Analisis Tipe Kepribadian Introvert dan Ekstrovert pada Pembelajaran Interaktif Anak Usia Dini

  • Al Farikhma Zuana Rachilda Silda Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Naili Sa`ida Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Agus Budiman Universitas Muhammadiyah Surabaya
Abstract views: 1397 , PDF downloads: 1460
Keywords: Anak Usia dini; Introvert Dan Extrovert; Pembelajaran Interaktif, Early childhood; Introvert And Extrovert; Interactive Learning

Abstract

Penelitian ini mengangkat berdasarkan pengamatan yaitu pembelajaran interaktif di kelompok B, peneliti berharap dapat mengamati perbedaan sekaligus menganalisa antara tipe kepribadian introvert dan ekstrovert di sekolah tersebut. Penelitian dilakukan di TK Khazanah Mojo di Kecamatan Gubeng Kota Surabaya. Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian deskriptif kualitatif dan desain penelitian studi kasus. menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk mengumpulkan data. Setelah pengumpulan data, model interaktif Miles dan Huberman digunakan untuk menganalisis data. Dari hasil penelitian ini diketahui bahwa tipe kepribadian introvert dan ekstrovert ada pada anak usia dini. Perkembangan emosi anak usia 2,5 hingga 6,5 ​​tahun dapat digunakan untuk mengidentifikasi tipe kepribadian ekstrovert dan introvert. Perkembangan ini mencakup sifat-sifat seperti kemandirian, kepatuhan, ketenangan, kepercayaan diri, semangat, dan konsisten.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amrulloh, A., & Mulyoto, A. (2016). Animasi Pembelajaran Interaktif untuk Anak 4-5 Tahun Berbasis Android. Jurnal Informatika Universitas Pamulang, 1(2), 38–42.
Azizah, N., & Diana, R. R. (2022). Stimulasi Pengembangan Aspek Sosial Emosional Anak Usia Dini Melalui Metode Kisah. Jurnal Paradigma, 13, 174–185.
Dena Halifah, V. (2019). Hubungan Antara Kepribadian Ekstrovert-Introvert dan Kecenderungan Impulsive Buying Remaja Putri Pada Produk Fashion. Skripsi Psikologi Universitas Sanata Dharma Yogyakarta, 1(9), 1–82.
Fachriyyati, D. (2015). Perkembangan sosial emosional anak ditinjau dari pemberian syair lagu di tk tarbiyatul athfal krapyak jepara. ERMENDIKNAS Nomor 58 Tahun 2009.
Fajriyanti, S. (2021). Menurut Pandangan Susan Cain Dan Relevansinya Dengan Qs . Ar- Ra ’ Du Skripsi.
Farida, A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Interaktif Berbasis Argument Mapping Terhadap Aaktivitas Dan Pemahaman Konsep Fisika Suhu Dan Perubahanya Pada SMP Kelas VII. Skripsi Pendidikan Fiska Universitas Negeri Raden Intan Lampung, 1–76. https://www.ptonline.com/articles/how-to-get-better-mfi-results
Fitrah, M., & Luthfiyah. (2017). Metodologi Penelitian Penelitian Kualitatif, Tindakan Kelas & Studi Kasus (Ruslan & M. M. Effendi (eds.)).
Hidayat, O. S. (2018). Pengaruh Model Active Learning Dan Tipe Kepribadian Terhadap Kemampuan Berbicara. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 12(1), 130–140. https://doi.org/10.21009//jpud.121.11
Istichori, L. A., Mappapoleonro, A. M., & Mansoer, Z. (2020). Pengaruh Tipe Kepribadian Ekstrovert dan Introvert terhadap Kemandirian Anak. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara II, 22–27. http://jurnal.stkipkusumanegara.ac.id/index.php/semnara2020/article/view/438
