EDITORIAL
Abstract views: 115
,
pdf downloads: 155
Abstract
Apa yang salah dengan sistem pendidikan kita, sehingga kompetensi
intelektual seseorang tidak berbanding lurus dengan komitmen moralnya? Buruburu
para ahli menjawab, bahwa pendidikan karakter mutlak diperlukan di tengah
gersangnya pendidikan dari sentuhan moral. Selama ini, yang diutamakan hanyalah
angka di kertas penilaian, sementara tatakrama menjadi nomor sekian. Pemerintah
pun hanya sibuk dengan mengubah-ubah kurikulum, sementara evaluasi kurikulum
dan dampaknya pada institusi pendidikan kurang dihiraukan. Guru belum
menampilkan sosok yang digugu dan ditiru, malah terkadang gurulah yang
membuat ulah. Problem pendidikan nyaris tidak menemukan pangkal ujungnya.
Karut-marut ini yang hingga kini nyaris belum menemukan formulanya.
intelektual seseorang tidak berbanding lurus dengan komitmen moralnya? Buruburu
para ahli menjawab, bahwa pendidikan karakter mutlak diperlukan di tengah
gersangnya pendidikan dari sentuhan moral. Selama ini, yang diutamakan hanyalah
angka di kertas penilaian, sementara tatakrama menjadi nomor sekian. Pemerintah
pun hanya sibuk dengan mengubah-ubah kurikulum, sementara evaluasi kurikulum
dan dampaknya pada institusi pendidikan kurang dihiraukan. Guru belum
menampilkan sosok yang digugu dan ditiru, malah terkadang gurulah yang
membuat ulah. Problem pendidikan nyaris tidak menemukan pangkal ujungnya.
Karut-marut ini yang hingga kini nyaris belum menemukan formulanya.
Downloads
Download data is not yet available.
Published
2015-03-20
How to Cite
Penyunting, Penyunting. 2015. “EDITORIAL”. KARSA Journal of Social and Islamic Culture 22 (1). https://doi.org/10.19105/karsa.v22i1.553.
Section
Articles
The journal operates an Open Access policy under a Creative Commons Non-Commercial Share-Alike license. Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.