychology and Child Development, 1(1), 47–55.
Syaparuddin, S., Meldianus, M., & Elihami, E. (2020). Strategi Pembelajaran Aktif Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Pkn Peserta Didik. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 30–41. https://doi.org/10.33487/mgr.v1i1.326
Tambunan, N. (2018). Kendala Pelaksanaan Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dasar Negeri Lobugoti Kecamatan Pangaribuan Kabupaten Tapanuli Utara. Jurnal Ilmiah Al-Hadi, 2(2), 477–484.
Wahyuni, M., & Ariyani, N. (2020). Teori Belajar Dan Implikasinya Dalam Pembelajaran. Tasikmalaya: Edu Publisher.
Yusuf, M. (2020). Model Pembelajaran Kompetitif Dalam Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa. Jiem: Journal Of Islamic Education And Manajemen, 1(1), 61–80.
Published
2023-08-13
Section
Articles