Pengaruh Karakteristik Perusahaan Terhadap Corporate Social Responsibility Disclosure pada Perusahaan yang Terdaftar di Jakarta Islamic Index

  • Reza Mubarak IAIN Madura
  • Rita Septiawati IAIN Madura
Abstrak views: 320 , PDF (English) downloads: 249
Kata Kunci: Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Leverage, Corporate Social Responsibility

Abstrak

Perusahaan pada umumnya memiliki karakteristik tersendiri tidak terkecuali Perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII). Perusahaan yang masuk perhitungan JII dilatarbelakangi oleh kriteria yang di tetapkan DSN MUI sebagai syarat masuknya perusahaan tersebut pada JII. Berdasarkan hal tersebut, terdapat dua masalah yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama Apakah ada pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas dan Leverage terhadap Corporate Social Responsibility Disclosure pada perusahaan yang terdaftar di JII: kedua Manakah yang berpengaruh lebih dominan anatara Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, dan Leverage terhadap Corporate Social Responsibility Disclosure pada perusahaan yang terdaftar di JII. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sumber data diperoleh dengan meggunakan data sekunder dengan menggunakan laporan keuangan perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa ukuran perusahaan tidak memberikan pengaruh terhadap tanggung jawab sosial perusahaan karena pada dasarnya perusahaan yang memiliki skala besar pengungkungkapan corporate social responsibilitynya semakin luas. Selain itu, ROA berpengaruh negatif  signifikan terhadap Corporate Social Responsibility di perusahaan Jakarta Islamic Index. Dan juga, DER tidak berpengaruh signifikan terhadap Corporate Social Responsibility Disclosure pada perusahaan yang terdaftar di JII.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

##submission.authorBiography##

##submission.authorWithAffiliation##
Program Studi Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam,

Referensi

Aini, Agustya Kurratul. “Pengaruh Karakteristik Perusahaan Terhadap Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (Csr) Pada Perusahaan Yang Terdaftar Di Indeks Lq45 Bursa Efek Indonesia (Bei).” KINERJA 12, no. 1 (8 Juni 2016). https://doi.org/10.29264/jkin.v12i1.16.

Astuti, Rachmawati Nur Puji, dan Rina Trisnawati. “Pengaruh Karakteristik Perusahaan Manufaktur terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) Serta Dampaknya terhadap Reaksi Investor ( Studi pada Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia Periode Tahun 2010-2013 ),” 13 Juni 2015. http://publikasiilmiah.ums.ac.id/handle/11617/6081.

Hadya, Rizka, Nova Begawati, dan Irdha Yusra. “Analisis Efektivitas Pengendalian Biaya, Perputaran Modal Kerja, dan Rentabilitas Ekonomi Menggunakan Regresi Data Panel.” JURNAL PUNDI 1, no. 3 (31 Maret 2018). https://doi.org/10.31575/jp.v1i3.53.

Harahap, Sofyan Safri. Analisis Kritis Atas Laporan Keuangan. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada, 2013.

Kasmir. Pengantar Manajemen Keuangan. Jakarta: Kencana, 2010.

Keown, Arthur J., John D. Martin, J. William Petty, dan David F. Scott JR. Manajemen Keuangan. PT. Indeks, 2011.

Krisna, Aditya Dharmawan, dan Novrys Suhardianto. “Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial.” Jurnal Akuntansi dan Keuangan 18, no. 2 (2016): 119–28. https://doi.org/10.9744/jak.18.2.119-128.

Mardiasmo. Akuntansi Keuangan Dasar. Yogyakarta: BPFE-YOGYAKARTA, 2012.

Misbahuddin, dan Iqbal Hasan. Analisis Data Penelitian Dengan Statistik. Kedua. Jakarta: PT Bumi Askara, 2014.

Munsaidah, Siti, Rita Andini, dan Agus Supriyanto. “Analisis Pengaruh Firm Size, Age, Profitabilitas, Leverage, Dan Growth Perusahaan Terhadap Corporate Social Responsibility (Csr) Pada Perusahaan Property Dan Real Estate Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Pada Tahun 2010-2014.” Journal Of Accounting 2, no. 2 (12 Maret 2016). http://jurnal.unpand.ac.id/index.php/AKS/article/view/471.

Oktariani, Ni Wayan, dan Ni Putu Sri Harta Mimba. “Pengaruh Karakteristik Perusahaan Dan Tanggung Jawab Lingkungan Pada Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan.” E-Jurnal Akuntansi, 10 Maret 2014, 402–18.

Pare, Yormi Karto, Jullie J. Sondakh, dan Jenny Morasa. “Pengaruh Karakteristik Perusahaan Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility Pada Perusahaan Perbankan Konvensional Di Indonesia.” JURNAL RISET AKUNTANSI DAN AUDITING “GOODWILL” 8, no. 2 (2017). https://doi.org/10.35800/jjs.v8i2.18631.

“PT Bursa Efek Indonesia.” Diakses 14 Maret 2020. https://www.idx.co.id/idx-syariah/indeks-saham-syariah/.

Santoso, Iman. Akuntansi Keuangan Menengah (Intermediate Accounting). Bandung: PT Refika Aditama, 2007.

Sartono, R. Agus. Ringkasan Teori Manajemen Keuangan Soal dan Penyelesaiannya. Yogyakarta: BPFE-YOGYAKARTA, 2009.

Situmeang, Ilona Oisina. Corporate Social Responsibility. Yogyakarta: Candi Gebang, 2016.

Sudana, I Made. Manajemen Keuangan Perusahaan. Jakarta: Penerbit Erlangga, 2011.

———. Manajemen Keuangan Perusahaan Teori & Praktik. Jakarta: Erlangga, 2011.

Wiyuda, Alang, dan Hadi Pramono. “PENGARUH GOOD CORPORATE GOVERNANCE, KARAKTERISTIK PERUSAHAAN TERHADAP LUAS PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY PADA PERUSAHAAN TERDAFTAR DI BEI.” Kompartemen: Jurnal Ilmiah Akuntansi 15, no. 1 (7 Maret 2017). https://doi.org/10.30595/kompartemen.v15i1.1376.

Bagian
Articles