Mitrawalida. (2018). Penerapan Strategi Pembelajaran Interaktif Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fisika Kelas XI SMA 1 Sedana. Bitkom Research, 63(2), 1–45. http://forschungsunion.de/pdf/industrie_4_0_umsetzungsempfehlungen.pdf%0Ahttps://www.dfki.de/fileadmin/user_upload/import/9744_171012-KI-Gipfelpapier-online.pdf%0Ahttps://www.bitkom.org/ sites/default/files/ pdf/Presse/Anhaenge-an-PIs/ 2018/180607 -Bitkom
Nasional, U. S. P. (1982). Introduction and Aim of the Study. Acta Pædiatrica. https://doi.org/10.1111/j.1651-2227.1982.tb08455.x
Sa’ida, N. (2016). Kemandirian Anak Kelompok a Taman Kanak-Kanak Mandiri Desa Sumber Asri Kecamatan Nglegok Kabupetn Blitar. Jurnal Pedagogi, 2, 88–95.
Satalina, D. (2014). Kecenderungan perilaku cyberbullying ditinjau dari tipe kepribadian ekstrovert dan introvert. Lincolin Arsyad, 3(2), 1–46. http://journal.stainkudus.ac.id/index.php/equilibrium/article/view/1268/1127
Setiawan, A., Saida, N., & Kurniawati, T. (2018). Pembelajaran Seni Tari sebagai Media Mengembangkan Kecerdasan Sosial, Emosional dan Kognitif pada Anak Usia Dini. Membangun Sinergitas Keluarga Dan Sekolah Menuju PAUD Berkualitas, 186–192.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kualitatif (S. Y. Suryandari (ed.)).
Sukatin, S., Chofifah, N., Turiyana, T., Paradise, M. R., Azkia, M., & Ummah, S. N. (2020). Analisis Perkembangan Emosi Anak Usia Dini. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 5(2), 77–90. https://doi.org/10.14421/jga.2020.52-05
Sumartini. (2018). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Interaktif (EXPLICIT INSTRUCTION ) Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia pada Murid Kelas IV SDN 109 Kajang Keke Kecamatan Kajang Kabupaten Bulukumba. Photosynthetica, 2(1), 1–53. http://link.springer.com/10.1007/978-3-319-76887-8%0Ahttp://link.springer.com/10.1007/978-3-319-93594-2%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/B978-0-12-409517-5.00007-3%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.jff.2015.06.018%0Ahttp://dx.doi.org/10.1038/s41559-019-0877-3%0Aht
Susmiati, Saida, N., & Abidin, R. (2020). TINGKAT AGRESIVITAS ANAK USIA 4-5 TAHUN PADA KELUARGA DENGAN POLA ASUH KEKERASAN di PAUD KHODIJAH AISYIYAH KECAMATAN CAMPLONG KABUPATEN SAMPANG. PEDAGOGI: JurnalAnakUsiaDinidanPendidikanAnakUsiaDini, 6(1), 76–82.
Utoyo, S., Harun, F., & Ngabito, N. (2020). Perilaku Introvert Pada Anak Usia Dini. PG-PAUD Universitas Negeri Gorontalo, 13–22.
Virlia, S. (2018). Hubungan kepribadian ekstrovert-introvert dan penerimaan sosial terhadap siswa difabel pada siswa. Konselor, 7(1), 31–39. https://doi.org/10.24036/02018718735-0-00
Zainuri, A. (2018). Studi Tentang Pola Asuh Orang Tua Pada Anak Berkepribadian Ekstrovert dan Introvert Kelas V di YPS MI Manggarupi Kabupaten Gowa. PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO TUTORIAL TERHADAP KETERAMPILAN DASAR DALAM MELAKUKAN PRAKTIKUM FISIKA PADA MATERI PIPA ORGANA TERTUTUP SISWA KELAS XI IPA 1 DAN KELAS XI IPA 2 SMAN 1 MAMBI Skripsi.
Published
2023-02-26
Section
Articles